Select Page

Pada hari Sabtu 4 Maret 2017 kegiatan orientasi kelas Bumi dilaksanakan di Aula SD Tetum Bunaya. Persiapan telah dilakukan di hari sebelumnya dan di pagi hari sebelum orang tua datang. Ketika pukul 08.00 orang tua murid mulai berdatangan, suasana sangat mendukung dengan cuaca pagi yang cerah.

Orangtua Menulis Absen

Orangtua Hadir dan Menulis Absen

Kegiatan dibuka Kak Samsul pada pukul 08.30 dengan menyapa orang tua dan dilanjutkan dengan doa. Setelah doa, Kak Samsul membacakan rundown kegiatan hari ini. Mulai dari perkenalan Kakak-kakak hingga pemilihan koorditor kelas. Kak Winni mengucapkan selamat datang kepada Ayah/Bunda dan memperkenalkan tim hebat di SD Tetum Bunaya. Kemudian dilanjutkan dengan memperkenalkan Kakak-kakak yang terlibat di kelas Bumi.

Pembukaan dan Doa

Pembukaan dan Doa

Perkenalan Kakak-kakak

Perkenalan Kakak-kakak

Pukul 08.40 Kak Ami dan Kak Uchi mempresentasikan sistem pembelajaran di kelas. Bagaimana Adik-adik mengenal setiap pelajaran dengan cara kongkrit menuju abstrak. Salah satu contohnya dalam pelajaran Agama Islam, mereka mengenal sifat Allah dengan cara kongkrit melalui pengamatan benda di sekitar sekolah (tumbuhan, hewan, bebatuan, dll). Kemudian Adik-adik diajak menyanyikan lagu sifat wajib Allah sebagai bentuk pembelajaran abstraknya. Selanjutnya Kak Ami dan Kak Uchi menjelaskan tentang proses pengambilan nilai serta target yang akan dicapai Adik-adik kelas Bumi.

IMG_4589

Presentasi Kegiatan di Kelas Bumi

Pukul 09.20 Kak Winni presentasi tentang kemitraan sekolah dengan orangtua. Kak Winni mengucapkan terima kasih kepada Ayah/Bunda atas partisipasinya saat parents of the week dan syukuran ulang tahun Adik. Kemudian dilanjutkan dengan penjelasan web program kelas di bumi.sekolahtetum.org dan bentuk komunikasi sekolah yang lainnya.

Presntasi Kemitraan Sekolah dan Orangtua

Presentasi Kemitraan Sekolah dengan Orangtua

Kemudian dilanjutkan dengan Kak Dewi mempresentasi perpustakaan Sekolah Tetum Bunaya pukul 09.40. Sebelum menjelaskan tentang perpustakaan Kak Dewi mengajak orang tua untuk salam literasi dan di jawab dengan “Aku Pasti Bisa” sambil menunjukkan jari seperti huruf L. Wah orang tua melakukannya dengan kompak.

Salam Literasi "Aku Bisa"

Salam Literasi “Aku Pasti Bisa”

Pengenalan Perpustakaan

Pengenalan Perpustakaan

Setelah mempresentasikan perpustakaan, waktunya untuk istirahat. Wah menunya enak dan sehat, ada kacang rebus, singkong thailand, dan buah melon. Orang tua sangat menikmatinya sambil mengobrol santai dan melihat-lihat display yang ada. Adik-adik yang datang ke kegiatan orientasi, bermain bersama Kakak dan teman yang lain di kelas Bumi dan di taman Kelompok Bermain.

Istirahat

Istirahat

Makan Bersama

Makan Bersama

Makan Bersama dan Mengobrol Santai

Makan Bersama dan Mengobrol Santai

Pukul 10.00 sesi tanya jawab di mulai, sebelumnya ada games terlebih dahulu bersama Kak Opick tentang “berpikir sebelum menjawab”. Orang tua terhibur dengan games yang diberikan. Ayah/Bunda menyampaikan pertanyaan yang berkaitan dengan pendampingan Adik-adik saat belajar di rumah, sistem pembelajaran di kelas Mars, dan menyikapi Adik-adik yang mulai keluar dari peraturan yang ada. Ada juga beberapa masukan dari orang tua yang dapat membangun sekolah, karena Sekolah Tetum Bunaya masih terus tumbuh dan belajar.

Games Bersama Kak Opick

Games Bersama Kak Opick

Sesi Tanya Jawab

Sesi Tanya Jawab

Kegiatan selanjutnya yang ditunggu-tunggu adalah pemilihan koordinator kelas. Kak Ami menjelaskan bahwa koordinator kelas akan di bagi menjadi dua, Bumi Benua dan Bumi Samudra. Koordinator kelas ini akan berlaku hingga pemilihan koordinator berikutnya.

Koordinator Kelas Bumi Benua dan Bumi Samudra

Koordinator Kelas Bumi Benua dan Bumi Samudra

Setelah pemilahan koordinator kelas, Kak Samsul menutup kegiatan Orientasi Kelas Bumi dengan membaca hamdallah pada pukul 10.30. Semoga dengan Orientasi ini dapat menyatukan dan menyamakan persepsi antara sekolah dan orang tua. Kemudian Ayah/Bunda dan Kakak-Kakak foto bersama di lapangan basket.

Foto Bersama

Foto Bersama

Ditulis oleh Uchi Damaliah (Kak Uchi)