Select Page

Rahasia di Kebun

Pada hari Jumat tanggal 20 Oktober 2017 Adik-adik kelas Laut berkegiatan mendengarkan cerita “Rahasia di Kebun”. Pada pukul 8.30 Adik-adik Kelas Laut Penyu mendengarkan cerita bersama Kak Endah dan Adik-adik  Laut Pari pada pukul 10.30  bersama Kak Aas.

Buku unik dari batik

Buku Rahasia di Kebun ini di tulis dan disusun oleh Kak Endah. Buku ini menceritakan tentang pup atau buang air besar. Hal ini berkaitan dengan subtema minggu ini yaitu Aku Bisa Pup di Kamar mandi. Gambar buku “Rahasia di Kebun” ini di rancang  menggunakan kain  perca batik, sungguh  menarik buat Adik-adik.

Mendengarkan cerita rahasia di kebun

Saat Kakak memulai ceritanya, menunjukkan gambar kebun, Adik-adik cukup  antusias melihat gambar tersebut, bahkan ada yang maju ingin melihat lebih dekat. Akhirnya Adik-adik diberi kesempatan untuk melihat gambar lebih dekat  secara bergantian.

Kemudian Kakak bercerita bahwa di kebun itu ada hewan, Kakak menunjukkan gambar hewan lalu Kakak bertanya “hewan apa ini?” kemudian adik-adik mengamati gambarnya. Salah satu adik menyebut “Ikan”. Kemudian Kakak menunjukkan gambar selanjutnya dan Adik-adik menjawab kura-kura dan seterusnya. Adik-adik  terlihat bersemangat ketika mendengarkan cerita.

Setelah kakak menunjukkan gambar hewan-hewan yang ada di kebun, Kakak menunjukkan gambar seorang anak perempuan. Kakak bercerita bahwa di kebun ada ikan, kura-kura, ayam, kucing dan ada seorang anak perempuan.

Ini lah rahasianya

Kakak menceritakan dan menunjukkan gambar makanan ikan, kura-kura, ayam, dan kucing. Kemudian Kakak bertanya “kalau anak perempuan ini makannya apa ya? ” Ada yang menjawab sayur, ada yang menjawab telur, dan ada juga  yang menjawab naget. Kakak bercerita bahwa makanan yang dimakan oleh ikan, kura-kura, ayam, kucing, dan anak perempuan itu akan diolah di dalam perut.

Kemudian makanan itu akan berubah dan dikeluarkan dengan cara pup. Kakak menunjukkan gambar pupnya ikan, kura-kura, ayam dan  kucing. “Rahasia”. Adik-adik bila mau melihat nanti lihat sendiri kalau sedang pup. Kemudian Kakak bertanya  kepada Adik-adik ”siapa yang mau pup?”. Ada beberapa adik yang mengangkat tangannya kemudian mereka antre di toilet, tapi bukan untuk pup tapi pipis.