Select Page
Adik menggunakan batik

Adik menggunakan batik

Bulan Oktober telah berlalu, berbagai kegiatan baik secara individu ataupun kelompok dilakukan adik-adik dengan semangat dan percaya diri. seperti sudut literasi yang dilakukan di pagi hari saat adik-adik selesai melaksanakan sholat Dhuha, mengaji dan salam.

Seminar hari batik

Seminar hari batik

Menyambut hari batik yang jatuh pada tanggal 2 Oktober, adik-adik juga menggunakan pakaian batik saat datang ke sekolah serta mengikuti Workshop Batik bersama Ibu Yani. Pada kegiatan ini, mereka dikenalkan tentang ragam batik yang ada di nusantara, proses pembutan batik mulai dari batik cap, printing, dan batik tulis serta alat yang digunakan ketika membatik. Antusias adik-adik nampak saat dilakukan Tanya jawab oleh Ibu Yani. Tidak sedikiti adik kelas Mars yang menjawab pertanyaan tersebut.

Pada tanggal 10 -14 November dilakukan Ulangan Tengah Semester I. Berbagai persiapan dilakukan adik-adik sebelum ulangan, seperti bertanya mengenai materi pelajaran yang belum mereka kuasai dan meminta lesson sheet. Usai ulangan Ulangan Tengah Semester I, adik-adik menerima laporan perkembangan dari awal masuk kelas Mars hingga tengah semester.

Membuat uang

Membuat uang

Pelajaran Matematika adik-adik belajar di dalam kelas dan masih belajar mengenai uang serta faktor persekutuan. Berbagai metode dilakukan kakak untuk membangkitkan semangat adik-adik saat proses pembelajaran, seperti kakak mengajak adik-adik membuat uang mainan dan menggunakannya untuk berbelanja. Selain itu, adik-adik diarahkan untuk membuat tangga kelipatan.

macam macam jenis daun di skeitar sekolah

macam macam jenis daun di skeitar sekolah

Berbeda dengan Matematika yang belajar di dalam kelas, pada pelajaran IPA adik-adik diajak untuk berkeliling di sekitar lingkungan sekolah. Mereka mengitari kavling DKI untuk mencari macam-macam bunga, daun dan akar. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengenalkan adik-adik tentang bagian-bagian bunga, seperti kelopak, tangkai, benang sari, urat daun, tulang daun, dan macam-macam akar (dikotil dan monokotil). Ketika kegiatan berlangsung, adik-adik terlihat senang dan menikmati suasana belajar yang berbeda.

img_4555

Selain itu, pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial adik-adik dikenalkan dengan sumber daya alam yang dapat diperbaharui dan tidak dapat diperbaharui. Salah satu caranya dengan berjalan-jalan disekitar lingkungan sekolah. Metode pembelajaran yang konkret memudahkan adik-adikĀ  belajar dan membuatnya bersemangat karena mereka tidak lagi belajar di kelas saja. Beragam sumber daya alam banyak ditemukan saat berjalan mengelilingi lingkungan sekolah.

img_2687

Pelajaran yang tidak kalah serunya adalah Bahasa Indonesia. Adik-adik belajar mengenal pokok pikiran. Mereka di arahkan untuk membuat sebuah paragraf dan menulisnya pada selembar kertas yang dibentuk buah yang mereka sukai. Penggunaan bahasa dalam menyusun sebuah paragraph pun diperhatikan dengan baik.

Pada bulan Oktober ini adik-adik mendapatkan pelajaran baru yaitu, Pendidikan Lingkungan Budaya Jakarta (PLBJ). Adik-adik belajar mengenal sarana dan prasarana transportasi yang ada di Jakarta. Selain itu, mereka juga belajar tentang manfaat dan bagaimana cara menggunakan dengan baik.

Dipenghujung Oktober, ditutup denganĀ  mengadakan acara Bulan Bahasa yang dilaksanakan di Amphiteater. Bulan Bahasa merupakan tema yang diusung pada bulan Oktober. pada kegiatan ini, adik-adik kelas Mars menampilkan paduan suara yang menyanyikan lagu Tanah Airku. Selain menyanyikan lagu, salah satu adik membacakan sebuah puisi yang dibuat sendiri. Raut muka malu-malu masih terlihat disebagian adik. Namun, rasa malu itu hilang ketika tepuk tangan dan sorak gembira terdengar dari bangku penonoton (Ayah/Bunda).

Ditulis oleh: Kak Dwi