Select Page
"Ekspresiku" Merkurius Jingga 2016-2017

“Ekspresiku” Merkurius Jingga 2016-2017

Pagi di awal bulan Februari ini dibuka dengan pertanyaan Adik-adik tentang karyawisata. “Kak ayo cepet dong kasih tau kemana kita karyawisatanya?” sahut seorang adik. “Iya Kak kan sekarang udah Februari “ timpal adik lainnya. Hehe, sejak bulan lalu pertanyaan itu selalu muncul ditengah-tengan perbincangan kita semua di lingkaran dan Kakak selalu menjawab, “Nanti  akan tahu kalau sudah bulan Februari”. Adik-adik sangat antusias untuk kegiatan karyawisata itu sehingga mereka berusaha sabar dan selalu menghitung sisa hari di bulan Januari.

Memasuki bulan Februari tentunya tema kegiatanpun berbeda dengan bulan sebelumnya. Bulan ini tema kegiatan belajar Adik-adik Merkurius adalah Ekspresi. Di bulan ini kegiatan pembelajaran di kemas sesuai dengan tema. Diawali dengan kegiatan IPS yaitu adik-adik mengenal macam-macam ekspresi wajah yang pernah mereka lihat. “Ekspresi itu senang kak” jawab seorang adik di lingkaran. “Marah kak, nangis, malu, kaget, sedih”, sambung Adik-adik yang lain. Kemudian setelah Adik-adik menyebutkan ekspresi wajah yang mereka ketahui kini Adik-adik diajak bermain permainan Tunjukan Ekspresimu dan selanjutnya mereka bersama-sama membuat papan ekspresi yang bisa diisi setiap hari. Adik-adik menggambarkan perasaanya dengan bentuk ekspresi wajah kemudian di tempel.

Papan Ekspresi Merkurius Jingga

Papan Ekspresi Merkurius Jingga

Di kegiatan SBK mereka mengekspresikan diri dengan membuat gambar mosaic dari kertas origami dan juga menggambar wajah temannya. Setiap Adik memilih pasangan untuk digambar wajahnya. Adik-adik selalu senang dengan kegiatan SBK ini dan hasil gambar Adik-adik semuanya kereeeen.

Mosaic dari kertas origami

Membuat mosaic

Mosaic dari kertas origami

Mosaic dari kertas origami

Selain kegiatan SBK Adik-adik juga selalu menunggu-nunggu kegiatan Bahasa Inggris. Kegiatan Bahasa Inggris di bulan ini juga tentang “My Feeling”. Adik-adik diajak membuat sebuah dadu. Jadi disetiap sisi dadu digambar ekspresi wajah senang, sedih, terkejut, takut dan marah. Mereka juga melakukan permainan semacam permainan ular naga dengan nyanyian Bahasa Inggris dan yang tertangkap harus menyebutkan perasaan dan alasannya.

IMG_2217

Kegiatan IPA bulan ini, Adik-adik diajak mengenal kebutuhan tubuh. Di kegiatan ini Adik-adik diajak mencicipi beberapa buah sebagai makanan sehat. Mereka juga dapat mengekspresikan perasaannya saat kegiatan ini dengan menyebutkan mana buah yang disukai dan mana yang tidak. Untuk kegiatan Matematikanya Adik-adik diajak mengenal  bentuk bangun datar dan Adik-adik membuat dua kantung berwarna hijau dan biru dengan bentuk segiempat. Sedikit sulit untuk kegiatan menjahit ini tetapi Adik-adik sangat hebat untuk terus menyelesaikan jahitannya.

Sedangkan di kegiatan Bahasa Indonesia Adik-adik menyebutkan ciri-ciri benda yang dibawanya ke sekolah kemudian mereka diminta untuk menggambarkan benda-benda tersebut serta menulis namanya di kertas bergaris dua.

IMG_7737

Menulis nama benda

Selain kegiatan-kegiatan di atas Adik-adik juga mulai mengenal Mading (Majalah dinding) dengan membuat mading mini. Kakak membagi Adik-adik menjadi tiga kelompok dan setiap kelompok mendapatkan sebuah tema untuk membuat mading mini. Tema mading merupakan suatu materi yang sudah dipelajari dan Adik-adik diajak berkunjung ke perpustakaan sekolah untuk mencari bahan mading. Setiap kelompok diberi kebebasan untuk mengekspresikan diri dalam membuat mading kelompok tersebut. Mereka menggunting dan menempel gambar dari majalah bahkan ada yang menggambarnya sendiri.

Berkunjung ke perpustakaan sekolah

Berkunjung ke perpustakaan sekolah

IMG_0683

Mading kelompok

Bulan ini di kegiatan PKn Adik-adik juga melakukan tugas harian yang melatih kemandirian Adik-adik lebih dalam lagi. Setiap hari Adik-adik harus mengisi lembar kerja dengan tanda ceklis atau silang pada kegiatan yang ada dalam lembar kerja. Saat Kakak membagikan map tugas yang harus dibawa setiap hari, beberapa Adik terlihat senang dan salah satu Adik berkata, “Kak aku seneng dapet PR” sambil tersenyum. Selama satu bulan tidak semua Adik konsisten mengerjakan tugas tersebut, beberapa Adik sering tidak membawa tugasnya. Semoga di bulan-bulan berikutnya dapat lebih bertanggung jawab.

Terakhir kegiatan yang paling seru dan selalu ditunggu Adik-adikpun tiba. Selasa, 21 Februari adalah hari dimana Adik-adik pergi karyawisata. Tahun ini kelas Merkurius Karyawisata ke Taman Buah Mekarsari. Adik-adik sangat antusias walau hari itu diawali dengan hujan deras namun keceriaan mereka terlihat jelas sejak kedatangan. Di Mekarsari Adik-adik mengenal cara menanam padi yang disebut Tandur (Tanam mundur), mencoba memandikan kerbau, menangkap ikan, berekspresi dengan melukis caping dan menari padi. Setelah itu Adik-adik berkeliling taman buah naik kereta Mekarsari. Adik-adik terlihat sangat menikmati perjalanan dan kegiatan karyawisata. Esok harinya di sekolah salah satu adik berkata pada Kakak, “Kak, nanti di Venus karyawisatanya ke Mekarsari lagi ya” dan dengan kompak adik lainnya menimpali “Iya Kak, seruuu!!!”.

Memandikan kerbau

Memandikan kerbau

SAMSUNG CAMERA PICTURES

Karyawisata Merkurius 2016-2017

Kegiatan bulan Februari sepertinya sangat berkesan bagi Adik-adik tidak hanya kegiatan di kelas dan karyawisata, di bulan ini juga Adik-adik Merkurius menjadi petugas upacara untuk pertama kalinya. Bulan Februari ini mereka terlihat lebih senang dari biasanya.

 

Ditulis oleh Kak Indri/Indriani