Select Page
Venus Nova di akhir semester I 2016-2017

Venus Nova di akhir semester I 2016-2017

Bulan November dan Desember dibuka dengan tema Lingkungan Hidup dan sub tema Merawat Hewan dan Tumbuhan di Sekitarku. Pada bulan ini Adik-adik diajak mengenal lingkungan hidup di sekitar sekolah dan cara merawat lingkungan hidup. Pengertian lingkungan hidup dan unsur yang terdapat di dalamnya dipelajari di berbagai kegiatan pada setiap mata pelajaran. Pada pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Adik-adik dikenalkan dengan unsur dari lingkungan hidup yaitu manusia, hewan dan tumbuhan. Adik-adik diajak untuk mengenal lingkungan hidup yang ada di sekolah dengan berkeliling menamati tumbuhan dan hewan yang ada di sekolah. Setelah mengalami melihat lingkungan secara langsung, Adik-adik mulai mengidentifikasi lingkungan hidup di sekitar mereka lewat gambar-gambar di dalam majalah. Mereka menggunting dan menempel beragam gambar yang termasuk dalam lingkungan hidup.

Pengenalan dokumen penting di sekolah di lakukan pada pelajaran IPS. Adik-adik melihat langsung cara penyimpanan dokumen berharga milik sekolah. Dokumen-dokumen berharga tersebut disimpan rapi dalam lemari besi dan diberikan kategorisasi yang jelas sehingga memudahkan saat pencarian. Adik-adik juga diajak bertukar cerita tentang cara menyimpan dokumen berharga miliknya di rumah. Pembelajaran terasa menyenangkan karena mereka mengalami dan terlibat langsung dalam kegiatan cara menyimpan dokumen sekolah.

IMG_4144

Mengenal dokumen berharga dan cara perawatannya

Pada pelajaran SBK adik-adik banyak berkreasi dengan bentuk-bentuk geometri. Mereka menggambarkan berbagai benda dari bentuk geometri yang disediakan. Banyak ide-ide kreatif dengan tema lingkungan hidup yang muncul saat pembuatan karya. Dengan bentuk geometri mereka dapat membuat hewan, tumbuhan, manusia, dan berbagai bentuk pola/motif.

Membuat gambar dari bentuk geometri

Membuat gambar dari bentuk geometri

Pada pelajaran Agama Adik-adik mulai memasuki tahap mengenal dan melakukan wudhu dan shalat. Pembelajaran dilakukan secara bertahap mulai dari mengenal niat wudhu, mengenal gerakan wudhu, mengenal niat shalat sunnah duha dan witir, mengenal niat shalat fardhu, mengenal gerakan-gerakan shalat, dan mengenal bacaan shalat. Setelah semua Adik mengenal tentang wudhu dan shalat, pada akhir pembelajaran yaitu saat review Adik-adik mempraktikan semua yang telah dipelajari secara mandiri tanpa arahan dari Kakak. Semua dapat melakukan kegiatan dengan tertib dan gembira.

Belajar sholat berjamaah

Sholat berjamaah

Pada bulan November dan Desember Adik-adik kelas Venus Nova sedang dilanda demam menulis puisi dalam kegiatan Bahasa Indonesia. Pada awal kegiatan menulis puisi banyak Adik yang mengeluh sulit untuk merangkai kata-kata menjadi puisi. Namun setelah dilakukan berkali-kali dalam beberapa pertemuan, kini Adik-adik dapat menikmati setiap kegiatan menulis puisi di sekolah. Mereka menuliskan banyak puisi untuk Kakak-kakak, keluarga, bahkan mendeskripsikan benda dengan puisi. Puisi-puisi yang mereka buat diletakan di dalam sebuah kantong dari bahan flanel yang mereka jahit sendiri dengan inisial nama di depannya. Dengan bangga mereka berkeliling sekolah untuk membagikan puisi yang mereka buat untuk Kakak-kakak dan karyawan Sekolah Tetum Bunaya.

Mencoba memasukan benang

Membuat kantung puisi

Kantung puisiku

Kantung puisiku

Pada pelajaran IPA Adik-adik mulai mengenal tentang benda yang ada di sekitar. Mereka diajak untuk mengenal bentuk dan wujud sebuah benda. Semua yang ada di sekitar kita merupakan benda, ada benda cair dan ada benda padat. Mereka juga dikenalkan secara kongkret perbedaan dari benda padat dan cair melalui percobaan sehingga dapat membedakan ciri-ciri dari benda tersebut. Saat mempelajari perubahan bentu benda, Adik-adik bersemangat meremas kertas dan mengumpulkannya menjadi satu hingga menjadi bola. Mereka juga sangat antusias melakukan percobaan perubahan wujud benda dari cair ke padat dengan memasak puding coklat.

Mengenal bahan membuat agar-agar

Mengenal bahan membuat agar-agar

Adik-adik mulai mengenal konsep penjumlahan dan pengurangan bersusun ke bawah dengan teknik menyimpan dan meminjam pada pelajaran Matematika. Pembelajaran juga dilakukan secara bertahap dari kongkret dengan alat peraga tusuk gigi. Selanjutnya alat peraga mulai abstrak dengan bantuan pagar ataupun bola-bola yang mereka buat di lembar jawaban, hingga ke tahap tanpa alat bantu apapun.

Beragam permainan tradisional mereka kenal saat pelajaran Pendidikan Lingkungan Budaya Jakarta/PLBJ. Adik-adik dikenalkan dengan permainan “Nenek Gerondong” dan “Kuda Bisik”. Adik-adik sangat bersemangat ketika akan memulai kegiatan PLBJ terutama saat akan bermain “Nenek Gerondong”. Mereka akan berusaha keras menang dalam hompimpa untuk menjadi “Nenek Gerondong”. Pemainanan ini pun berlanjut hingga kegiatan pentas seni semester I. Permainan tradisional “Nenek Gerondong” dikemas menjadi sebuah drama persahabatan antara Adik-adik kelas Venus Nova. pementasan berlangsung gembira dan meriah saat Venus Nova tampil memainkan drama di panggung amphi theatre. Tepuk tangan meriah penonton menjadikan semangat Adik-adik lebih menggebu-gebu untuk menampilkan yang terbaik.

Pentas seni

Pentas seni

Pada akhir bulan Desember, SD Tetum Bunaya melaksanakan lomba kebersihan kelas. Lomba kebersihan kelas kali ini bukan hanya menilai tentang aspek kebersihan saja, melainkan juga aspek keindahan, kenyamanan, dan keterjangkauan kebutuhan belajar Adik-adik di kelas. Adik-adik Venus Nova sangat bersemangat menyambut datangnya lomba kebersihan tersebut. Kelas Venus Nova mengambil tema Zoo/kebun binatang sebangai tema kebersihan kelas.

Hiasan dinding kelas Venus Nova

Hiasan dinding kelas Venus Nova

Hiasan gantung

Hiasan gantung

Sesuai tema, mereka pun menyiapkan semua hal yang berhubungan dengan kebun binatang mulai dari hewan buas, jinak, liar, dan hewan peliharaan. Mereka juga mengklasifikasikan hewan darat dan hewan air sebagai hiasan kelas. Kerja keras merekapun tidak sia-sia. Kelas Venus Nova berhasil meraih juara pertama pada lomba kebersihan kelas kali ini. Semoga pada lomba berikutnya Venus Nova dapat mempertahankan kemenangannya dengan tentap memperhatikan kebersihan, kenyamanan, dan keindahan kelas.

 

Ditulis oleh Kak Pipit/Fitri Alawiyah