Hari pertama masuk sekolah untuk Taman Kanak-kanak Tetum Bunaya disesuaikan  dengan jadwal masa adaptasi di bulan Ramadhan seperti yang di informasikan pada Student Kit. Senin 29 Juni 2015 adalah hari pertama adik-adik Taman Kanak-Kanak kelas Antariksa dan Langit mulai sekolah.  Jam 07.00 WIB terlihat sudah ada yang datang  menggunakan pakaian muslimah lengkap dengan kerudungnya, semua kakak disalami dengan tersenyum, sempat terdiam di depan kelas Langit  masih bingung mau ke kelas mana, kakak menanyakan “Sekarang dimana ya kelasnya?” adik menjawab “Emm Antariksa”  “Kalau Antariksa dimana ya kelasnya ?” adik menjawab “Diatas” sambil menunjuk ke atas, dan adik langsung menuju kelasnya  dengan tersenyum diantar salah satu kakak.

Satu persatu adik berdatangan dan terlihat bersemangat ke sekolah ada yang menggunakan pakaian bebas, sebagian ada yang menggunakan baju koko dan busana muslimah. Ada juga yang datang berbarengan bersama saudara sepupunya. Ada yang begitu bersemangat masuk sekolah hingga terlupa berpamitan dengan bundanya, langsung masuk ke sekolah dan duduk dikursi depan bersama  teman-temannya, sampai bundanya dengan bercanda mengatakan “Aku dilupakan”. Ada juga yang datang dan langsung bersalaman dengan kakak, kakak mengingatkan untuk berpamitan dan salam bundanya dahulu. Ada adik yang terlihat belum nyaman dan masih sedih saat berpisah dengan bundanya, namun saat membuka sepatu sudah kembali ceria dan mengikuti kegiatan bermain bersama teman-temannya. Saat bersalaman  dengan kakak, kakak mengucapkan “Assalamualaikum” dan adik menjawab “Wa’alaikum salam” sambil menyebut nama kakak bagi adik Antariksa yang sudah mengenal kakak.

Setelah duduk membuka kaos kaki dan sepatu adik-adik membawa sepatunya dan tas, kemudian disimpan di loker dengan arahan kakak. Kakak memberitahukan letak rak sepatu  dan loker tas sesuai dengan nama dan kelasnya, adik mengeluarkan buku jurnal dan buku penghubung untuk disimpan pada tempat yang sudah disediakan. Karena baru hari pertama sekolah, seluruh adik Antariksa dan Langit belum tahu dimana tempat menyimpan tas yang sudah di beri nama, dan diberi pengarahan oleh kakak. Kakak menanyakan pada salah satu adik, “Apakah membawa sandal?” lalu dijawab adik “ Iya kak bawa sandal”. Kakak melanjutkan: ”Nah yang membawa sandal  kita keluarkan sendalnya dan disimpan ditempat sandal ya”. Adik membuka tasnya dan mengeluarkan plastik  yang ternyata dalamnya ada sepasang sandal miliknya kemudian disimpan di rak sandal.  Ada pula adik Antariksa yang belum membawa sandalnya dan memberitahu: “Kak aku tidak membawa sandal”. Ketika masuk ke kelasnya ada adik yang mengatakan “Wah kelasnya masih sepi” dan ada yang mencari temannya ketika di Langit semester lalu.

Mengisi absen dilakukan dengan mewarnai  gambar bintang untuk kelas Langit dan menulis nama untuk kelas Antariksa. Mengisi absen dilakukan adik-adik sebelum mengaji. Kakak yang mengawasi di bagian absen sesekali terlihat membetulkan posisi duduk adik-adik dengan posisi tubuh yang sama tingginya dengan adik dalam posisi duduk.

Selesai absen adik-adik mengaji bergantian, membaca doa sebelum belajar, kemudian adik-adik bermain di play ground sambil menunggu temannya  yang belum dating. “Hai hai permisi aku mau main” kata adik Langit ke adik Antariksa yang belum saling mengenal, kakak menghampiri dan mengenalkan dengan memberitahukan nama temannya.

Kakak mengarahkan adik Antariksa untuk terlebih dahulu menuju kelasnya dan adik Langit mengikuti dengan tenang. Adik kelas Langit diarahkan untuk mengambil tempat  minum dan minum air putih sebelum brain gym. Lalu kakak menyampaikan apa itu brain gym pada adik kelas Langit. Setelah brain gym kakak mengucapkan terima kasih dan adik-adik dipersilahkan duduk sambil menyapa “Selamat pagi adik-adik… apa kabar semuanya …”. Setelah menyapa, kakak lanjut dengan pertanyaan-pertanyaan sederhana, seperti: “Diantar siapa hari ini?” kemudian bermain tepuk mengatakan hari mengenalkan kalender dan diakhiri dengan doa.

