Select Page

Mengenal bahan

“Depa tori rempah”. Adik-adik mengikuti ucapan kakak. Hari ini Selasa 12 Desember 2017 Adik Kelas Langit Jingga Hijau dan Langit Putih Biru mengikuti kegiatan memasak. Mereka bersemangat ingin segera memasak. Satu persatu bahan dikenalkan. “Aku tahu itu jahe, aku pernah minum jahe sama bapa.” Ucap salah satu adik. Beberapa adik juga mengamati kayu manis, “ini seperti kayu, rasanya aneh, tapi ga manis.” Ucapnya. Saat melihat tepung adik-adik mengatakan itu tepung terigu. “Ih rasanya kaya beras”. Setelah adik-adik mengenal bahan, mereka juga mencampur bahan dan mengaduk menjadi adonan.

Membentuk adonan

Adik-adik  membentuk adonan secara berkelompok. Setelah membentuk selesai mereka  diperkenalkan alat untuk menggoreng seperti kompor dan penggorengan. Kemudian mereka memberikan piring yang sudah ada adonan  ke Kakak untuk di goreng. Kakak menggoreng kue yang sudah dibentuk,  adik-adik menghampiri kakak yang sedang menggoreng. “Aku mau lihat” “Wah kok warnanya hitam banget” “Gosong ya kak?” “Aku mau cicipi” ucap mereka bergantian. Kakak terus menggoreng dan siap mengangkat. Tiba-tiba ada salah satu adik mengatakan “Aku tahu warnanya hitam kenapa karena ada gula merahnya kak”. “Wangiiiiii jaheeeeee” “Ih, wangi kayu manis” “wangi kunyit ya kak” ucap mereka.

Mencicipi kue

Setelah selesai dan diangkat, mereka mau mencicipi dan meminta secara bergantian. Lalu kakak mengajak mereka untuk cuci tangan terlebih dahulu kembali ke dalam kelas. Mereka antri ambil piring dan mengambil kue buatan mereka. Setelah matang, adik-adik mencicipi hasil masakannya. “Kuenya enak kak, aku mau nambah lagi”. ucap salah satu adik. Beberapa adik terlihat menambah kuenya hingga tiga kali. “Hmm..manis ya”. ucap salah satu adik kepada temannya. Sebelum pulang, kakak membagikan hasil masakan untuk adik-adik bawa pulang. “Aku mau kasih buat Bunda aku”. ucap salah satu adik tersenyum.