Select Page
Venus Nova di awal tahun baru 2017

Venus Nova di awal tahun baru 2017

Dalam rangka mengawali tahun baru dan semester yang baru, kelas Venus Nova pada bulan Januari ini diisi dengan tema Aku di Tahun Baru. Tema tersebut diambil karena bertepatan dengan pergantian tahun 2016 menjadi tahun 2017. Tema tersebut bertujuan agar Adik-adik dapat memaknai arti positif dari pergantian tahun untuk menjadi pribadi baru yang lebih baik dan bersemangat dari tahun sebelumnya.

Setelah melewati libur panjang akhir semester I, Adik-adik telah menerima pelajaran kembali di semester II. Pada minggu pertama di bulan Januari, Adik-adik diberikan kesempatan untuk bercerita liburan. Mereka sangat antusias bercerita dengan foto dan buklet liburan yang mereka bawa dari rumah. Meskipun pembuatan buklet liburan tidak diwajibkan, Adik-adik tetap antusias membuat dan membawa k sekolah sebagai alat panduan untuk bercerita.

Bercerita tentang liburan

Bercerita tentang liburan

Di awal kegiatan pada pelajaran Agama, adik-adik diajak untuk merefleksi diri di tahun sebelumnya. Adik-adik juga dibimbing untuk memaknai tahun baru 2017 untuk memperbaiki diri menjadi lebih disiplin dan bersemangat tinggi dalam belajar. Di tahun baru ini, Adik-adik telah membuat perencanaan apa saja yang ingin mereka raih di tahun ini pada pelajaran agama. Banyak harapan yang mereka tuliskan untuk tahun ini. Adik-adik juga mulai mengenal tulisan huruf hijaiyah bersambung dan sejarah tentang penulisan Al-Quran.

Kegiatan Agama

Kegiatan Agama

Menuliskan kegiatan yang ingin dilakukan di tahun ini juga dilakukan pada awal kegiatan di pelajaran Bahasa Indonesia. Adik-adik menuliskan keinginannya dan menghiasnya dengan barang-barang tetum mart. Mendengarkan dongeng Ulat yang Suka Makan dilakukan setelah kegiatan penulisan harapan. Selain mendengarkan dongeng, adik-adik juga membuat buklet cerita dengan gambar-gambar yang indah. Mereka juga menceritakan kembali dongeng yang di dengar dan bermain peran menjadi tokoh-tokoh di dalam cerita. Ada yang menjadi ulat, lebah, burung, dan kupu-kupu. Mereka melakukan kegiatan dengan kegembiraan.

v4

Kegiatan Bahasa Indonesia

v5

Cerita Ulat yang Suka Makan

Pada pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan adik-adik mulai mengenal istilah musyawarah dalam menentukan keputusan bersama. Musyawarah dilakukan untuk menentukan permainan apa yang akan dimaikan di dalam kelompok. Adik-adik juga dilatih untuk mengendalikan emosi jika pendapat mereka tidak di terima di dalam kelompok. Sikap menerima kekalahan juga ditekankan pada materi ini.

Saat pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial adik-adik mulai mengenal peran dalam keluarga. Mereka dikenalkan bahwa di dalam keluarga, setiap anggota memiliki peran yang berbeda-beda. Peran anggota keluarga tiap-tiap keluarga teman berbeda dengan peran keluarga teman lainnya.

Adik-adik belajar mengenal waktu saat pelajaran matematika. Mereka mulai diajarkan cara membaca jam analog dan membuat urutan waktu sesuai dengan kegiatan mereka sehari-hari. Dengan demikian diharapkan Adik-adik dapat lebih menghargai waktu yang mereka miliki.

Mengenal waktu dengan membuat jam

Belajar mengenal waktu 

Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dibuka dengan mengenal sumber-sumber energi yang digunakan oleh manusia. Pengenalan sumber energi dimulai dari energi panas matahari dan energi panas lain seperti api. Adik-adik juga mengenal alat-alat rumah tangga yang menghasilkan energi panas serta kegunaan energi panas dalam kehidupan sehari-hari.

Mengenal energi panas

Mengenal energi panas

v8

Pada semester II ini adik-adik mulai dikenalkan dengan seni musik. Pelajaran seni musik pada bulan ini diawali dengan mengenal lagu nasional Garuda Pancasila dan mengenal berbagai sumber bunyi yang dihasilkan oleh benda bukan alat musik seperni piring, gelas, dan kentongan.

Pelajaran Bahasa Inggris juga mulai aktif kembali di semester ini. Pada semester ini adik adik telah belajar please and thankyou dan plural. Belajar bahasa inggris begitu menyenangkan karena diselingi dengan permainan dan lagu yang berhubungan dengan materi pembelajaran.

Semoga pada bulan-bulan berikutnya Adik-adik dapat lebih bersemangat dan menikmati pembelajaran yang dilakukan di kelas.

 

Ditulis oleh Kak Pipit/Fitri Alawiyah