Kegiatan di Bulan Agustus

Kegiatan di Bulan Agustus

Adik-adik Yupiter telah melewati bulan Agustus. Adik-adik mulai menyesuaikan dengan jadwal yang baru, seperti jadwal snack time, jadwal makan bersama dan  jadwal pulang. Tidak sedikit Adik-adik yang masih banyak bertanya mengenai jadwal kegiatan di sekolah. Namun, berkat masa adaptasi yang sebelumnya sudah dilakukan Adik-adik  mulai terbiasa dengan kegiatan di kelas Yupiter.

Peta timbul Pulau Papua Karya Adik-Adik Yupiter

Peta timbul Pulau Papua Karya Adik-Adik Yupiter

Selama bulan Agustus Adik-Adik juga telah melewati kegiatan yang menarik, berbagai kegiatan di kelas seperti membuat peta timbul pada pelajaran PKn. Diharapkan Adik-adik dapat lebih mengenal wilayah Indonesia. Kegiatan menarik lainnya adalah wawancara dan membuat video. Kegiatan tersebut merupakan bagian dari kegiatan mata pelajaran Bahasa Indonesia. Adik-adik berbagi tugas layaknya sebuah produksi berita mereka berbagi tugas seperti mewawancarai narasumber, membuat daftar pertanyaan, mengambil gambar, dan mengedit video. Adik-adik juga dibebaskan untuk pembuatan video, mereka dibebaskan menggunakan musik hingga pemilihan tampilan dari video tersebut.

Wawancara Kak Titis

Wawancara Kak Titis

Kegiatan editing video

Kegiatan editing video

Tidak hanya kegiatan di dalam kelas namun kegiatan di luar kelas seperti pengamatan burung bersama Komunitas Burung Indonesia, Adik-adik mengikuti Bird watching yang terdiri dari kelas  Mars, Yupiter, dan Saturnus. Adik-adik diajak mengamati burung yang ada di lingkungan sekolah. Tujuan dari kegiatan tersebut antara lain mengetahui jenis-jenis burung kota yang ada di lingkungan sekolah.

Kegiatan Bird Watching

Kegiatan Bird Watching

Kegiatan berikutnya adalah Adik-adik mengikuti upacara 17 Agustus dilaksanakan dengan tertib dan khidmat. Kegiatan upacara 17 Agustus belangsung di lapangan Sekolah Tetum Bunaya. Petugas upacara tampak siap dalam menjalankan tugasnya beberapa adik Yupiter juga turut menjadi anggota petugas upacara.

Upacara Hari Kemerdekaan

Upacara Hari Kemerdekaan

Selain itu, pada bulan Agustus Adik-adik juga mengikuti soft launching Perpustakaan Tetum Bunaya. Adik-adik antusias ingin melihat Perpustakan Tetum Bunaya. Mereka sudah tidak sabar dan menunggu sesuatu yang baru dari Perpustakaan Tetum Bunaya. Saat kegiatan tersebut Adik-adik diperkenalkan dengan Sistem Online Public Access Catalog (OPAC) yaitu system untuk mencari koleksi buku secara online untuk mempermudah pencarian buku dengan nomor panggil. Kemudian Adik-adik mendaftar menjadi anggota perpustakaan.

SAMSUNG CAMERA PICTURES

Pendaftaran anggota peserta Perpustakaan Tetum Bunaya

Ditulis oleh : Kak Syaiful