Select Page
Karyawisata Kelas Venus 2016-2017

Karyawisata Kelas Venus 2016-2017

Selasa, 28 Maret 2017 Adik-adik kelas Venus SD Tetum Bunaya melaksanakan karyawisata ke Taman Buah Mekarsari yang terletak di Cileungsi, Jonggol, Jawa Barat. Pukul 05.30 pagi Adik-adik mulai berdatangan di kampus Akademi Pimpinan Perusahaan (APP) sebagai titik kumpul keberangkatan hari ini. Mereka sangat bersemangat karena akhirnya dapat berkaryawisata ke Taman Buah Mekarsari.

Cuaca pagi itu lumayan dingin. Sebelum berangkat, kami semua menyempatkan diri berfoto bersama dengan Ayah/Bunda di depan bus bersama-sama. Setelah berfoto dengan berbagai gaya, Adik-adik mulai memasuki bus dan duduk teratur menempati kursi yang kosong. Sebelum memulai perjalanan, Adik-adik terlebih dahulu diabsen kehadirannya oleh Kakak. Kakak juga memimpin doa sebelum keberangkatan dengan membaca surat Al Fatihah dan doa naik kendaraan agar diberikan keselamatan selama perjalanan. Sekitar pukul 06.15, perlahan-lahan bus mulai meninggalkan kampus APP dan memulai perjalanan menuju Taman Buah Mekarsari dengan membunyikan klakson telolet. Sontak adik-adik berteriak “Om lagi Om, telolet Om”. Pak supir tersenyum dan berjanji akan membunyikannya lagi apabila adik-adik mulai duduk tenang selama perjalanan.

Foto bersama sebelum berangkat

Foto bersama sebelum berangkat

Di dalam bus, suasananya sangat gembira dan bersemangat. Selama perjalanan selalu terdengar gelak tawa gembira dari Adik-adik.  Mereka bernyanyi bersama, menikmati bekal bersama, dan bergembira ria bersama. Adik-adik sangat menikmati perjalanan hingga tempat tujuan, tak henti-hentinya mereka bertanya kepada Kakak tentang lokasi saat ini “Ini dimana ya Kak?” atau bertanya tentang suatu bangunan yang asing bagi mereka “Itu tempat apa Kak?”.

Menikmati perjalanan

Menikmati perjalanan

IMG_3153

Di dalam bus mereka bergembira bersama dengan menonton film Dodo tentang alam kehidupan yang dijalani manusia. Adik-adik sangat senang karena pengetahuan mereka bertambah yang disampaikan dengan media yang menyenangkan. Selain menonton film, Adik-adik juga berkaroke lagu anak bersama-sama. Mereka juga menyenyikan lagu Anugerah dan Pemandangan alam yang mereka kenal pada pelajaran SBK di sekolah. Lagu soundtrack film Moana dan Frozen menjadi pilihan lagi favorit mereka.

Perjalanan terasa lancar karena tidak banyak menemui kemacetan. Sehingga pada pukul 08.00 kami sudah sampai di area parkir Taman Buah Mekarsari. Adik-adik bersorak gembira dengan berteriak “Yee, sampai. Alhamdulillah”.

Saat sampai Adik-adik langsung berbaris sesuai kelompoknya. Dengan tertib Adik-adik berjalan berbaris menuju pintu masuk Taman Buah Mekarsari. Karena tiba lebih awal, kami menyempatkan diri untuk berfoto bersama di pintu masuk taman. Adik-adik juga bergantian mengukur tinggi badan yang tersedia di pintu masuk. Anak-anak dengan tinggi kurang 100 cm bisa gratis masuk ke dalam Taman Buah Mekarsari. Namun ternyata Adik-adik kelas Venus sudah melebihi dari garis free namun semua bergembira bersama karena telah tumbuh tinggi.

Gerbang masuh Taman Buah Mekarsari

Gerbang masuh Taman Buah Mekarsari

Pukul 08.30 pemandu tiba dan kami langsung di ajak menuju gedung informasi sebagai titik berkumpul sebelum menuju lokasi Family Garden. Sebelum memulai kegiatan, pemandu menjelaskan rangkaian kegiatan yang akan dilakukan. Adik-adik diberikan penjelasan terlebih dahulu tentang Taman Buah Mekarsari dan di ajak berkeliling gedung informasi yang banyak memuat informasi tentang Taman Buah Mekarsari. Pukul 09.00 adik-adik diajak menuju area Family Garden untuk memulai rangkaian kegiatan Paddy Village

Horeeee

Horeeee

Kegiatan pertama yang dilakukan Adik-adik adalah melukis caping. Mereka duduk sesuai kelompok yang telah dibagi dan duduk melingkar dengan caping dan cat di depannya. Adik-adik sangat gembira dapat melukis caping sesuai keinginan mereka. Setelah selesai melukis caping, kegiatan dilanjutkan dengan menari Tarian Padi yang berasal dari Jawa Barat. Dengan gembira adik-adik mengikuti arahan penari yang menari berlenggok ke kanan dan ke kiri. Meskipun ada yang kesulitan mengikuti gerakan Tarian Padi, Adik-adik tetap berusaha menari dengan terus bergerak, berputar, dan melompat dengan riang gembira.

Melukis caping

Melukis caping

IMG_3261

Menari Tari Padi

Menari Tari Padi

 

Selanjutnya Adik-adik berkesempatan mencicipi manisnya ubi madu cilembu bakar sebagai makanan ringan sebelum melanjutkan kegiatan. Awalnya beberapa Adik mengeluh tidak suka dan tidak ingin memakannya. Setelah mencoba satu gigitan, mereka pun berteriak “Enaakkk Kak, manis banget. Aku mau lagi dong”.

