Select Page
img_8951

Oktober Bumi Samudra

Adik-adik telah melewati bulan September bertemakan Pola Hidup Sehat. Mereka belajar mengetahui bagaimana cara merawat tubuh dengan baik, mengenal makanan sehat, dan berpartisipasi dalam Pekan Olahraga Tetum Bunaya (POTB) sebagai salah satu aplikasinya. Berbagai kegiatan khusus lain juga telah dilakukan seperti mengenal cara berkurban dan pembagian kartu anggota perpustakaan. Pada kegiatan pengenalan cara berkurban, Adik-Adik telah diajarkan bagaimana tata cara memilih hewan kurban, membeli hewan kurban, cara merawat hewan kurban, dan arti penting dari berkurban. Pembagian kartu anggota perpustakaan juga menjadi awal adik-adik untuk semangat membaca maupun meminjam buku di perpustakaan.

Pada bulan Oktober ini, kelas Bumi Samudra mengambil tema Keberagaman Budaya dengan subtema Bulan Bahasa. Salah satu kegiatan dalam rangka memeriahkan Bulan Bahasa yang adalah dengan diadakannya pentas seni yang diikuti oleh seluruh Adik-Adik di SD Tetum Bunaya pada hari Rabu, 26 Oktober 2016. Adik-Adik kelas Bumi Samudra menampilkan pertunjukan menyanyi lagu “Satu Nusa Satu Bangsa” dan musikalisasi puisi yang ditulis salah satu adik kelas Bumi Samudra, dengan judul “Indonesia”. Kegiatan lain yang tak kalah seru yakni dilakukan pada hari Senin tanggal 3 Oktober 2016, Adik-Adik memakai baju batik dan diberi kesempatan untuk menghias kelas dalam suasana batik. Mereka terlihat antusias dan cukup puas dengan kreasi mereka.

Bulan Bahasa

Penampilan di Bulan Bahasa

Menghias kelas dengan nuansa batik

Menghias kelas dengan nuansa batik

Kelas Bumi Samudra juga melaksanakan Ulangan Tengah Semester (UTS) I pada tanggal 10-14 Oktober 2016. Sebelumnya Adik-Adik diberikan kisi-kisi UTS untuk mempermudah dalam belajar. Alhamdulillah mereka terlihat percaya diri saat mengerjakan soal dan bersemangat bertanya kepada Kakak-Kakak tentang mata pelajaran yang belum dimengerti sebagai persiapan. Adik-Adik juga terlihat percaya diri saat mengerjakan soal UTS.

Ujian Tengah Semester I

Ujian Tengah Semester I

Setelah kegiatan UTS I, kelas Bumi tetap berkegiatan. Saat pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam, Adik-Adik melakukan presentasi tentang penggolongan hewan dengan karya yang mereka buat sebelumnya. Dalam kegiatan ini, Adik-adik semangat untuk menyimak dan bertanya. Di pelajaran Matematika, Adik-Adik dijelaskan tentang bagaimana cara mudah dalam menentukan hasil perkalian. Mereka dijelaskan bahwa perkalian adalah penjumlahan yang berulang, sehingga mereka mengerti konsep dasar dari perkalian.

Presentasi IPA

Presentasi IPA

Ketika pelajaran Olahraga, kelas Bumi belajar tentang kebugaran jasmani. Adik-adik melakukan latihan push up, sit up, dan back up. Selanjutnya  mereka berlatih melakukan senam lantai seperti rol depan, sikap lilin, sikap kayang, dan sikap baling-baling. Pada pelajaran Seni Budaya dan Ketrampilan, Adik-Adik membuat wayang kertas. Sebelumnya secara berkelompok, mereka membuat cerita kesukaan mereka dengan tokoh tertentu. Kemudian tokoh dari cerita tersebut dibuat wayang kertas dengan kreasi mereka.

Kegiatan Olahraga

Kegiatan Olahraga

Membuat wayang

Membuat wayang

Di pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial, Adik-Adik belajar tentang denah dan peta. Sebelumnya dijelaskan tentang pengertian, persamaan, dan perbedan antara denah dan peta.  Kemudian dilanjutkan mengenal tentang arah mata angin. Di pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan, Adik-Adik belajar tentang Tanah Air Indonesia. Menyanyikan lagu “‘Satu Nusa Satu Bangsa”, membuat daftar tempat yang sudah di kunjungi di Indonesia, dan mengenal kampung halaman orangtua menjadi kegiatan yang membuat Bumi Samudra lebih dekat dengan Nusantara Indonesia.

Kegiatan IPS

Kegiatan IPS

Ketika pelajaran Bahasa Indonesia, Kak Endah mengajak Adik-Adik untuk membuat paraburger. Adik-Adik membuat burger dari kertas yakni roti sebagai paragraf pembuka dengan beberapa isian seperti  sayuran, buah-buahan, dan keju sebagai isi. Kemudian ditutup dengan roti lagi sebagai paragraf penutup. Wah asyiknya…..! Pada bulan ini kelas Bumi mendapatkan mata pelajaran baru yakni Pendidikan Lingkungan dan Budaya Jakarta (PLBJ) yakni berkegiatan untuk mengenal tentang permainan petak umpet khas daerah Jakarta. Permainan ini sedikit berbeda yakni dengan penggunaan kaleng yang diisi batu-batu kecil sebagai waktu penjaga dan hong untuk pemain yang bersembunyi.

Membuat paraburger

Membuat paraburger

Sekolah Tetum Bunaya pada bulan ini juga melakukan fogging sebanyak dua kali untuk mencegah penyakit DBD oleh nyamuk demam berdarah. Saat fogging ini, Adik-Adik pulang lebih awal yakni pukul 11.30 WIB, satu jam lebih awal dari jam kepulangan biasa. Wah, ternyata banyak kegiatan yang menyenangkan ya di bulan Oktober ini.

Saat sekolah di fogging

Saat sekolah difogging

Semoga hari-hari di kelas Bumi Samudra bertambah asyik serta Adik-Adik semangat untuk belajar dan bermain.