Setelah itu waktunya adik-adik snack time. Adik yang belajar puasa boleh bermain bersama teman yang berpuasa saat teman-teman lainnya snack time di ruangan yang berbeda.Adik yang snack time  menggunakan celemek kemudian cuci tangan, ada adik yang berkata “Aku bawa roti”, “Aku juga” kata temannya. “Aku mau pindah ah tempat duduknya disana” kata adik yang melihat temannya di meja yang berbeda. Ada yang berkata: “Kak, aku nggak bawa garpu” Lalu dibantu kakak: ”Mau pake garpu sekolah?” adik mengangguk dan kakak mengajak “Kita ambil garpu yuk” dan adik mengikuti kakak untuk mengambil garpu kemudian  menghabiskan buah mangganya.

Kegiatan berlanjut dengan Latihan Aktifitas Sehari-hari berjalan pelan, “Itu mah bukan berjalan pelan, itu jalan biasa” ucap salah satu adik Langit melihat temannya berjalan di  lingkaran. Kegiatan dilanjutkan dengan  mengisi absen  “Aku duluan, aku duluan” ucap salah satu adik, dan kakak mengarahkan untuk tenang dan yang sudah tenang boleh lebih dulu mengikuti kegiatan. Saat kegiatan mengisi absen dengan mewarnai bintang, ada adik yang berkata ”Wah bagus yah warna jingga dan hijau”. Kakak lalu memanggil nama adik yang sudah tenang. Kegiatan selanjutnya memasukkan dan mengeluarkan kursi adik-adik lakukan dengan tenang. Ada adik yang mengatakan “KaK… (sambil menyebutkan nama temannya) itu teman baru ya?” Kakak menjawab: “Iya”. Adik adik kelas Antariksa berjalan naik dan turun tangga “Pelan-pelan” ucap salah satu adik sambil mengingatkan temannya. Pada kegiatan membuka dan menutup pintu salah satu adik kelas Langit mengatakan “Kok masih bunyi” pada salah satu temannya. Kegiatan menyimpan buku jurnal dan buku penghubung dilakukan adik-adik, kakak panggil satu persatu untuk menyimpan bukunya, “Kak ini, kak” salah satu adik mengeluarkan buku jurnal dan buku penghubung  dari tasnya sambil bicara dengan kakak. “Iya, sebentar ya bergantian nanti kakak panggil satu persatu”. Untuk peraturan kelas adik-adik sendiri yang membuat, ada yang mengatakan jaga sikap dan sayang teman. Saat menggambar peraturan kelas salah satu adik mengatakan kepada temannya “Iihhh gambarnya peraturan kelas duluuuu” dan adik yang lainnya menjawab “Nggak apa apaaa”.

Seluruh kegiatan selesai dan adik-adik mengisi jurnal. Kelas Langit mengisi jurnal dengan menempel gambar kegiatan, diawali dengan duduk di lingkaran.  Kakak menanyakan kegiatan hari ini apa ya, dan ada adik yang menjawab: “Berjalan di lingkaran” dengan suara keras,  ada juga  yang menjawab” Kursi” dengan suara yang hampir tidak terdengar. Kemudian kakak menjelaskan tentang buku jurnal, gambar jurnal sampai pada mengenal lem dan cara menggunakannya. Kakak mengarahkan penggunaan lem untuk digunakan secukupnya.  Berbeda dengan  Antariksa, mengisi jurnal dilakukan dengan menggambar kegiatan dikertas yang sudah disediakan, menggunakan pensil yang ada namanya masing-masing sehingga membuat adik tambah bersemangat. Ada adik yang berkata “Kak, aku nggka  bisa gambar” kakak menjawab “Bisa, yuk kita coba” dan adik membaca “Bismillahirrahmaanirrahiim”, dan langsung menggambar kemudian mengatakan pada kakak “Kak, aku bisa” dengan tersenyum.

Adik yang sudah selesai mengisi jurnal membawa buku jurnal, buku penghubung dan tempat minum untuk di masukkan ke dalam tas dengan arahan kakak. Lalu adik kembali di lingkaran untuk recalling kegiatan dan menyanyi “Now its time to say god bye”. Kakak mengingatkan adik untuk sayang adik atau kakak sayang ayah bunda, nenek, dirumah menjaga sikap dan menjaga kesehatan minum air putih makan nasi pakai sayur, tidur siang, supaya besok bisa kembali bersekolah. Kemudian kakak mengucapkan: “Sampai ketemu besok selamat siang adik-adik….”.

Satu persatu adik-adik bersalaman dengan kakak, lalu mengambil sepatu dan tas. Adik Antariksa mengatakan  “Senang ada di kelas Antariksa”  saat akan mengambil sepatu mau pulang. Sedangkan salah satu adik Langit bicara dengan temannya “Seru ya tadi kita main bareng-bareng di kelas”

Adik-adik yang sudah memakai sepatu dan tasnya berbaris, dipimpin oleh kakak. “Aku didepan”  “Ehh aku duluan” hhmm adik-adik menginginkan untuk baris paling depan. Kakak mengarahkan: “Adik-adik yang sudah selesai lebih dulu memakai sepatunya boleh didepan, besok bergantian ya” disahuti adik-adik: “Iyaa”. Ada adik yang sudah langsung berlari menuju bundanya dan kakak mengarahkan: “Berbaris dulu ya, setelah baris kita pulang” dan adik kembali pada  barisan. Selesai berbaris adik-adik pulang.

Ditulis oleh: Kak Gina

Share This