Mencicipi ubi rebus

Mencicipi ubi rebus

Enaaakkk

Enaaakkk

Keseruan belum berakhir karena tiba saatnya bagi Adik-adik turun ke sawah berlumpur untuk menanam padi secara tandur. Satu persatu mendapatkan satu genggam bibit padi yang akan mereka tanam. Pak petani memberikan arahan cara memegang padi dengan tiga jari seperti memegang pensil. Lalu bibit padi di tanam di lumpur dengan cara mundur. Setelah paham, mereka langsung turun ke sawah dan mulai menanam mundur (tandur).

Menanam dengan menggunakan tiga jari

Menanam dengan menggunakan tiga jari

Tandur

Tandur

Tak lengkap rasanya bila ke sawah hanya menanam padi. Selain menanam padi, Adik-adik juga diajak memandikan kerbau yang biasanya membantu Pak Tani membajak sawah. Adik-adik sangat bergembira dan ternyata mereka tidak takut dengan hewan kerbau yang sangat besar yang juga memiliki dua buah tanduk yang panjang. Mereka menyiram dan menggosok badan kerbau bersama-sama dengan gembira.

Serunya memandikan kerbau

Serunya memandikan kerbau

IMG_3372

Kegiatan bermain lumpur ditutup dengan menangkap ikan. Mereka berlomba-lomba menangkap ikan mas dan nila yang berenang-renang di lumpur. Selain mendapat ikan, ada salah satu adik yang juga mendapatkan kepiting. Dengan berani Ia memegang kepiting dan memberikan kepada Kakak untuk dimasukan ke dalam plastik miliknya. Semua Adik berlomba-lomba menangkap ikan, ada yang berhasil mendapat dua, bahkan mendapat tiga ekor, namun ada juga yang tidak berhasil mendapat ikan. Adik-adik yang tidak berhasil menangkap ikan tidak perlu kecewa karena setiap adik berhak membawa pulang masing-masing satu ekor. Adik-adik yang mendapat lebih dari satu ekor pun bersedia berbagi dengan teman yang tidak berhasil mendapat ikan.

Menangkap ikan di kolam lumpur

Menangkap ikan di kolam lumpur

IMG_3407 (1)

Kegiatan bermain lumpur pun telah berakhir. Adik-adik didampingi Kakak pendamping kelompok membersikan diri di tempat yang telah disediakan. Setelah semua selesai membersihkan diri, Adik-adik beristirahat di gazebo sambil menikmati makan siang yang sudah disediakan. Semua masih terlihat bersemangat tanpa ada yang mengeluh lelah.

Makan siang

Makan siang

Perut dan energi sudah kembali terisi. Tiba saatnya untuk berkeliling Family Garden melihat berbagai tanaman sayur organik dan kebun binatang mini yang memiliki berbagai koleksi burung, marmut, kuda, landak, dan sebagainya. Di kebun sayur organik, Adik-adik mengenal beragam sayur seperti pare belut, jinten putih, sawi, kangkung, dan bermacam-macam sayuran lain.

Berkeliling melihat tanaman

Berkeliling Family Garden

IMG_3520

Kegiatan wisata ditutup dengan berkeliling kebun buah dengan kereta wisata. Mereka menikmati perjalanan sambil melihat sekeliling kebun buah dan dengan serius mendengarkan penjelasan dari pemandu. Adik-adik juga melewati kandang rusa tutul dan arena outbond.  Angin sepoi-sepoi menemani sepanjang perjalanan membuat suasana di kereta semakin nyaman.

Perjalanan dengan kereta pun berakhir. Dengan tertib Adik-adik menuruni kereta satu-persatu dengan perlahan. Setelah puas berkeliling dengan kereta, Adik-adik menyempatkan diri untuk shalat Zuhur berjamaah di masjid yang terletak dekat pusat informasi Taman Buah Mekarsari. Sebelum pulang Adik-adik kembali berkumpul di gedung informasi untuk memberikan kenang-kenangan yang mereka buat untuk Taman Buah Mekarsari. Adik-adik juga mendapatkan bingkisan buah dari Taman Buah Mekarsari.

Memberikan kenang-kenangan

Memberikan kenang-kenangan

Mendapat bingkisan buah

Mendapat bingkisan buah

Saat perjalanan pulang Adik-adik masih tetap bersemangat menceritakan keseruan saat berkegiatan di Mekarsari. Belum terlihat wajah lelah dan bosan setelah melalui hari ini. Setelah 30 menit perjalanan, barulah suasana bus mulai agak tenang. Satu-persatu adik mulai kelelahan dan tertidur di kursi masing-masing. Sesampainya di lokasi penjemputan Adik-adik mulai terbangun kembali dan tidak sabar untuk bertemu Ayah/Bunda yang telah menunggu kedatangan mereka.

IMG_3619

Terima kasih kepada Ayah/bunda yang telah datang menjemput dan menunggu kedatangan Adik-adik dengan sabar. Semoga kegiatan karyawisata kali ini dapat menambah wawasan adik-adik mengenai beragam buah, sayur, dan aktivitas bertani di sawah sehingga Adik-adik dapat lebih menyukai buah-buhan dan sayur-sayuran agar selalu sehat.

 

Ditulis oleh Kak Pipit/Fitri Alawiyah