Select Page
Membuat Bola-bola Daging

Membuat Bola-bola Daging

Pada hari Rabu tanggal 14 September 2016, Adik-adik kelas Laut Pari dan Laut Penyu mengadakan kegiatan memasak.  Turut memperingati Hari Raya Idul Adha, Senin 12 September 2016.

Adik-adik memasak bola-bola daging dari daging kurban Kakak-kakak SD Tetum Bunaya. Saat diberitahu hari ini kegiatan memasak Adik-adik terlihat antusias.

Kegiatan masak kita lakukan di dalam kelas, Adik-adik memakai celemek dan topi kemudian mencuci tangan. Setelah semua siap, Kakak menjelasakan  bahan-bahan membuat bola-bola daging, Kakak menyebut satu persatu bahannya dan Adik-adik ikut menyebutkan sambil memegang bahan tersebut, sambil merasakan tektur bahan yang digunakan seperi tepung terigu, tepung panir, daging utuh, daging giling, garam, lada bubuk dan  bawang putih. Mereka  mencium bau bawang putih yang sudah di tumbuk. Ada yang bilang “baunya gak enak” dan ada juga yang bilang “ baunya enak”.

Mengenal bahan-bahan yang akan digunakan

Mengenal bahan-bahan yang akan digunakan

Kegiatan memasak dimulai,  Kakak meminta Adik-adik  memasukkan satu persatu  bahan ke dalam wadah secara bergantian, setelah semua bahan masuk di aduk secara merata lalu di campur dengan telur agar bisa di bentuk.

Setelah adonan siap dibentuk, tiap wadah diberikan adonan dan diberikan ke Adik-adik agar Adik-adik bisa membentuknya sendiri sesuai selera.

Adik-adik  ada yang bilang mau dan ada yang bilang tidak mau  karena  jijik. Tapi setelah di dampingi Kakak , Adik yang merasa belum nyaman dengan tekstur adonan tersebut mau membentuk jadi bulatan dan siap untuk dicelupkan ke dalam telur yang telah dikocok dan digulingkan ke dalam wadah yang berisi tepung panir kemudian siap digoreng Kakak hingga berwarna kecokelatan.

Antusias Adik-adik ketika ingin mencicipi

Antusias Adik-adik ketika ingin mencicipi

Adik-adik mencuci tangan, setelah bola-bola daging matang Adik-adik mencicipi  bersama. Kemudian kakak menyiapkan bola-bola daging yang sudah matang beserta resep ke dalam wadah,   untuk dibawa pulang. Saat para Bunda datang menjemput, Adik-adik langsung bercerita dengan semangat.

Alhamdulillah kegiatan berjalan dengan  lancar.

Ditulis oleh

Asenih Arsyad (Kak Aas)