17 Agustus 2016 adalah hari Kemerdekaan Rakyat Indonesia, Kelas Langit Putih Biru dan Langit Hingga Hijau turut memeriahkan kemerdekaan dengan mengikuti beberapa kegiatan. Kemerdekaan adik-adik terlihat saat bermain dan berkegiatan, dimulai dari Kakak memperkenalkan lagu “Hari Merdeka” dan membuat bendera Indonesia. Saat kegiatan membuat bendera, sebelumnya Adik-adik diperkenalkan alat dan bahan yang akan digunakan. Adik-adik mengenal dengan menyebutkan peralatan yang akan digunakan, seperti lem, sumpit dan kertas. Adik-adik menyebutnya dengan beraneka ragam. “Aku tahu itu sumpit buat makan mie” “itu stik… itu kan terbuat dari kayu” “kertasnya kaya plastik” “kertas merah kertas putih” “itu apa Kak nama kertasnya?” Wah ternyata banyak ya pendapat Adik-adik. Kakak memperkenalkan kertas yang baru dikenalnya yaitu kertas minyak.

ikut serta merayakan hari kemerdekaan

ikut serta merayakan hari kemerdekaan

Adik-adik membuat serta menjawab sendiri tentang cara membuatnya “di lem nanti ya Kak” “Bendera yang diatas warnanya putih, dibawah merah” “Ih, bukan bendera Indonesia kan yang diatas merah dibawah baru putih”. Kakak membebaskan Adik-adik berkarya membuat bendera. Hingga Adik-adik dapat membuatnya sendiri. Bendera yang telah jadi diberi nama dan dipajang di depan kelas Langit, keesokan harinya bendera boleh di bawa pulang.

membawa pulang bendera

membawa pulang bendera

Yap….Bendera telah dibuat oleh Adik-adik. Tibalah saat kegiatan memeriahkan kemerdekaan. Adik-adik mengikuti kegiatan kemerdekaan selama dua hari yaitu hari Senin dan Selasa tanggal 15 dan 16 Agustus 2016. Kegiatan di hari pertama memindahkan bendera. Kegiatan di hari kedua membawa bola pingpong menggunakan sendok. Kedua kegiatan tersebut dilakukan bersama-sama. Adik-adik mengungkapkan “Aku mau lagi Kak” “Aku maju lagi ya Kak” “ Kegiatannya menyenangkan” “Kegiatan seru sekali”, tapi ada adik yang belum mau ikut kegiatan, sampai akhirnya kakak menyiapkan barisan untuk ikut kegiatan dalam barisan bersama teman-teman, dan adik tersebut bersedia mengikuti kegiatan dengan semangat bersama temannya yang membuat dia nyaman.

IMG_5692

siap untuk memindahkan bendera

siap-siap untuk berlari memindahkan bendera

siap berlari untuk memindahkan bendera

IMG_5699

aku sedang memindahkan bendera

IMG_6075

1… 2… 3… mulai

 

wah... seru sekali

wah… seru sekali

 

IMG_7757

hati-hati bolanya terjatuh