Select Page

Pada hari Selasa, 12 Mei 2015 dibentuk panitia dari Sekolah Tetum Bunaya untuk menyelenggarakan Family Gathering yang akan dilaksanakan pada hari Sabtu, tanggal 23 Mei 2015. Dari hasil voting, saya, Kak Nita, terpilih sebagai ketua panitia pihak sekolah. Sementara panitia dari pihak orangtua murid ketuanya adalah Ibu Fitriah (Ibu  Nawla).

Pada hari Rabu, 13 Mei 2015, Kak Wiwik meminta saya untuk survey dan menyewa tempat di Bumi Perkemahan Ragunan. Hari itu sekolah diliburkan karena ada fogging, maka saya bersama Kak Jeri, Kak Debi dan Kak Ratna berangkat ke Bumi Perkemahan Ragunan pukul 07.45. Sampai disana kami menemui Bapak Haris, kepala keamanan, untuk menyewa area Bumi Perkemahan Ragunan. Kami diberi formulir yang harus diisi pihak sekolah untuk permohonan izin peminjaman area. Alhamdulillah, area yang kami inginkan belum disewa untuk tanggal Family Gathering, sehingga kami dapatkan area yang sama seperti tahun sebelumnya.

Pada hari Jumat 15 Mei 2015 diadakan rapat Family Gathering untuk pembentukan panitia pihak sekolah di Ruang Semut. Hasil dari rapat adalah:

  • Pembentukan susunan panitia
  • Membahas TOR
  • Pembentukan rundown acara
  • Dress code, dimana tahun ini memakai nuansa merah dan bawahan blue jeans dengan alas kaki sepatu.

Setelah rapat saya bersama Kak Samsul dan Kak Uwi pergi ke Bumi Perkemahan Ragunan untuk memasukkan surat izin peminjaman area.

Pada hari Rabu, 20 Mei 2015 diadakan rapat bersama panitia dari orangtua. Ibu Fitriah datang bersama team nya yaitu Ibu Danta, Mama Andra/Divo, Bunda Xerre, Mama Raya dan Mami Ken/Kei. Panitia dari orangtua terlihat antusias dan semangat dalam mengikuti rapat. Pembahasan dalam rapat kali ini menambahkan susunan panitia dari orangtua, lalu membahas rundown acara dan mendengarkan laporan per seksi.

Dari team dekorasi, Kakak panitia sudah membuat pemetaan tata letak panggung dan lainnya. Dari team bazaar melaporkan surat yang masuk sampai hari ini ada 12 stand, terdiri dari 7 stand makanan dan 5 stand fashion. Setelah rapat sebagian panitia survey bersama Ibu Nawla ke Bumi Perkemahan Ragunan, berangkat pukul 16.00, yaitu: Kak Nita, Kak Wiwik, Kak Lely, Kak Aas, Kak Ami, Kak Samsul, Kak Jeri, Kak Kia, Kak Dita, Kak Sendang dan Kak Rossy.

Pada H-1, Jumat, 22 Mei 2015 diadakan gladi resik acara Family Gathering. Adik-adik dari unit KB, TK, dan SD berkumpul di amphiteater Sekolah Tetum Bunaya. Mereka terlihat semangat sekali menampilkan pementasa untuk hari Sabtu nanti. Karena banyaknya murid, kakak menggelar tikar untuk adik-adik SD. Serunya di hari ini orangtua murid panitia dan peserta performance orangtua di Family Gathering juga hadir untuk melihat adik-adik latihan.

Gladi resik dimulai pukul 09.30 dengan MC mami Vino/Raka dan Bunda Xerre. Alhamdulillah acara gladi resik berjalan dengan lancar, ditutup dengan penampilan dari orangtua. Selain ikut gladi resik, panitia orangtua murid juga membuat dekorasi di Ruang Semut, sedangkan Pak Is membuat pintu masuk yang terbuat dari bambu.

Siang harinya kakak-kakak dan orangtua murid berangkat ke Bumi Perkemahan untuk mendekor area. Saya bersama Kak Wiwik dan Kak Samsul berangkat terlebih dulu karena panggung akan dipasang di area. Sampai disana, panggung terlihat sudah mulai dipasang, dibantu peletakannya oleh Kak Samsul.

Sekitar pukul 13.00 Ibu Nawla dan Bunda Xerre datang menyusul untuk membantu mendekor. Semakin sore panggung sudah mulai terbentuk dan kakak-kakak mulai berdatangan ke Bumi Perkemahan Ragunan, sebagian membantu tim konsumsi membuat pincuk. Orangtua yang datang bertambah, ada Bunda Ahnaf, Ibu Danta dan Mami Ken. Seru sekali melihat orangtua yang mendekor area. Mami Ken dan Bunda Ahnaf sampai memanjat pohon untuk memasang tali ber bendera segitiga yang terbuat dari plastik bekas.

Selain segitiga dari plastik, disekeliling area Bumi Perkemahan juga dihias dengan CD bekas yang ditalikan/digantung di panggung dan di pohon-pohon, kertas crepe warna-warni yang dililitkan pada batang pohon, juga kertas kado ditempelkan untuk menandai area tempat duduk dibawah pohon. Meja bazzar yang dipasang ada sebanyak 20 buah, karena data terakhir yang mendaftar ada 20 meja. Alhamdulillah banyak orangtua murid yang berpartisipasi dalam bazaar ini.

Waktu terus berjalan dan matahari mulai tenggelam, saatnya kakak-kakak dan orangtua pulang dan beristirahat untuk bersiap-siap mengikuti acara Family Gathering esok hari. Sound system dipasang dimalam hari dibantu Kak Jeri yang rumahnya kebetulan dekat Bumi Perkemahan Ragunan sehingga dapat menemani para teknisi mengecek sound system yang akan dipakai.

