Select Page

Selasa, 25 Oktober 2016

Pagi ini saya di sudut literasi menceritakan kisah nabi Yunus AS di depan adik-adik kelas level bawah Merkurius, Venus dan Bumi.

Kisah nabi Yunus AS saya kutip dari buku Kisah Para Nabi Untuk Anak, pengarang Abul Hasan Ali Al Hasani An Nadawi, diterbitkan oleh Rabbani Press yang ada di Perpustakaan Tetum Bunaya. Di awal, setelah menyapa adik-adik saya memperkenalkan sekilas tentang buku Kisah Para Nabi.

Mendongeng Level Bawah

Dongeng Kelas Bawah

Saya mempersiapkan di depan adik-adik timeline dan peralatan sebagai pelengkap saat saya menceritakan kisah nabi Yunus AS. Saya membuat garis besar dari kertas bekas berwarna cokelat sebagai tanda garis time line. Kemudian ada dua baki dari bahan plastik berwarna biru tua. Baki satu berisi pasir, batu kerikil kecil dan miniatur bangunan dari kertas menggambarkan negeri Irak tempat tinggal nabi Yunus AS. Adapun baki yang satu berisi air, miniatur ikan paus dan miniatur perahu yang terbuat dari botol aqua bekas menggambarkan lautan dimana nabi Yunus AS naik perahu dan ditelan ikan paus.

Alat-alat Mendongeng

Alat-alat Mendongeng Kelas Bawah

Pelajaran yang dapat diambil dari kisah nabi Yunus AS adalah nabi Yunus AS tetap bersabar dan tidak putus asa mengharap ampunan dan pertolongan Allah saat kondisi sesak sempit di dalam perut ikan.

Adik-adik Level Bawah Antusias Mendengarkan Dongeng

Adik-adik Kelas Bawah Antusias Mendengarkan Dongeng

Adik-adik mendengarkan dan menyimak dengan antusias tentang kisah nabi Yunus AS.

 

Kamis, 27 Oktober 2016

Pagi yang cerah, saya sudah berada di sudut literasi menunggu adik-adik kelas level atas Mars, Yupiter dan Saturnus. Mereka datang satu persatu dan bertambah banyak.

Hari ini saya menceritakan kisah tentang nabi Sulaiman AS di depan adik-adik. Rencana awal saya akan mengajak adik-adik bermain peran tentang kisah nabi Sulaiman AS. Namun pertimbangan waktu hanya cukup untuk mendengarkan cerita  tentang nabi Sulaiman AS.

Dongeng Kelas Atas

Dongeng Kelas Atas

Kisah nabi Sulaiman AS saya kutip dari buku Kisah Para Nabi Untuk Anak, pengarang Abul Hasan Ali Al Hasani An Nadawi, diterbitkan oleh Rabbani Press yang ada di Perpustakaan Tetum Bunaya. Setelah menyapa adik-adik saya juga memperkenalkan sekilas tentang buku Kisah Para Nabi.

Ketika bercerita saya membuat time line dan menyiapkan peralatan dua baki. Baki yang satu berisi pasir, miniatur bangunan dan istana yang menggambarkan kerajaan nabi Sulaiman AS yang berada di negeri Palestina. Adapun baki yang satu lagi berisi pasir, miniatur bangunan dan istana yang menggambarkan tempat kerajaan ratu Balqis di negeri Saba (Yaman).

Miniatur

Alat-alat Mendongeng Kelas Atas

Pelajaran yang dapat diambil dari kisah nabi Sulaiman AS adalah nabi Sulaiman tetap bersyukur dan berserah diri hanya kepada Allah atas segala nikmat yang telah diberi, kerajaan yang luas, pengikut yang banyak dari bangsa manusia, jin, binatang, dapat mengerti bahasa binatang dan nikmat ini belum pernah diberikan ke pada manusia yang lain.

Adik-adik mengikuti dan menyimak dengan fokus kisah tentang nabi Sulaiman AS dan Ratu Balqis.

Ditulis oleh Kak Samsul (Samsul Hidayat)