Select Page

Hari ini merupakan hari yang ditunggu-tunggu oleh Adik-adik kelas Langit, Langit Putih Biru maupun kelas Langit Jingga Hijau sudah tak sabar menanti untuk mengikuti kegiatan hari ini di sekolah. Untuk pertama kalinya Adik-adik Langit mengenal tentang “Perpustakaan”. Sebelum hari ini tiba Kakak mengajak Adik mengenal perpustakaan “Adik-adik Langit, apakah ada yang tahu tentang perpustakaan ?”. adik-adik sungguh antusias menjawab. “ada bukunya Kak” “Tempat pinjam buku ya Kak? Aku pernah sama Ibu”. “Aku banyak buku di rumah”. Yaa itulah beberapa jawaban unik Adik-adik. Kakak menjelaskan perpustakann adalah tempat pinjam dan membaca buku, di sekolah kita Tetum Bunaya juga ada perpustakaan. Perpustakaan Tetum Bunaya letaknya ada di gedung SD (Sekolah Dasar) Tetum Bunaya, dan nanti di TK Tetum Bunaya juga ada perpustakaannya juga. Kakak menjelaskan kegiatan berkunjung ke Perpustakaan Tetum Bunaya, yaitu Adik-adik mengenal perpustakaan, mendaftar menjadi anggota perpustakaan, berkeliling perpustakaan dan melihat-lihat isi di dalam perpustakaan. Wah kegiatan yang seru dan menarik yah..

Tiba di hari Kamis, tanggal 9 September 2016. Rencana berkunjung ke Perpustakaan untuk kelas Langit di hari yang sama, akan tetapi jam berkunjungnya itu yang berbeda. Untuk kelas Langit Jingga Hijau berangkat jam 08.00 – 09.00 sedangkan kelas Langit Putih Biru jam 09.00 -10.00,  kelas Langit Putih Biru mengadakan acara syukuran ulang tahun Navarro terlebih dahulu di kelas.

berjalan menuju perpustakaan

berjalan menuju perpustakaan

Ketika Adik-adik untuk berjalan menuju ke gedung SD, Adik-adik dengan kompak nyanyi berbagai macam lagu. Mereka bersemangat mengikuti kegiatan berkunjung ke perpustakaan. Sesampainya di tempat Adik-adik melihat gedung SD “Ini kan SD, tempat sekolah Kakakku, tempatnya bagus” ucap salah satu Adik bercerita kepada salah satu temannya. Tiba di perpustakaan sudah ada yang menyambut. Kak Dewi dan Kak Citra sudah berada di depan pintu Perpustakaan. Adik-adik terpesona melihat gambar yang ada di depan perpustakaan “Wah ada gambar buku, pasti di dalam ada banyak buku” “Keren gambarnya, bagus ya” melihat Kak Dewi dan Kak Citra, Adik-adik kembali berbaris di depan pintu perrpustakaan dan mengucapkan salam kepada Kakak. “Assalaamualaikum Kak Dewi dan Kak Citra, selamat pagi” begitu juga Kak Dewi dan Kak Citra menjawab hingga berkenalan ke Adik-adik terlebih dahulu. Kak Dewi memperkenalkan Perpustakaan Tetum Bunaya.