Pada hari H, Sabtu, 23 Mei 2015, kakak-kakak mulai berkumpul dari pukul 06.00. Sesampainya kami di Bumi Perkemahan Ragunan kami mulai mendekor untuk pameran hasil karya adik-adik, menempel nomor untuk meja bazaar, dan juga check sound. Setelah semua siap, kakak-kakak berkumpul untuk berdoa bersama dipimpin ketua panitia, dan diakhiri dengan bersama-sama berteriak “Family Gathering 2015 Sukses!!”.

.

.

.

Pukul 07.00 para orangtua yang mengikuti bazaar mulai berdatangan. Mereka langsung mengisi buku tamu dan menempati meja bazaar yang sudah diberikan nomor urut. Dengan berjalannya waktu, semakin banyak orang tua dan adik-adik yang berdatangan memakai baju sesuai dress code warna merah dan jeans biru yang terlihat keren dan ceria sekali. Adik-adik yang mengikuti ekskul tari langsung diminta berkumpul di tenda ganti baju untuk di make up oleh Kak Rani dan kakak-kakak yang lain..

Pukul 08.35 acara Family Gathering 2015 dimulai. Diawali dengan happening art oleh SuaraSuara! Featuring kak Dedien menyanyikan lagu berjudul “Gajah” dari penyanyi Tulus. Setelah happening art dilanjutkan dengan berdoa oleh Arka, dari kelas Merkurius Abu-abu. Kemudian MC: Mami Vino/Raka dan Bunda Xerre memasuki panggung, dan dilanjutkan sambutan dari Kak Endah sebagai pimpinan Sekolah Tetum Bunaya, dan dari Ibu Nawla sebagai ketua panitia orangtua.

.

.

Pukul 09.00 acara penampilan setiap kelas dimulai.

Diawali dengan kelas Venus dengan penampilan perkusi.

 

.

Penampilan kedua kelas Langit Bulan dengan penampilan tarian “Badinding”.

 

Penampilan ketiga kelas Langit Bintang dengan penampilan tarian “Jali-jali”.

Penampilan keempat kelas Merkurius dengan menyanyi bersama lagu berjudul “Kegemaranku” dan “Mari Ucapkan Salam”.

Penampilan kelima kelas Antariksa Bintang dengan tarian “Ampar-ampar Pisang”.

Penampilan keenam kelas Darat dengan gerak dan lagu “Naik Kereta Api”.

Penampilan ketujuh kelas Laut Pinguin dengan tarian “Tek Kotek Kotek”

Penampilan ke delapan kelas Laut Lumba-lumba dengan penampilan tarian “Anak Gembala”

Penampilan ke sembilan kelas Antariksa Bulan dengan tarian “Tokecang”.

Penampilan ke sepuluh ekskul tari TK2 dengan tarian “Cublak-cublak Suweng”.

Penampilan ke sebelas ekskul tari TK1 dengan penampilan tarian “Selayang Pandang”.

Penampilan ke dua belas kelas Mars dengan drama “Keragaman Festival Seni”

Penampilan ke tiga belas ekskul Octopus English Club dengan penampilan gerak dan lagu.

 

Penampilan ke empat belas ekskul SD Merkurius dengan tarian “Tempurung”.

Penampilan ke lima belas kelas Bumi dengan drama “Petualangan Kelas Bumi”

Penampilan ke enam belas ekskul tari SD dengan tarian “Kutidhieng”

Penampilan ke tujuh belas kelas Yupiter dengan drama musikal “Pesona Nusantara”.

Penampilan ke delapan belas, sebagai penutup acara adalah nyanyian bersama dari orangtua murid.

Saat penampilan orangtua murid, keluarga besar Tetum Bunaya berkumpul membentuk lingkaran didepan panggung sambil bernyanyi dan menari bersama. Senang sekali melihat kegembiraan yang terlihat dari serunya acara Family Gathering tahun ini. Para guru, siswa, orangtua dan kerabat berkumpul menjadi satu.

.

Pukul 11.20 acara ditutup oleh MC dan berakhirlah acara Family Gathering 2015.

Setelah itu Kakak-kakak panitia berkeliling untuk melihat-lihat bazaar dan cara pembuatannya. Ada yang menjual cilok, es teler, yoghurt, kebab, klapertaart, tahu gejrot, es teh sereh, martabak, sabun dan parfum home made, salad sayur, dan lain-lain. Semua terlihat enak dan kreatif.

.

.

.

.

.

.

Acara Family Gathering selesai, panitia dengan tetap semangat merapikan dekorasi di area Bumi Perkemahan Ragunan. Saya bersama Kak Wiwik dan Kak Jeri pergi ke kantor Bumi Perkemahan untuk mengurus administrasi. Setelah semuanya rapi kami berkumpul untuk makan bersama, Ibu Nawla dan keluarga juga ikut makan bersama dengan menu pecel ayam. Seru sekali makan bersama setelah acara Family Gathering 2015 Sekolah Tetum Bunaya.

Alhamdulillah acara berjalan lancar, dan semua bahagia. Semoga di tahun berikutnya acara ini berjalan lebih baik lagi.

Terimakasih kepada Kak Endah, Kakak-kakak pengajar, adik-adik Tetum Bunaya, Ibu Fitriah (Ibu Nawla) sebagai ketua panitia 1, para panitia orangtua murid, dan seluruh keluarga besar Sekolah Tetum Bunaya.

Ditulis oleh Kak Nita