Select Page

Pada hari Sabtu tanggal 4 Februari  2017 pukul 08.00 – 11.15 WIB bertempat di Gedung Kelompok Bermain dan dihadiri oleh 23 orangtua murid Kelompok Bermain. Saat datang Ayah Bunda disambut oleh Kak Dewi dan Kak Lusi, Ayah Bunda mengisi daftar hadir  dan mendapatkan pin berbentuk bunga dan daun yang terbuat dari barang bagus.

1

Ayah/Bunda saat absen

Adik-adik  yang  datang  langsung di antar ke kelas langit, untuk bermain bersama teman-teman yang lain dengan di dampingi Kakak-kakak.

2

Adik-adik bermain di kelas Langit bersama Kakak

Kak Endah memberikan sambutan  dan  memperkenalkan Tim Kelompok Bermain yang terdiri dari Kak Aas, Kak Ratna, Kak Diyah dan Bu Afi.

3

Perkenalan Kakak-kakak KB bersama Kak Endah

Kak Aas dan Kak Ratna mempresentasikan kegiatan  Adik-adik Kelompok Bermain. Kak Aas menjelaskan kegiatan khusus yang telah dilakukan di semester I dan yang akan dilakukan  di semester II. Kak Dewi memperkenalkan Perpustakaan Tetum Bunaya dan  menceritakan tentang kunjungan Adik-adik Kelompok Bermain  ke Perpustakaan  Tetum Bunaya. Kak Irma menjelaskan tentang pembagian kelompok  yang disesuaikan dengan warna pin yang mereka pakai. Masing-masing kelompok akan mengikuti   kegiatan  dan Kak Irma  yang akan mengarahkan tiap  kelompok  untuk mengikuti  kegiatan selanjutnya.

Kegiatan Finger Painting

Kegiatan Finger Painting

Kegiatan Memeras Spon

Kegiatan Memeras Spon

Kegiatan membuat karya dari barang bagus

Kegiatan membuat karya dari barang bagus

Kegiatan Makan Bersama

Kegiatan Makan Bersama

Kegiatan Berjalan Memindahkan Bola

Kegiatan Berjalan Memindahkan Bola

Sharing kegiatan :

  • Perwakilan kelompok Hijau : Papa Timur

Papa Timur mengatakan acaranya seru, dan menyenangkan terutama saat melakukan  lima kegiatan, kegaiatan yang berkesan bagi kami saat membuat karya, kami menyatukan ide dan saling bekerja sama dalam membuat karya, kami sepakat membuat mobil dari botol minuman, setelah berkeringat membuat karya, kami diberi kesempatan untuk makan bersama, kami merasa senang. Pada kegiatan lain, seperti memeras spons, finger painting  dan memindahkan bola,  kami jadi semakin memahami  kegiatan yang dilakukan Adik-adik disekolah.

  • Perwakilan dari kelompok merah : Mama  Nabila Kirana

Mama  mengatakan merasa senang, dengan adanya acara ini jadi saling kenal satu sama lain, jadi lebih akrab dan bisa saling sharing  dengan orang tua murid kelompok bermain,  dengan mengikuti kegiatan-kegiatannya , kami jadi mengetahui  yang dilakukan Adik-adik di sekolah, dan kami akan berusaha menerapkan dirumah agar apa yang di ajarkan di sekolah dan di rumah itu sama.

  • Perwakilan dari kelompok Jingga disampaikan oleh Abi Neeta,

Abi  mengatakan merasa senang   mengikuti kegiatan seperti ini, saat kegiatan membuat hasil karya, awalnya kami bingung mau membuat apa? dengan waktu yang terbatas, kami  berinisiatif membuat sesuatu  dan akhirnya di gabung  menjadi  sebuah karya “taman bermain”. Untuk kegiatan lainnya, kami baru mengetahui  ternyata kegiatan yang dilakukan itu banyak tata cara dan aturan-aturannya, seperti  saat memeras spons harus dari kiri ke kanan, memasukkan kursi  juga harus di angkat,  bahkan mau makan saja harus repot seperti itu. Demikian sharing Abi Neeta

  • Perwakilan dari kelompok Biru disampaikan oleh Dady Sarah

Dady mengatakan bahwa kami merasa senang, acara hari ini cukup menarik, kegiatan yang kami lakukan tadi membuat kami merasakan apa yang dilakukan adik-adik di sekolah, kegiatan yang dilakukan semua ada tujuannya.  Dari awal memang kami sudah percaya dengan Tetum. Makanya untuk tumbuh kembangnya anak-anak, kami pasrahkan pada Tetum.

Sesi Tanya jawab :

Sebelum ada yang bertanya, Kak  Aas menjawab pertanyaan  yang di ajukan via email:

  1. Pertanyaan Papa Deo : “Deo terlihat antusias ketika melihat kelompok lain yang terdiri dari lebih banyak anak, apa ada kegiatan yang bisa dilakukan bersama dengan kelas lain sesekali?”

Jawab : Deo memang senang bermain dengan banyak teman, untuk itu kami  memang ada kunjungan  ke kelas kakak dan bermain bersama mereka

  1. Pertanyaan Bapak Karin: “Apakah orientasi ini juga bertujuan dan berhubungan dengan pembentukan karakter mandiri pada anak?”

Jawab : Orientasi ini berhubungan  dengan pembentukan karakter  mandiri pada anak, tentu saja  karena yang kami jelaskan disini adalah  kemandirian, bagaimana anak bisa mandiri di sekolah  tapi di rumah tidak? Untuk itulah kami mengundang Ayah Bunda,  untuk dapat  mengikuti  kegiatan yang  pernah Adik-adik lakukan di kelas. Butuh kesabaran  tentunya dan itu semua proses.

  • Bunda Sherine bertanya langsung saat acara Orientasi KB:

“Bagaimana proses peralihan dari KB ke TK, karena yang sering terjadi anak-anak belum bisa move on, apalagi dari perbedaan waktu dari KB waktunya hanya 3 Kali dalam seminggu dan hanya 2 jam saja, sementara di TK harus berangkat tiap hari dari senin sampai jumat dan di mulai  dari jam 7.00 -11.00. Bagaimana cara mengatasinya?”

Jawab :

Adik-adik perlu adaptasi lagi dengan kelas  dan  Kakak-kakak yang baru, perlu waktu dan  semua itu proses. Kami akan mengajak Adik-adik berkunjung  ke kelas Langit  dan berkenalan  dengan Kakak-kakak yang ada di kelas tersebut, agar nanti mereka tidak merasa asing dengan Kakak kelas Langit. Bila nanti Adik-adik sudah di kelas Langit, kami akan berkunjung  untuk  memberikan  motivasi  dan semangat pada mereka.

 

Pemilihan Korlas :

Kak  Endah memakaikan Topi Tetum kepada Bunda Neeta , Bunda Sarah Tabina, dan Mommy Arsa sebagai pengesahan korlas di Kelompok Bermain. Di penghujung acara Kami berfoto bersama.

Foto Bersama Ayah/Bunda dan Kakak-kakak

Foto Bersama Ayah/Bunda dan Kakak-kakak

Kemudian Ayah/Bunda menjemput Adik-adik di kelas Langit. Alhamdulillah acara berjalan dengan lancar.