Select Page
Fun Robo Kakak-kakak Sekolah Tetum Bunaya

Fun Robo Kakak-kakak Sekolah Tetum Bunaya

Kamis, 9 Maret 2017 Kakak-Kakak melakukan kegiatan lanjutan seperti saat kegiatan Fun Art, kegiatan ini dinamakan FUN ROBO. Kenapa Fun Robo? Karena yang akan dilakukan Kakak-Kakak berhubungan dengan ekskul robotik. Jadi mereka akan diajak untuk mengenal apa saja yang dilakukan Adik-adik saat ekskul robotik. Sebelumnya Kakak-Kakak harus mendaftar juga melalui WA group, Kakak yang mengikuti Fun Robo ini ada Kak Ami, Kak  Dewi, Kak Nurul, Kak  Samsul, Kak  Anggit, Kak  Nita, Kak  Wicak, Kak  Adnan, Kak  Winni, Kak  Diyah,  Kak  Syaiful, Kak  Opick, dan Kak  Citra.

Fun Robo ini dipandu oleh Pak Budi, beliau adalah pemimpin penyelenggara eksku robotik yang bernama Superchamp. Awalnya kegiatan ini dimulai pukul 14.00 namun karena ada permintaan dari tim robotik yang tidak bisa di jam tersebut menjadi diundur pukul 15.30 setelah Kakak SD rapat dan shalat ashar.

Kegiatan dimulai dengan pembukaan dari pak Budi yang menjelaskan filosofi informatika dan tujuan robotik. Jadi adanya ekskul robotik ini untuk mengenalkan kepada Adik-adik kegunaan dari bagian-bagian untuk merakit robot, mereka juga bisa mengembangkan bagaimana agar robot yang dirakit bisa bergerak cepat atau lambat.

Pembukaan kegiatan Fun Robo

Pembukaan kegiatan Fun Robo

Pak Budi dan tim juga membawa alat-alat untuk merakit robot dan buku panduan yang akan dicoba oleh Kakak-Kakak.

Buku panduan robotik

Buku panduan robotik

Alat-alat robotik

Alat-alat robotik

Setelah dibagi kelompok Kakak dipersilakan memulai merakit, mereka sangat menikmati mencoba alat yang cocok sesuai dengan buku panduan. Saat ada kelompok yang kesuliatan Kakak pendamping dari robotik membantu memperbaiki robotnya.

Bekerja sama untuk merakit

Bekerja sama untuk merakit

Tahap demi tahap dapat dibuat, hinggs akhirnya Kakak-Kakak menyelesaikan robotnya. Setelah dicoba……. Wuuuusssshhh…. Robotnya bisa berjalan seperti mobil, mereka sangat puas dengan hasilnya, oh iya ada yang robot yang jalannya lambat dan ada juga yang cepat sekali.

Mencoba hasil rakitan kelompok

Mencoba hasil rakitan kelompok

Setelah berhasil sepertinya mereka belum puas, mereka mencoba mengganti gear untuk melihat gerakan dan hasil yang mereka coba dengan mengganti ban atau gear. Kakak-Kakak juga mengadakan lomba, kelompok mana yang mobil robotnya paling cepat berjalan.

Lomba mobil robot

Lomba mobil robot

Waktu semakin sore dan hujan turun sangat deras, sambil menunggu hujan reda tim robotik mengenalkan satu robot lagi yang digerakkan memakai program. Program ini disetting dari laptop agar bisa berjalan sendiri,,, waaaah pokoknya seru sekali acara Fun Robo yang dilakukan oleh Kakak-Kakak. Setelah semua Kakak senang bermain dengan robot, kegiatan ditutup dengan foto bersama. Semoga kegiatan ini bermanfaat untuk Kakak-Kakak Tetum Bunaya.

Foto bersama

Foto bersama

Terima kasih…..

 

Ditulis oleh Kak Nita/Akhlisi Niata