Select Page

Semangat kemerdekaan Indonesia telah bergema di Antariksa. Adik-adik dengan semangatnya bercerita saat Kakak mengenalkan hari kemerdekaan Indonesia. 17 Agustus “Ooo… kaya hari ulang tahun ya Kak?.. salah satu adik. “Aku tahu waktu itu Indonesia kan lagi berperang sama Belanda..”cerita Adik yang lain. Ada adik yang  tidak mau ketinggalan. “Aku sudah pasang bendera Kak di depan rumah”.

Hari ini 15 Agustus 2016 Adik-adik kelas Antariksa Jingga Hijau dan Putih Biru bersama-sama memasang bendera segitiga berwarna merah putih pada tali kasur. Adik-adik dengan sabar bergantian memasang bendera. “Wahhh…panjang banget Kak” seru mereka. Setelah dirasa cukup, bendera tersebut dijadikan hiasan kelas. Mereka bekerjasama membawa bendera kedepan kelas.”Kelasnya jadi cantik ya Kak”, sorak mereka senang dan bangga dengan hasil karya mereka.

img_5188

bergiliran memasang bendera merah dan putih

img_5216

siap menghias bendera di depan kelas

Dua hari menjelang ulang tahun Indonesia, Antariksa berkegiatan membawa kelereng dengan menggunakan sendok. Adik-adik terus berusaha saat kelereng mereka berjatuhan, mereka mengejarnya dan terus melanjutkannya hingga selesai.

bersiap membawa kelereng dengan menggunakan sendok

bersiap membawa kelereng dengan menggunakan sendok

Kembali ke kelas, Adik-adik membuat rebana merah putih. “Rebana apaan Kak?” Tanya mereka. “Yang di hadroh itu kan Kak…” Adik menambahkan. Mereka pun dibagi menjadi 3 kelompok. Secara mandiri Adik-adik membuat rebana. Saat selesai ada yang berkomentar “Kak rebana Aku gak bunyi”.  “Kacang hijaunya lengket ya Kak…”setelah di bunyikan berkali-kali baru terdengar suaranya. Kakak menyampaikan bahwa rebananya boleh di bawa dan dimainkan di rumah.

img_5875

rebana merah putih

img_5872

ini rebana ku

Perayaan kemerdekaan kembali berlangsung keesokan harinya. Adik-adik berlari memindahkan bola. Mereka berlari dengan semangatnya memindahkan satu persatu bendera yang berada di dalam keranjang hingga selesai. Teman-teman yang lain bersorak-sorai menyemangati dari pinggir lapangan. Semua adik telah mendapat giliran. “Mau lagi Kak!!” sorak mereka. Kegiatan kembali berlanjut dengan berlari membawa bendera secara estafet. Adik-adik terlihat tidak lelah saat berlari dengan bendera berkibar di tangan mereka.

img_6054

siap 1… 2… 3…

img_6092

ini benderanya

img_6031

semangat memindahkan bendera

Kegiatan dalam rangka memperingati hari kemerdekaan Indonesia ditutup dengan berkreasi dengan barang bagus. Mereka dengan bebas berkarya membuat apa saja yang mereka inginkan. Mulai dari pemilihan barang-barang dengan belanja di Tetum Mart. Alhasil roket, kapal, bantal, mobil, pedang dan masih banyak lagi tercipta dari tangan-tangan kreatif mereka. Mereka merdeka berkarya mewujudkan ide mereka. Selamat ulangtahun Indonesiaku…