Select Page

“Aku tahu, nanti kita mau kegiatan apa !..” seru Adik-adik kelas Antariksa saat di lingkaran. Hari Senin tangal 14 Agustus 2017, sekolah Taman Kanak-Kanak Tetum Bunaya memeriahkan hari kemerdekaan Indonesia.

Sebelumnya saat di lingkaran, Adik-adik diajak mendengarkan cerita “Dera dan Bendera”. Adik-adik secara bersamaan ingin berada di posisi depan sehingga kakak mengatur agar semua dapat kelihatan. “Aku sudah baca buku itu..” ucap salah satu Adik, “Tapi Aku mau dengerin lagi..” lanjutnya. Setelah selesai mendengarkan cerita, Adik-adik bersemangat untuk memasang bendera merah putih di rumahnya masing-masing. “Aku mau pasang bendera di rumah, tapi belum punya tiangnya..” ungkap seorang Adik.

Mendengarkan cerita Dera dan Bendera

Kegiatan yang ditunggu-tunggu akhirnya datang, setelah makan buah Adik kelas Langit dan Antariksa berkumpul di luar sekolah. Mereka akan berpartisipasi mengikuti kegiatan 17 Agustusan.

Kelas Langit berkegiatan memindahkan bendera, sedangkan Kelas Antariksa menyusun puzzle bendera. Kelas Langit berkegitan terlebih dahulu sedangkan kelas Antariksa menonton dan menyemangati kelas Langit.

“1… 2… 3…” Ucap Kakak sambil berhitung menandakan kegiatan di mulai. “Ayo… Ayo… Ayo…” seru penonton yang menyaksikan. Secara bergantian Adik Langit melakukan kegiatan berjalan memindahkan bendera. Keceriaan dan semangat terlihat dari wajah mereka, ada Adik yang memindahkan bendera secara satu persatu, ada juga Adik yang memindahkannya dengan sekaligus.

Memindahkan Bendera

Lari Memindahkan Bendera

Sekarang bergantian, saatnya kelas Antariksa. Adik-adik Antariksa sudah tidak sabar untuk melakukan kegiatan. “Siapa yang mau berkegiatan menyusun puzzle?” tanya Kakak, “Sayaaa…” Jawab Adik-adik kelas Antariksa dengan semangat. Kegiatan pun di mulai. Adik-adik langsung berlari dan mengambil satu persatu kepingan puzzle, lalu menyusunnya menjadi bendera merah putih. “Yees! Aku udah jadi!..”. Ucap salah satu Adik.

Berlari Menyusun Puzzle

Menyusun Puzzle Bendera

Pada hari Rabu, tanggal 16 Agustus 2017, setelah senam Adik-adik akan mendapatkan medali. Sebelum memberikan medali Kakak menanyakan kepada Adik-adik, “Adik-adik kita sudah melakukan apa kemarin, berkegiatan apa?..”, “Dibulan Agustus kita memperingati hari apa ya..” tanya Kakak kepada Adik-adik. Beragam jawaban Adik-adik ucapkan, seperti “Merdeka Indonesia”, “Merayakan bulan Agustus”, “Ada lomba”, “Hari raya”, “Lomba, merayakan bulan Agustus”.

Medali dibagikan dimulai dari kelas Langit Putih Biru, dilanjutkan kelas Langit Jingga Hijau. Selanjutnya kelas Antariksa Jingga Hijau dan kelas Antariksa Putih Biru. Selesai dibagikan medali Adik-adik foto bersama dengan teman sekelasnya. Mereka membawa medali pulang.

Langit Putih Biru

Langit Jingga Hijau

Antariksa Putih Biru

Antariksa Jingga Hijau