Select Page

“Kak.. hari ini kita jadi ke perpustakaan?” Tanya beberapa Adik di pagi hari. “Jadi ga ya…??” canda Kakak. Kakak menganggukkan kepala dan disambut dengan sorakan “Yeeeee…..”

img_0880

img_0887

Ya hari Selasa 6 September 2016, Adik-adik Antariksa berkesempatan berkunjung ke perpustakaan  Sekolah Tetum Bunaya.  Antusias terlihat dari wajah-wajah mereka. Sesampai di sana Adik-adik berbaris dengan rapi, disambut oleh Kak Dewi dan Kak Citra.

img_1048

“Emang Kak Dewi nginep disini?” celetuk Keenan saat Kak Dewi memperkenalkan diri.

“Ga lah… emang ada kasurnya…” sahut Tala memberi  komentar.

Kak Dewi pun menyampaikan peraturan yang ada di perpustakaan setelah itu mempersilahkan Adik-adik untuk masuk ke dalam perpustakaan.

Rasa kagum akan perpustakaan terlontar dari bibir-bibir mungil mereka. “Cantik ya..” ujar Khanza. “Bersih..”sahut Radit. “Banyak bukunya…” tambah Ziyad. “Kereeen…” ungkap Zhian.

Kak Dewi pun menjelaskan kepada Adik-adik tentang kartu perpustakaan dan diajak ke rak-rak buku yang ada. Ada rak buku untuk orang dewasa, referensi, bacaan anak-anak, majalah dan masih banyak lagi. Pada semua rak juga tertera kode buku.

img_0912

 

img_0900

Di sudut ruangan ada meja yang bertuliskan “meja sirkulasi”. Apabila telah selesai membaca buku, Adik-adik dapat meletakkan buku yang telah dibaca di meja tersebut. “Ooo… biar ga salah taruh ya Kak?” ujar Tsaqif.

img_1021

img_1031

img_1009

img_0933

img_0929

Setelah puas berkeliling, Adik-adik dipersilahkan mengambil buku satu persatu dan mendaftar menjadi anggota perpustakaan secara bergantian.  Adik-adik diberikan kartu dan mengarahkan kartunya ke alat sensor hingga berbunyi. Dengan diarahkan Kak Citra, Adik-adik mengetik namanya di komputer.

img_0927

Sebelum kembali ke kelas, Kak Dewi menanyakan perasaan Adik-adik berkunjung ke perpustakaan. “Seru!! “ kata Adysa.  “Aku bisa  daftar disitu…”ungkap Hasna sambil menunjuk ke arah komputer.

Penutup Kak Dewi memperkenalkan slogan perpustakaan Tetum Bunaya yaitu Bangun Bersama dengan cara merawat buku, meminjam buku, mengembalikan dan donasi buku.

img_1038

img_0907-1

img_0935