Select Page
Menyimak penjelasan Pak Tani

Merkurius Abu-abu 2016-2017

Bulan Februari telah berlalu, pada bulan itu Adik-adik belajar dan bermain dengan tema Ekspresi dan subtema Ekspresi Bersama Keluarga. Kegiatan yang dilakukan mendapatkan komentar seru dari Adik-adik. Pada pelajaran agama Kak Samsul mengajarkan syahadat malalui lagu, mereka sudah hafal dengan lagu dua kalimat syahadat. Adik-adik ditanya pada saat kapan saja mendengar syahadat, ada yang menjawab saat shalat dan saat adzan.

Pada kegiatan PKn di bulan ini Adik-adik membawa tugas yang dilakukan sehari-hari di rumah. Mereka sangat senang saat diberikan tugas yang dibawa ke rumah oleh Kakak. Ada yang berkomentar “Kak tugasnya gampang banget” atau “Kak aku setiap hari biasanya dibantu sama Bunda” dan lain-lain. Tugas tersebut setiap harinya dibawa ke sekolah dengan map kuning untuk diperiksa dan ditanda tangan Kakak. Jika saat libur hari Sabtu Minggu tidak diisi tidak apa-apa karena tidak ke sekolah, namun jika ada yang mengisi karena setelah berpergian juga diapresiasi oleh Kakak. Tujuan dibuatkan aktivitas di rumah untuk melatih kemandirian yang terlihat dari tugas yang dilakukan sendiri dan kedisiplinan dari tugas yang dibawa setiap hari atau belum. Selain itu mengingat kembali cara menulis jurnal mulai dari membuka buku, posisi tubuh, antri mengambil dan menyimpan jurnal juga mengecek kembali tulisan yang dicontohkan Kakak. Adik-adik diajak memperhatikan kembali apakah tulisannya sudah sesuai dengan garis double line atau belum.

Kegiatan Bahasa Indonesia dengan mendeskripsikan benda-benda yang dibawa ke sekolah dan dituliskan pada kertas bergaris dua. Pada semester 2 ini Adik-adik menulis kegiatan di kertas bergaris dua untuk mengasah kembali tulisan mereka. Pada kegiatan IPA mengenal makanan sehat dan menyebutkan apa saja yang dibutuhkan oleh tubuh. Mereka menyebutkan kebutuhan tubuh seperti olahraga, makan dan minum yang sehat juga istirahat cukup. Kegiatan penutupnya Adik-adik mencicipi buah yang dibawa dari Mekarsari yaitu alpukat, jeruk, jambu biji, salak dan belimbing. Beberapa Adik yang tidak menyukai salah satu dari buah-buahan tersebut namun mereka tetap semangat mencoba sampai habis karena Kakak diawal meminta Adik-adik untuk mencoba semua buahnya.

Mencicipi buah segar

Mencicipi buah segar

Salah satu Adik ada yang sampai menangis karena tidak menyukai buah jambu, akhirnya Ia mendapat semangat dari teman-teman dan akhirnya Ia menghabiskan buah jambunya.

Salah satu kegiatan seru yang disukai Adik-adik yaitu menjahit. Mereka membuat kantong dari bentuk persegi dan dihias dengan bentuk lingkaran, kantong terbuat dari kain flanel berwarna biru dan hijau. Mulai dari memasukkan benang sampai menjahit mereka lakukan sendiri, Kakak mengajarkan menjahit dengan tusuk feston. Kegiatan menjahit ini termasuk kegiatan matematika yaitu mengenal bentuk geometri dan puluhan satuan. Puluhan dan satuan memakai simbol warna, warna hijau untuk satuan dan warna biru untuk puluhan. Kegiatan ini akan berlangsung dibulan berikutnya yaitu dilanjutkan dengan meronce.

Seluruh kegiatan di bulan Februari merupakan ekspresi Adik-adik, mereka menunjukkan ekspresi pada tiap kegiatan juga termasuk pada pelajaran IPS dan bahasa Inggris.

Pada bulan ini Adik-adik mendapat giliran menjadi petugas upacara pramuka. Hal ini merupakan yang sangat ditunggu sejak semester 1. Semua ingin mencoba menjadi petugas, mereka dengan semangat dan percaya diri menjadi petugas upacara.

Menjadi petugas upacara

Menjadi petugas upacara

Kegiatan lain yang sangat ditunggu Adik-adik adalah karyawisata ke Mekarsari. Mereka sudah menunggu dengan sabar dari bulan sebelumnya. Saat diberitahukan ke Mekarsari mereka sangat senang dana antusias. Setiap hari Adik-adik bertanya kapan dan apa saja yang dibawa saat karyawisata.

Menari Tari Padi

Karyawisata “Menari Tari Padi”

Semoga dibulan-bulan berikutnya Adik-adik selalu semangat melakukan kegiatan yang seru dengan ekspresi yang bahagia di kelas Merkurius Abu-abu.

 

Ditulis oleh Kak Nita/Akhlisi Niata