Pada hari Senin tanggal 3 Oktober tahun 2016 seluruh Adik-adik kelas Langit dan Antariksa mengenakan pakaian batik. Adik-adik mengenakan pakaian batik karena Adik-adik semua akan memperingati “Hari Batik Nasional” pada tanggal 2 Oktober 2016, karena tanggal 2 Oktober tepat di hari Minggu maka Adik-adik memperingatinya di hari Senin bersama kakak-kakak TK Tetum Bunaya.

Adik-adik terlihat sangat rapi, senang dan bahagia karena dapat memakai batik. Sebelum melakukan kegiatan di hari batik nasional, Adik-adik melakukan kegiatan seperti biasaya yaitu mulai dari absen, mengaji, brain gym, dan berdoa bersama. Kemudian Kak Kia memberitahu Adik-adik Antariksa Putih Biru kegiatan hari ini sedangkan Kak Dian memberitahu Adik-adik Jingga Hijau kegiatan hari ini. karena Adik-adik Antariksa Jingga Hijau dapat menjaga sikap, Adik-adik Antariksa Jingga Hijau terlebih dahulu turun ke area playground, tidak lama Adik-adik Antariksa Putih Biru pun menyusul Adik-adik antariksa Jingga Hijau ke area Play Ground.

img_7656

Selanjutnya Kak Kia dan Kak Dian mengatur Adik-adik antariksa Putih Biru dan antariksa Jingga Hijau untuk melakukan foto bersama. Selanjutnya kegiatan hari ini adalah melukis batik, semua Adik-adik antariksa diberikan kain dan Adik-adik memilih sendiri krayon sesuai dengan keinginan masing-masing.

img_7702

img_7700

img_7658

Adik-adik antariksa setelah memilih krayon dilanjutkan dengan menggambar motif batik. Selanjutnya Adik-adik memperhatikan kakak-kakak bagaimana cara mencelupkan batik yang sudah dibuat oleh Adik-adik antariksa. Semua Adik-adik antariksa sangat penasaran, gembira sampai-sampai Adik yang bernama Authar ingin mencelupkan berkali-kali, suasana yang terjadi sangat menyenangkann karena ini adalah kali pertama Adik-adik melakukan menyelupkan batik.

img_7683

img_7675

img_7718

img_7669

Setelah usai, Adik-adik kembali mengamati dan memperhatikan kakak yang memberikan contoh menjemur batik yang sudah dicelupkan kedalam pewarna. Semua Adik-adik menjemur dengan baik sesuai dengan panduan Kakak-kakak kelas antariksa.

img_7666

img_7670

img_7673

Setelah melalukan kegiatan pada ”Hari Batik Nasional” semua Adik-adik langit dan antariksa bergantian untuk berfoto dan di ambil video sambil mengucapkan “selamat hari batik nasional” dan semua Adik-adik bertepuk tangan.