Select Page

Pada tanggal 12 September 2017, tepatnya di hari Selasa Adik – adik mengikuti kegiatan manasik haji. Adik – adik diajak mengenal ibadah Haji dengan mengikuti beberapa prosesnya. Satu hari sebelum kegiatan, Adik – adik mengikuti gladi bersih.

Berfoto bersama

Setiap pagi selama hampir dua minggu Adik-adik berlatih membaca doa Talbiyah bersama Kakak di Mushalla. ”Labbaikallahumma labaik labaikkallaa syariika lakalabbaik, innal hamdaa wanni’mata lakawalmulq laa syariikalak”.

Adik – adik datang memakai pakaian putih – putih. Saat pukul 07.30. Mereka berjalan menuju lingkaran dan mengambil tempat minum sebelum Brain gym. Setelah selesai  kakak menyapa Adik – adik mulai dari menanyakan kabar Adik-adik dan diakhiri dengan doa bersama. “Adik adik… sudah siap ikut kegiatan” “sudah…” dengan serentak Adik-adik menjawab.

Saat di lingkaran

Adik kelas Langit dan Antariksa berbaris di depan halaman sekolah sesuai kelas masing – masing. Setiap pemimpin memegang bendera yang berwarna putih biru dan jingga hijau, sesuai dengan kelasnya. Mereka berjalan pelan bersama kakak sambil mengucapkan kalimat Talbiyah. ”Labbaikallahumma labaik labaikkallaa syariika lakalabbaik, innal hamdaa wanni’mata lakawalmulq laa syariikalak”.

Kegiatan di mulai dari  Wukuf atau berdiam diri sambil memanjatkan doa, Adik – adik kelas Langit membaca doa kedua orang tua, doa kelancaran berbicara, serta doa dunia dan akhirat. Sedangkan Adik – adik kelas Antariksa membaca doa kedua orang tua, doa kelancaran berbicara, doa dunia dan akhirat, surat Al Fatihah dan surat Al Kafirun.

Kegiatan selanjutnya yaitu Tawaf atau mengelilingi Ka’bah, sambil melafalkan kalimat Talbiyah. Setelah tawaf,  Sa’i atau berlari kecil dimulai dari Shafa menuju Marwah. Selama berkeliling Adik bersama Kakak mengucapkan lafal “innashshafa, wal marwata min sya’aairillah”. “kak, muter lagi ya..” ungkap salah satu Adik saat kegitan.

Tawaf

Tawaf

Sa’i

Terakhir adik – adik mengikuti kegiatan melempar jumrah. Adik – adik dibagikan batu sebanyak tujuh buah. Lalu adik – adik melemparkan batu ke arah jumrah sambil membaca doa.

Melempar jumrah

Tibalah di akhir kegiatan, Adik – adik melihat makanan yang tersaji di atas meja. “Siapa yang mau mencicipi makanannya?” tanya kakak saat di lingkaran. Adik –adik pun menjawab dengan serentak “saya..”. sebelum mencicipi makanan, Adik – adik diperkenalkan oleh kakak beberapa makanan yang sudah tersaji. Ada adik yang bertanya “kak itu yang di plastik ada botolnya apa?” lalu kakak pun memperkenalkan mulai dari air Zam Zam, Kurma, Kismis dan Kacang. “Aku tau kak, air Zam zam kan air nya punya Allah..” ucap salah satu Adik, saat kakak sedang memperkenalkan makanan khas Haji. Setelah itu, adik – adik mengambil secukupnya makanan yang ada di meja. Lalu, berdoa bersama dan mencicipi makanannya. “Enak kak kurma nya.. manis” ucap Adik saat sedang mencicipi kurma. “kak, gak terlalu suka ini nya.. kecut” ucap salah satu adik saat sedang mencicipi kismis.

Mencicipi kurma

Adik – adik kembali ke kelas masing – masing dan membuat jurnal kegiatan, lalu makan bersama. Waktu sudah menunjukkan jam sebelas tiba waktunya Adik – adik untuk pulang.