Select Page
Merkurius Jingga di akhir Semester I 2016-2017

Merkurius Jingga di akhir Semester I 2016-2017

Tibalah akhir semester I. Adik-adik terlihat sangat gembira menyambut kegiatan di akhir semester I. Banyak kegiatan yang sangat berkesan bagi adik-adik Merkurius Jingga terkait dengan tema bulan ini yaitu lingkungan hidup dan subtemanya adalah merawat tumbuhan dan hewan di sekolahku.

Adik-adik sangat antusias merawat tanaman dan hewan yang ada di sekolah. Di awal kegiatan Adik-adik diajak mengenal tanaman dan hewan yang berada di lingkungan sekolah. Di sekolah SD Tetum Bunaya memang lebih luas sehingga banyak sekali pohon-pohon yang ditanam di halamannya. Ada beberapa hewan peliharaan yaitu ayam dan ikan. Untuk Adik Merkurius ini lebih fokus mengenal dan merawat ikan yang ada di lingkungan sekolah. Adik-adik terlihat senang sekali memberi makan ikan tertutama ikan yang ada di dalam akuarium. Ya, di kelas Merkurius ada akuarium yang diisi beberapa ikan hias.

Selain merawat ikan Adik-adik juga terlihat antusias menanam tanaman obat (jahe, kunyit dan sereh) hingga ada yang berkata, “Besok aku mau bilang Mamiku untuk naik ojek saja biar bisa datang pagi dan siram tanamanku”.

Menanam sereh

Menanam sereh

Kegiatan di bulan ini membuat Adik-adik terlihat lebih semangat ke sekolah dan kegiatan pagi Adik-adik sekarang bertambah tidak hanya sekedar sholat, mengaji, salam dan main tetapi mereka berlomba-lomba untuk menyiram tanaman milik mereka masing-masing.

Menyiram tanaman

Menyiram tanaman

Adik-adik juga diajak merawat lingkungan hidup dengan mengelola sampah, mengenal jenis-jenis sampah hingga membandingkan lingkungan bersih dan tidak bersih. Adik-adik semakin giat merapikan kelasnya sebelum pulang karena tidak ingin sampai menjadi kelas yang kotor.

Sampah organik dan anorganik

Sampah organik dan anorganik

Dari merawat tanaman dan hewan Kakak mengajak Adik-adik berkreasi dengan mencap daun dan membuat pajangan pintu berbentuk ikan yang mereka kolase. Adik-adik semangat sekali melakukan kegiatan ini. “Aku suka kegiatan mengecat” sahut salah satu Adik. Memang kegiatan SBK di bulan ini kita tidak hanya mengkolase tetapi juga mengecat daun dan mengecat hasil kolasenya.

Mengecat hiasan ikan

Mengecat hiasan ikan

Leaves printing

Leaves printing

Tidak hanya kegiatan tentang merawat lingkungan saja, di akhir kegiatan akan ada pembagian rapor dan Adik-adik antusias sekali membuat buku hasil karya. Karna ini adalah pertama kalinya mereka membuat buku hasil karya mereka sendiri.

Membuat buku hasil karya semester I

Buku hasil karya

Di akhir bulan Desember Kakak-kakak SD Tetum Bunaya juga mengadakan kegiatan lomba bersih-bersih kelas. Adik-adik Merkurius Jingga berdiskusi menentukan tema untuk menghias kelas dan kami memutuskan bersama untuk menghias kelas dengan tema Antariksa. Setiap Adik membuat hiasan dari kardus bekas menjadi bentuk benda-benda langit seperti planet, matahari, bintang, bulan bahkan ada yang membuat bentu roket dan astronot. Kami juga membuat perencanaan belanja alat kebersihan bersama-sama dan berbelanja di bazar yang telah disediakan sesuai dengan perencanaan.

Membuat hiasan kelas

Membuat hiasan kelas

Hiasan kelas

Hiasan kelas

Akhir kegiatan semester I ditutup dengan pentas seni. Adik-adik Merkurius Jingga tampil membawakan gerak dan lagu. Ide pementasanpun datang dari Adik-adik sendiri. Mereka membawakan lagu Andai Aku Punya Sayap.

Persiapan sebelum pentas seni

Persiapan sebelum pentas seni

Saat pentas seni

Saat pentas seni

Adik-adik tampil semaksimal mungkin dan Alhamdulillah saat pengumuman lomba kebersihan kelas, Kelas Merkurius Jingga mendapat juara Kelas Terindah. Tidak sia-sia usaha Adik-adik untuk merawat dan menghias kelasnya. Semoga Adik-adik terus semangat menjaga lingkungannya ya..

Horeee, juara kelas terindah

Horeee, juara kelas terindah

 

Ditulis oleh Kak Indri/Indriani