Select Page
3

Membuat Perkedel Daging

Pada hari Selasa tanggal 13 September 2016, Adik-adik kelas Darat Ceri  mengikuti kegiatan memasak perkedel daging, turut memeriahkan Hari Raya Idul Adha yang jatuh pada hari Senin 12 September 2016. Daging tersebut adalah daging kurban dari Kakak-kakak Taman Kanak-kanak dan Sekolah Dasar

Kegiatan masak kita lakukan didalam kelas, Adik-adik duduk  tenang saat Kakak menjelaskan  bahan-bahan yang digunakan, kemudian Adik-adik mengulang menyebutkan dan memegang bahan-bahan tersebut secara bergantian. Adik-adik juga mencicipi rasa garam, ada yang bilang enak, ada yang bilang asin, bahkan ada yang kurang untuk mencicipinya lagi. Adik-adik juga merasakan tekstur garam, daging yang masih utuh, daging yang sudah di giling kasar  dan  kentang. Mereka juga dikenalkan  telur  dan  juga mencium aroma bawang putih dan lada halus.

Mengenal bahan-bahan yang akan digunakan

Mengenal bahan-bahan yang akan digunakan

Saat kegiatan memasak, Kakak memberi contoh cara menghaluskan ketang dengan cara ditumbuk, menggunakan balok yang di lapisi plastik bersih. Adik-adik di bagi kentang goreng (sudah digoreng terlebih dahulu oleh kakak) didalam wadah dan adik-adik mulai menumbuk. Pada saat menumbuk ada adik yang mengajarkan cara menumbuk kepada temannya “begini caranya sambil memperlihatkan contoh”. Setelah semua halus, kakak mencampur daging, kentang, telur dan bumbu ke dalam wadah. Kemudian tiap  wadah diisi adonan yang siap untuk  dibentuk, Adik-adik membuat bulatan. Awalnya adik-adik tidak mau membentuk, tapi Kakak mendampingi dan membantu Adik-adik untuk  mencoba membentuk adonan sesuai selera, dan akhirnya mereka senang dan membuatnya sendiri tanpa bantuan Kakak. setelah  semua menjadi bentuk bulat, Adik-adik memberikannya ke Kakak dan Kakak  mencelupkan  ke putih  telur yang sudah di kocok satu persatu dan siap digoreng.

Perkedel Siap Digoreng

Perkedel Siap Digoreng

Sambil menunggu perkedel matang, Adik-adik makan siang, selesai makan  Adik-adik  mencicipi  perkedelnya , semua suka dan bilang enak. Kakak juga  menyiapkan perkedel yang akan dibawa pulang Adik-adik.

Alhamdulillah Adik-adik senang dan terlihat antusias, semua berjalan lancar, meskipun hari itu ada dua Adik yang tidak hadir karena kondisinya yang  kurang sehat.

Ditulis oleh

Asenih Arsyad (Kak Aas)