Select Page

Kamis, 5 Oktober 2017 Adik-adik TK Tetum Bunaya ikut memperingati Hari Batik Nasional yang jatuh pada tanggal 2 Oktober. Mereka datang ke sekolah dengan mengenakan pakaian batik. Mereka datang diantar oleh Ayah/Bunda ataupun pengantar yang ikut serta mengenakan pakaian batik. “Kak, ini udah pakai batik, nenek juga ikutan pakai batik.” Ucap salah satu pengantar.

Diantar Ayah

Diantar Kak Erwin

Pukul 08.00 adik-adik Langit dan Antariksa berkegiatan mendengarkan cerita “Toko Batik Ping” bersama Kak Endah. Adik-adik berbaris menuju ruang semut. “Aku tau itu Kak Endah.” Ucap salah satu Adik. “Aku kenal Kak Endah, Kak Endah kan yang di SD.” Ucap salah satu Adik menimpali jawaban temannya. Adik-adik lalu bersalaman dengan Kak Endah untuk berkenalan.

Bersalaman dengan Kak Endah

Setelah itu Adik-adik bersiap untuk mendengarkan cerita bersama Kak Endah. Sebelum bercerita Kak Endah bertanya kepada Adik-adik tentang batik. “Baju yang dipakai Kak Endah warna putih tapi bawahnya ada batiknya.” Ucap salah satu Adik. “Itu bambu.” Jawab salah satu Adik saat Kak Endah menanyakan gawangan. “Iya betul ini bambu, tapi ada yang tau namanya gak ?” Tanya Kak Endah. “Hmmm..gak tau.” Ucap beberapa Adik sambil menggelengkan kepalanya. “Ini namanya gawangan, untuk menyimpan batik.” Ucap Kak Endah menjelaskan.

Kak Endah mulai membacakan cerita “Toko Batik Ping”. “Ini Ping, ada yang tau gak siapa yang disebelah Ping.” Tanya Kak Endah kepada Adik-adik. “Itu Neneknya.” Jawab salah satu Adik. “Itu nenek.” Ucap salah satu Adik. “Iya ini neneknya Ping namanya Popo.” Ucap Kak Endah. Setelah Kak Endah membacakan cerita. Adik-adik dipersilahkan untuk menceritakan kembali “Toko Batik Ping”. “Aku…aku mau maju.”Ucap salah satu Adik dengan bersemangat. Kak Endah mempersilahkan maju dan menyelempangkan batik Ping di pundak Adik. “Ping ngompol, Ping beresin sepatu, Ping bantuin ambil minuman, Ping beresin kain batik.” Ucap Adik saat bercerita di depan. Adik-adik mengacungkan jarinya untuk bercerita di hadapan teman lainnya.

Menceritakan kembali “Toko Batik Ping”

Menceritakan “Toko Batik Ping”

Adik-adik kembali ke kelas masing-masing kemudian mereka berkegiatan membuat buklet “Toko Batik Ping”. “Kak aku mau gambar Ping sama Poponya.” Seru salah satu Adik. “Kalo aku mau buat kain batiknya.” Ucap salah satu Adik kepada temannya.

Membuat Buklet

Buklet “Toko Batik Ping”

Sebelumnya, di hari Senin, 2 Oktober 2017 Adik-adik Langit dan Antariksa diperkenalkan tentang batik sederhana. “Aku tau batik, tadi di bawah aku liat batik.” Ucap salah satu Adik. “Hari ini aku bawa baju ganti baju batik Kak, kata Mommy aku hari ini Hari Batik.” Ucap salah satu Adik. Adik-adik Langit berkegiatan melukis batik. Adik-adik Antariksa juga berkegiatan membuat batik dengan teknik tie die.

Langit Putih Biru

Langit Jingga Hijau

Antariksa Putih Biru

Antariksa Jingga Hijau

Semua senang pakai batik, Selamat Hari Batik Nasional