Select Page

Try Out kelasBulan Januari telah dilalui Adik-adik kelas Saturnus dengan penuh semangat. Bulan pertama di semester II setelah menjalani libur selama kurang lebih dua minggu. Pada bulan Januari kelas Saturnus mengambil tema “Siap Melangkah ke Depan”, tema ini untuk lebih mempersiapkan Adik-adik mempersiapkan tahapan kelulusan.

Hari masuk pertama pada tanggal 5 Januari 2017, diawali dengan kegiatan Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH). Adik-adik bercerita tentang liburan dengan membuat gambar kemudian mempresentasikan di depan kelas. Selanjutnya Adik-adik mendata perlengkapan pribadi yang telah dibawa dari rumah untuk disimpan di sekolah seperti peralatan sholat, sandal, dan peralatan gosok gigi. Memasuki tahun baru 2017, Adik-adik membuat kalender secara berkelompok mulai dari bulan Januari hingga bulan Juni. Jadwal pulang Adik-adik sudah mulai seperti biasa yaitu pukul 13.00 dan mengikuti kegiatan sholat dzuhur di sekolah.

Pada tanggal 9 Januari kegiatan belajar telah dimulai kembali, hari pertama Adik-adik mengikuti kegiatan IPA, Bahasa Indonesia, dan Agama.  Jadwal lainnya juga masih sama seperti pada semester I.

SAMSUNG CAMERA PICTURES

Bahasa Indoneseia membaca

Dalam kegiatan Bahasa Indonesia, Adik-adik mengenal tentang makna tersirat dengan membaca buku di perpustakaan secara berkelompok dan menentukan makna tersirat dalam buku yang telah dibaca.

Membaca Al quran bersama dilakukan dalam kegiatan Agama pada bulan Januari saat belajar tentang QS Almaidah dan Al Hujurat. Dalam kegiatan PKn, mengulang kembali materi tentang globalisasi yang telah dipelajari pada kelas sebelumnya.

Pada kegiatan Matematika, Adik-adik kembali mengulang materi tentang pecahan yang telah dipelajari pada kelas Yupiter. Latihan soal diberikan dalam setiap pertemuan untuk melatih Adik-adik saat menemui soal yang berbeda.

Kegiatan IPA mengenalkan Adik-adik dengan sumber listrik, mulai dari baterai yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Contohnya adalah baterai HP, laptop, dan remote, Adik-adik menggambarkan berbagai jenis contoh baterai yang telah disedikan. Setelah mengenal tentang sumber listrik, selanjutnya Adik-adik membuat rangkaian listrik paralel dan seri. Kegiatan dilakukan secara berkelompok dengan menggunakan peralatan papan jalan, kabel, lampu, saklar, dan solatip. Semua rangkaian yang dibuat oleh setiap kelompok dapat menyala.

Pelajaran IPS membahas tentang gejala alam dan bencana alam yang terjadi di Indonesia dan negara tetangga. Melalui video Adik-adik mengenal tentang gejala alam dan terjadinya bencana alam dan cara menghadapi saat terjadi bencana.

SBK membuat hiasan toilet

 

Dalam kegiatan SBK, Adik-adik melakukan kegiatan modern dance yang ditampilkan saat penampilan seni pada akhir semester I. Selanjutnya Adik-adik membuat hiasan toilet dengan tema laut, mulai dari terumbu karang, ikan, dan gurita.

Adik-adik melakukan teknik dasar bola basket dengan drible bola mulai dari tangan kanan, tangan kiri, dan sambil berlari. Kegiatan selanjutnya dilakukan di aula, Adik-adik melakukan latihan kebugaran jasmani dengan push up, sit up, back up secara berurutan masing-masing selama 2 menit.

Kegiatan Bahasa Inggris pada bulan Januari adalah listening cerita dengan judul “Rainbow Snake”, setelah mendengarkan cerita tersebut Adik-adik membuat ringkasan tentang cerita tersebut dan menceritakan kembali. Dalam kegiatan PLBJ Adik-adik mengenal tentang udara bersih. Penyampaian materi melalui video selanjutnya Adik-adik menggambarkan perbedaan lingkungan dengan udara bersih dan udara kotor.

Pramuka menali tongkat

Pada kegiatan Pramuka disampaiakn materi tentang Dasadarma, Adik-adik membaca secara bersama-sama di kelas. Kemudian setiap adik diminta untuk menyebutkan bunyi dasadarma secara berurutan. Selanjutnya kegiatan yang dilakukan adalah mengenal simpul untuk menyambungkan dua tongkat yang dilakukan bersama dengan kelas Mars dan Yupiter.

Kegiatan latihan mingguan telah dimulai kembali dan kegiatan Try Out kelas telah mulai dilakukan pada bulan Januari ini. Try Out kelas dilakukan selam tiga hari sesuai dengan jadwal pelajaran. Pada hari senin pelajaran Bahasa Indonesia, selasa adalah IPA, dan hari Jumat adalah Matematika. Pada kegiatan Try Out kelas dilakukan dengan susunan meja sesuia dengan urutan absen dan menggunakan Lembar Jawab Komputer (LJK) untuk menuliskan jawaban. Adik-adik mengenal cara mengisi LJK mulai dari identitas diri dan cara mengisi jawaban.

Semoga Adik-adik tetap bersemangat dalam mengikuti setiap kegiatan.

 

Ditulis Oleh : Kak Titis (Titis Nur Widiawati)