Select Page
Layang-layang lukis karya Venus Farra

Layang-layang lukis karya Venus Farra

Pada bulan Oktober ini, Alhamdulillah Adik-adik Venus Farra telah melewati beragam kegiatan di sekolah dengan semangat. Mulai dari kegiatan Mid Semester 1 dan berbagai kegiatan pembelajaran.

Pada bulan Oktober ini, Adik-adik melakukan kegiatan rutinitas pagi  seperti biasa,   shalat dhuha, mengaji, bersalaman dengan kakak-kakak, bermain dengan teman-temannya dan juga kegiatan mendengarkan dongeng atau kisah Nabi.

Bulan Oktober ini diawali dengan menghias kelas dengan Batik, adik-adik menghias kelas dengan bahan batik. Adik-adik terlihat ceria saat menghias kelas.

Membuat hiasan kelas dengan batik

Membuat hiasan kelas dengan batik

Pukul 07.30 WIB adik-adik masuk ke kelas, kemudian melakukan kegiatan seperti Brain Gym, mengabsen teman-teman dan berdoa untuk memulai kegiatan,  dipimpin oleh adik yang menjadi pemimpin saat itu, kemudian pemimpin membagi tugas kepada adik-adik yang piket hari itu untuk memasang tanggal kalender, event chart dan mengecek absen

Pada pukul 08.00 WIB adik-adik mulai melakukan kegiatan sesuai jadwal hari itu. Adik-adik melakukan kegiatan dengan semangat dan menyenangkan. Pada pelajaran Bahasa Indonesia bulan Oktober ini Adik-adik belajar membaca puisi dan membuat puisi.

Belajar membuat puisi

Belajar membuat puisi

Pada pelajaran SBK adik-adik melakukan kegiatan-kegiatan seperti membentuk gambar dan menghiasnya dengan bahan batik, menghias layang-layang dan mempresentasikan gambar layang-layangannya di depan teman-teman.

Melukis layang-layang

Melukis layang-layang

Pada pelajaran Olahraga Adik-adik terlihat bersemangat melakukan kegiatan, mulai dari pemanasan, sampai pelaksanaan kegiatan. Kegiatan olahraga bulan Oktober ini adik-adik melakukan permainan Mentari dengan mengikuti arah matahari saat pagi, siang, dan sore, adik-adik terlihat bergembira saat kegiatan dan adik-adik melakukan permainan benteng dan melakukan review berjalan lurus, berlari, melompat. Pada pelajaran Matematika di bulan Oktober ini, adik-adik melaksanakan reviu materi yang sudah dipelajarinya, seperti penjumlahan, bilangan ganjil dan genap dan belajar penjumlahan. Adik-adik terlihat percaya diri saat mengerjakaan reviewnya.

Kegiatan Matematika

Kegiatan Matematika

Pada pelajaran Agama di bulan Oktober ini, Adik-adik belajar mendengarkan kisah Nabi Daud AS, saat kegiatan adik-adik mendengarkan dengan antusias bahkan mengekspresikan keberanian Nabi daud dengan Ekspresi mereka dan adik-adik juga    mengenal Asmaul Husna Al Ahad ( Maha Esa),  Al Malik (Maha merajai). Pada pelajaran PKN setelah adik-adik mengerti kegiatan bergotong royong di bulan sebelumnya, pada bulan ini, adik-adik belajar manfaat dari gotong royong tersebut dengan bentuk buklet. Dengan  menuliskan bentuk gotong royong nya dan menuliskan manfaat dari gotong royong tersebut.  Adik-adik dapat menyebutkan dan menuliskan bentuk dan manfaat gotong royong dengan baik.

Pada pelajaran IPS di bulan sebelumnya, adik-adik mengenal dokumen pribadi dan menceritakan peristiwa penting/berkesan dalam keluarga. Pada bulan ini adik-adik belajar mengurutkan peristiwa penting mulai  dari Ayah dan bunda menikah, kemudian melahirkan adik dan membesarkan hingga sekolah mulai dari tingkatannya sampai saat ini SD.

Menggambar dan mengurutkan peristiwa penting

Menggambar dan mengurutkan peristiwa penting

Pada pelajaran IPA, bulan oktober ini, Adik-adik belajar mengenal tempat hidup hewan dan tumbuhan  air dan darat,  kemudian mengelompokkan hewan yang hidup di air dan di darat. Kemudian Adik-adik  mengenal manfaat hewan dan tumbuhan bagi manusia.

img_3793

Mengamati hewan dan tumbuhan di lingkungan sekolah

Pada kegiatan Pendidikan Lingkungan Kebudayaan Jakarta ( PLBJ) bulan ini, Adik-adik berkegiatan mengenal perlengkapan alat-alat kebersihan yang ada di  sekolah. Adik-adik mengamati perlengkapan kebersihan yang ada di kelas dan di kamar mandi, kemudian  adik-adik menjaga kebersihan kelasnya dengan merapihkan kelas bersama-sama namun sebelumnya  di kelompokkan dalam pembagian tugas kerjannya.

Pada tanggal 26-10-2016 bulan Oktober ini dengan Tema Bulan Bahasa, Adik-adik dari kelas Merkurius sampai Saturnus  menampilkan Pentas Seni. Kelas Venus menampilkan  puisi dan menyanyikan Lagu Satu Nusa Satu bangsa. Kegiatan dilaksanakan di ampi teater.

Kelas Venus 2016/2017

Kelas Venus di kegiatan Bulan Bahasa

Ditulis oleh Kak Adnan/Saiful Adnan