sampai di perpustakaan

sampai di perpustakaan

Sebelum masuk ke dalam perpustakaan, Kak Dewi bertanya kepada Adik-adik mau kegiatan apa di dalam, Adik-adik pun menjawab “mau lihat buku” “mau buat kartu perrpustakaan” “berkeliling di dalam”. Kak Dewi pun tersenyum dan menjelaskan kegiatan hari ini, Kak Dewi dan Kak Citra akan ajak Adik-adik berkeliling, melihat buku, melihat yang ada di dalam perpustakaan ada apa saja, nanti Adik-adik boleh meminjam satu buku dan duduk melihat isi dalam bukunya, dan mendaftar menjadi anggota perpustakaan membuat kartunya. lalu Kak Dewi bertanya bagaimana sikap di dalam perpustakaan. Adik-adik menjawab “jaga sikap, jaga tangan, kaki, mulut, suaranya pelan-pelan” “gak boleh berisik juga di dalam” “iya, ngomongnya gak boleh bersuara kencang” “bersuara pelan” ucap beberapa Adik. Kakak perpustakaan tersenyum lalu menjelaskan semua jawaban Adik-adik benar semua. Kakak menjelaskan tentang sistem meminjam buku menggunakan kartu di scan lalu berbunyi “klik”. “Wah kerennyaaaaa” ucap salah satu Adik. “Aku mau buat kartu kak” “Aku mau pinjam buku kak”. Kak Dewi menjawab “Iya, nanti Adik-adik semua membuat kartu menjadi anggota perpustakaan dan meminjam buku tapi belum bisa meminjam buku, hari ini Adik-adik berkeliling melihat buku-buku yang ada di perpustakaan ini, nanti satu persatu boleh mengambil buku dan duduk melihat buku serta nanti dipanggil satu persatu membuat kartu dan mencoba scanning kartu anggota. Kakak menjelaskan jua bahwa kartu perpustakaannya belum dibawa pulang hari ini”.

img_2140

membuat kartu anggota perpustakaan

“Yuk, Kak berkeliling” ajak salah satu Adik, kemudian Kak Dewi mengajak Adik-adik berkeliling perpustakaan “Wah bagusnya” “Banyak bukunya” “keren tempatnya” “bagus, bersih perpustakaannya” “bukunya rapih ada di rak”. Kakak mengajak Adik membuat lingkaran dan mengajak boleh ambil buku satu persatu, sebelumnya Kak Dewi dan Kak Citra bertanya bagaimana nanti sikap ketika ambil buku? “gak boleh sobekin buku” “disimpan yang rapi nanti bukunya” “ antri” “tidak berebut”.

img_1876

memilih – milih buku

Lalu satu persatu Adik-adik dipanggil namanya untuk mencoba scanning kartu anggota perpustakaan sedangkan Adik lainnya mengambil buku dan melihat-lihat buku duduk. “Ih, Kak lihat deh bukunya bagus warna warni. Buku ini kan sama kaya buku Aku di rumah kak” ada juga Adik yang memberitahukan teman tempat untuk menyimpan buku. Saat menscanning kartu, Adik-adik juga banyak yang berkomentar “Waw keren, bisa bunyi lampunya nyala pas di cek kartunya”.

img_1903

kartu ku sudah jadi ,,,

Sambil menunggu Kakak juga mendongengkan buku yang diambil salah satu Adik. Beberapa Adik ada yang mendengarkan dan ada yang sibuk melihat buku yang diambilnya. Wah kegiatan seru ya. Setelah selesai Adik-adik duduk membentuk lingkaran. Kak dewi menyampaikan salam terima kasih dan membagikan sertifikat bagi yang telah ulang tahun menyumbangkan bukunya ke sekolah. Kak Dewi menjelaskan Adik-adik boleh menyumbangkan bukunya ke perpustakaan sekolah. “Aku mau ah, bawa buku, bukunya disimpan di sini” “Aku juga, Aku juga”.

img_1909

membaca buku

img_1885-1

mendengarkan cerita bersama kak Dewi

 

    Setelah selesai kegiatan di Perpustakaan Tetum Bunaya hari ini, Adik-adik mengucapkan terima kasih kepada Kak Dewi, Kak Citra, dan Kak Winni, mereka bersalaman satu persatu. “Terima kasih ya Kak, lalu toss”. Lalu Adik-adik memakai sendal yang telah tersusun dan berbaris lalu berjalan pelan menuju kelas Langit dengan nyanyi bersama-sama. Ketika di lingkaran mau pulang Adik-adik banyak bercerita tentang kegiatan berkunjung ke perpustakaan hari ini serta mengatakan kegiatan hari ini seru dan menyenangkan.

img_2145

pemberian sertifikasi kepada adik yang menyumbangkan buku

img_2138

berdoa bersama

img_2160

berjalan kembali ke kelas Langit