Select Page
Suasana Pelatihan Camp OSK 2017

Suasana Pelatihan Camp OSK 2017

Olimpiade Sains Kuark (OSK) merupakan ajang kompetisi sains yang terbuka untuk semua siswa SD/MI. SD Tetum Bunaya berkesempatan diundang untuk berpartisipasi pada ajangini.Dengan berbagai pertimbangan, telah dipilih 20 adik untuk mengikuti kompetisi OSK 2017. Mulai dari kelas Bumi Benua, Bumi Samudra, Mars, dan Yupiter. Nah, adik-adik ini kemudian diberikan semacam pelatihan yang dikenal di Tetum Bunaya sebagai Camp OSK 2017. Dari sinilah yang merupakan awal mula tantangan bagi adik-adik peserta OSK 2017.

Pembukaan Camp OSK 2017 diadakan di aula SD oleh Kak Wiwik pada hari Selasa, 10 Januari 2017 dengan cuaca yang hujan. Namun semangat adik-adik di hari pertama Camp OSK tersebut tidak memudar. Telah disampaikan bahwasanya OSK 2017 yang akan dihadapi adik-adik merupakan sarana untuk menambah pengalaman dan tidak dijadikan beban. Adik-adik diharapkan mampu belajar disiplin untuk datang tepat waktu sebelum Camp dimulai dan bertanggungjawab dalam membagi waktu. Adik-adik juga diperkenalkan dengan kakak tutor antara lain Kak Tiara dan KakTitis yang membimbing adik-adik peserta level 3 kemudian ada Kak Uchi dan Kak Piyu yang membimbing adik-adik peserta level 2.

Kegiatan Camp OSK diadakan setiap hari Selasa, Rabu, dan Jum’at dengan adik-adik peserta level 2 berada di aula SD dan adik-adik peserta level 3 berada di perpustakaan. Kegiatan yang dilakukan selalu diawali dengan brain gym untuk mempertajam kefokusan adik-adik. Kemudian dilanjutkan mengerjakan latihan soal dan pembahasan dari kakak tutor.

Selama kurang lebih selama 5 minggu dari tanggal 10 Januari 2017 hingga 10 Februari 2017, adik-adik mengalami banyak perubahan terutama dalam segi kemandirian. Adik-adik sudah cukup mandiri dalam membagi waktu. Adik-adik sudah berlatih dan mengerjakan soal-soal latihan dari komik KUARK dengan cukup baik. Laporan evaluasi Camp OSK juga sudah dikirimkan sebanyak 2 kali ke orangtua adik-adik. Dalam rentang waktu dari tanggal 13-17 Februari 2017, adik-adik peserta OSK diberikan hari tenang yakni hari untuk mengistirahatkan pikiran. Dengan harapan semoga adik-adik tidak terlalu gugup dalam menghadapi babak penyisihan yang akan segera berlangsung.

Tepat hari Sabtu, 18 Februari 2017 merupakan hari babak penyisihan OSK 2017 secara regional. Dengan berseragam putih-birutua, adik-adik didampingi orangtua/wali diantarkan ke lokasi babak penyisihan OSK 2017 yang bertempat di Global Islamic School. Dengan di damping kakak-kakak, adik-adik melakukan registrasi ulang dan mendapat marchandize menarik dari panitia.

Penyambutan adik-adik peserta OSK 2017

Penyambutan adik-adik peserta OSK 2017

Perasaan adik-adik ini beragam ya, ada yang tenang, ada yang gugup, bahkan ada yang masih mengantuk saat di lokasi. Wajar sih, karena banyak yang berangkat pagi pukul 06.00 WIB untuk menghindari macet. Pukul 08.00 WIB, seluruh peserta babak penyisihan OSK 2017 berkumpul di lapangan basket untuk upacara pembukaan. Dengan kalimat penutup, “Let’s reach your dream higher, higher and put your attitude on the top”, MC membuka babak penyisihan OSK 2017 dengan semangat.

Upacara pembukaan babak penyisihan OSK 2017 di Global Islamic School

Upacara pembukaan babak penyisihan OSK 2017 di Global Islamic School

Penempatan adik-adik peserta babak penyisihan OSK 2017 dari SD Tetum Bunaya dibagi menjadi 3 ruang yakni ruang 8, ruang 9, dan ruang 16. Banyak cerita menarik yang disampaikan adik-adik setelah selesai mengerjakan soal babak penyisihan. Sesudah itu, adik-adik menikmati waktu luang mereka untuk melihat pameran sains yang diselenggarakan di lapangan Global Islamic School. Permainan seperti meniup pingpong di atas air, ketapel balon, membuat harmonika kayu, bahkan berfoto pada figura photo challenge dijadikan momen adik-adik dan orangtua untuk menghilangkan stress setelah mengerjakan soal. Wah, seru loh. Bahkan kakak-kakaknyapun ikut-ikutan.

Adik-adik di figur photo challenge

Adik-adik di figur photo challenge

Adik-adik di ruang ujian

Adik-adik di ruang ujian

Semoga adik-adik mendapatkan hasil yang maksimal di pengumuman peserta yang lolos ke babak semifinal yang jatuh pada hari Senin, 13 Maret 2017 nanti. Jika lolos diharapkan adik-adik tetaplah rendah hati dan jikalau belum maka tetap berlapang dada. Tetap semangatya! Ditunggu Camp Sesi 2-nya!

 

Oleh : Taufik Nur Rahmadi (Kak Opik)