Select Page

Akhir bulan September 2017 Taman Kanak-kanak Tetum Bunaya memperingati hari Tani Nasional dengan mengadakan kegiatan bercocok tanam. Adik-Adik akan menanam tanaman hias. Kelas Antariksa menanam lili paris, kelas Langit menanam sirih gading. Antariksa menanamnya pada hari Selasa, 26 September 2017 dan kelas Langit pada hari Kamis, 28 September 2017.

“Aku sudah bawa tanah Kak” Ucap adik saat datang. Setelah makan buah selesai secara bergantian kelas Antariksa melakukan kegiatan menanam, kelas Antariksa Putih Biru terlebih dahulu menanam selanjutnya kelas Antariksa Jingga Hijau. “Yeeey… kita mau menanam tanaman lilin menara” Ucap salah satu Adik. Kakak memperlihatkan tanaman hias lili paris kepada Adik-adik. Kakak juga memperlihatkan bunga dan akar lili paris kepada Adik-adik “Seperti rumput di rumah aku”, Ucap Adik.

Mendengarkan Kakak tentang tanaman lili paris

Selanjutnya Kakak mencampurkan pupuk dengan tanah yang mereka bawa, Kakak juga memberikan kesempatan kepada Adik untuk merasakan tekstur tanah dengan memegangnya dengan kedua tangan.

Merasakan tekstur tanah dengan memegang kedua tangan

Dengan menggunakan kedua tangannya Adik-adik mengambil tanah yang sudah di campurkan pupuk ke dalam pot mereka. Saat mengambil tanah ada salah satu Adik yang melihat ada cacing tanah “Kak, Ada cacing!”, “Aku mau pegang cacingnya Kak” Ucap beberapa adik.

Mencampur menjadi satu tanah dan pupuk kompos sekam

Proses menanam lili paris

“Aku mau di atas Kak” Ucap Adik yang sudah selesai menanam lili paris dan menggantungkannya di tempat yang sudah di sediakan. Selesai menanam adik-adik kembali ke kelas menlanjutkan kegiatan di hari itu.

Menggantung tanaman lili paris

Hari Kamis, 28 September 2017, hari yang ditunggu Adik-Adik kelas Langit Jingga Hijau dan Langit Putih Biru. Kenapa ditunggu-tunggu ? “Asyik besok aku mau menanam” Ucap salah satu Adik ketika diberitahukan tentang membawa tanah untuk menanam di hari Kamis. Sebelumnya, pada hari Selasa Adik-adik Langit menghias pot tanaman. Adik-adik senang bergantian pindah tempat untuk memilih warna cat yang diinginkannya. “Aku mau dicampur-campur ah warnanya biar banyak” “Aku mau titik-titik aja kaya air hujan supaya tanamannya tetap tumbuh” Ucap salah satu Adik. “Yee jadi Aku punya pot yang Aku buat sendiri.”

Membuat dan menghias pot untuk menanam

“Kita mau menanam pohon apa Kak ?” tanya salah satu Adik. Kakak memberitahukan besok akan menanam tanaman hias. Kakak mengajak Adik-Adik untuk hadir pagi jam 7. “Kira-kira mau tanam apa ya?” “Kata Ayah aku mau nanam pohon cabai di sekolah” “

Hari Kamis telah tiba, Adik-adik jam 7 pagi sudah tiba di sekolah.  Setelah rutinitas pagi bersama-sama menuju ke kebun nangka. Adik-Adik berkeliling menginjak tanah basah lalu berdiri membuat lingkaran. Satu persatu Adik-Adik diperkenalkan alat dan bahan yang akan digunakan. Setelah semua Adik merasakan tekstur pupuk yang telah tercampur, lalu mereka mengambil tanah yang telah dibawanya satu persatu lalu diaduknya bersama-sama hingga rata.

Mengeluarkan pupuk dengan kedua tangan

“Kak, mana tanaman hiasnya?” “Aku belum lihat tanaman hiasnya” kata mereka. Kakak memperlihatkan dan menjelaskan tanaman hias yang akan ditanam yaitu, “Sirih Gading”. “Wah, tanamannya ada batangnya, daunnya penuh” “bunganya mana kak?” “tanamannya panjang” Ucap mereka bergantian. Kakak menjelaskan informasi sederhana tentang tanaman sirih gading.

Diperkenalkan tentang tanaman sirih gading

Kakak membagikan pot yang sudah mereka buat satu persatu. Lalu bersama-sama mengambil tanah memasukkannya ke dalam pot. “Kak, aku sudah penuh” “Aku sudah penuh, aku ambil ya kak sirihnya kak” “Ini dimasukkin kan ya Kak tanamannya?” Ucap Adik-Adik bergantian. Setelah semua sudah menanam, mereka bergantian antusian untuk menggantungnya, “Kak, aku gak sampai di atas” “Kak, tinggi” “Bagus ya Kak kalau sudah digantung.” Ucap Adik.

Memasukkan tanah dan pupuk ke dalam pot bersama-sama

Setelah selesai menggantungkan tanamannya dibantu Kakak, satu persatu berbaris untuk membersihkan kaki dan mencuci tangan dengan sabun lalu kembali ke kelas masing-masing. Masing-masing kegiatan yang dilakukan saat bercocok tanam ini dilakukan secara bergantian dua kelas, kelas Langit Jingga Hijau dan Langit Putih Biru.

Tanaman lili paris Antariksa dan sirih gading Langit

Simpan

Simpan

Simpan