Select Page
Membuat hiasan kelas dengan batik

Membuat hiasan kelas dengan batik

Bulan Oktober di Venus Nova diawali dengan kegiatan batik pada Senin, 3 Oktober 2016. Berbeda dengan hari biasanya, hari ini Adik-adik datang ke sekolah dengan berpakaian batik dan berkegiatan menghias kelas dengan kain batik yang mereka bawa dari rumah. Mereka antusias membuat berbagai bentuk dari kain batik.

Pada minggu kedua bulan Oktober Adik-adik menghadapi masa ulangan tengah semester/review yang dilaksanakan selama satu minggu penuh. Di kelas Venus, adik-adik melaksanakan ulangan tengah semster berbentuk review/ulasan mengenai pembelajaran yang telah dilakukan di kelas terhitung dari bulan Juli hingga September. Alhamdulillah Review berjalan dengan lancar dan Adik-adik juga telah mendapatkan rapor Mid Semester I.

Pada bulan Oktober adik-adik telah belajar banyak hal. Pada pelajaran agama, Adik-adik mempelajari berbagai Asmaul Husna mulai dari Al Malik, Al Ahad, dan As Salam. Mereka juga belajar bagaimana menyayangi ciptaan Allah lewat kisah-kisah Nabi yang diceritakan Kakak. Adik-adik juga gemar berkarya dengan barang bagus saat pelajaran agama. Mereka berkreasi membuat display Asmaul husna yang telah mereka pelajari.

img_5873

Asmaul Husna

Pada pelajaran Bahasa Indonesia Adik-adik Venus Nova selalu bersemangat menunggu Kakak datang.  Di bulan Oktober ini Adik-adik belajar mengenai puisi dan mengekspresikannya melalui play dough. Pada kegiatan selanjutnya adik-adik membuat puisi dan menjahit kantong puisi dengan inisial nama mereka. Mereka juga menampilkan sebuah puisi berjudul Indonesia saat penampilan Bulan Bahasa.

img_9313

Menjahit kantong puisi

Menjahit kantong puisi

Adik-adik mulai mengenal penjumlahan dan pengurangan bersusun pada pelajaran Matematika. Mulai dari penjumlahan dan pengurangan puluhan dengan puluhan, ratusan dengan puluhan, hingga ratusan dengan ratusan. Tidak ada yang mengeluh ketika belajar Matematika. Mereka melakukannya dengan kegembiraan.

Kegiatan Matematika

Kegiatan Matematika

Pada kegiatan pramuka adik-adik melakukan senam pramuka bersama-sama setelah upacara selesai. Mereka sangat gembira dan bersemangat melakukannya. Ketika senam berakhir, mereka terus meminta senam di ulang sekali lagi tanpa merasa letih. Pada minggu selanjutnya Adik-adik membuat tanda jejak dari berang bagus yang tersedia di Tetum Mart. Mereka membuat berbagai macam tanda penunjuk arah, tanda bahaya, dan tanda-tanda lainnya untuk berjelajah pada kegiatan pramuka berikutnya.

Adik-adik belajar tentang tempat hidup hewan dan tumbuhan pada pelajaran IPA. Mereka juga belajar tentang manfaat hewan dan tumbuhan bagi manusia. Selain belajar manfaat hewan dan tumbuhan, Adik-adik juga mempelajari hewan dan tumbuhan yang merugikan bagi manusia ataupun mahluk hidup lainnya. Mereka mengenal berbagai macam tanaman dan hewan yang hidup di darat, air, maupun keduanya. Mereka juga mengetahui bahwa tanaman juga dapat hidup menumpang dengan tanaman lainnya meskipun memiliki sifat yang merugikan tanaman yang ditumpanginya. Adik-adik juga diajak mengidentifikasi manfaat hewan dan tumbuhan bagi manusia. Mereka dapat membedakan tanaman dan hewan yang menguntungkan dan merugikan bagi manusia.

Mengklasifikasikan tanaman dan hewan yang hidup di air dan

Tanaman dan hewan yang hidup di darat dan di air

Belajar hidup rukun dilakukan Adik-adik lewat pelajaran PKn. Adik-adik selalu bersemangat saat pelajaran PKn karena pembelajaran seringkali dilakukan sambil bergerak di luar kelas. Begitupun saat pelajaran IPS berlangsung, mereka selalu menyambut dengan riang gembira.

Pelajaran IPS di bulan ini adik-adik diajak untuk membuat urutan peristiwa penting dalam keluarga yang dimulai sejak ayah dan bunda menikah, mereka dilahirkan, saat masuk sekolah TK, masuk SD, dan peristiwa lain yang dianggap penting seperti saat mereka berkhitan. Pada pertemuan berikutnya Adik-adik membuat urutan peristiwa penting hari ini yang dimulai sejak bangun tidur hingga pelajaran IPS di mulaidi kelas.

Menggambarkan peristiwa penting

Menggambarkan peristiwa penting

Masih dalam susana Hari Batik, Adik-adik membuat karya dua dimensi dari kain batik saat pelajaran SBK. Mereka berkreasi dengan berbagai bentuk dan gambar yang dilapisi dengan beragai kain perca batik.

Berkreasi dengan perca batik

Berkreasi dengan perca batik

Adik-adik juga belajar membuat stempel dari bahan kentang yang diukir membentuk beragai pola yang ketika digabungkan dapat menghasilkan gambar mobil, bunga, pohon, dan sebagainya sesuai kreativitas masing-masing adik.

Mencap dengan kentang

Mencap dengan kentang

Agar tetap sehat dan bugar, pada bulan Oktober adik-adik melakukan kegiatan olahraga lari mentari. Mereka bermain permainan lari mentari sesuai dengan posisi matahari seakan-akan berlari mengejar matahari. Permainan dilakukan di lapangan dengan riang gembira. Di sela-sela kegiatan olahraga, Adik-adik biasanya meminta waktu untuk bermain bebas seperti bentengan dan tak jongkok.

Pada bulan Oktober adik-adik melakukan perawatan diri dan latihan aktivitas sehari-hari dengan kegiatan memotong kuku, merapikan peralatan kelas, serta mengukur tinggi badan, berat badan, dan lingkar kepala.

Kegiatan adik-adik pada bulan Oktober diakhiri dengan pementasan memperingati Bulan Bahasa sebagai exit point tema bulan ini. Adik-adik kelas Venus mempersembahkan satu buah puisi yang berjudul Indonesiaku dan menyanyikan lagu Satu Nusa Satu Bangsa secara bersama-sama. Adik-adik kelas Venus terlihat bergembira dan percaya diri saat tampil di pentas. Mereka telah mempersembahkan yang terbaik untuk teman-teman, kakak-kakak, dan para orang tua yang hadir.

Kelas Venus di kegiatan Bulan Bahasa

Kelas Venus 2016/2017

Semoga adik-adik dapat tetap bersemangat dan bergembira menjalani hari-hari di kelas Venus Nova.

 

Ditulis oleh Kak Pipit/Fitri Alawiyah