Select Page
d1

Tari Ronggeng Demplon

Seperti judulnya yaitu Traditional Dance cerita kali ini Kakak-Kakak akan berkegiatan menari tradisional. Kakak-Kakak yang ikut dalam kegiatan ini berjumlah 22 Kakak, waaaah banyak sekali…. pastinya pesert yang mendaftar dari Kakak-Kakak perempuan, siapa saja ya…? Pesertanya yaitu ada Kak Gina, Kak Uchi, Kak Aas, Kak Tiara, Kak Fina, Kak Dewi, Kak Citra, Kak  Lusi, Kak  Kia, Kak  Irma, Kak  Hemas, Kak Tami, Kak Dwi, Kak Piyu, Kak Indri, Kak Ana, Kak Titis, Kak Dian, Kak Pipit, Kak Nita, Kak  Winni, dan Kak Ratna. Kegiatannya dilakukan pada Jumat, 10 Maret 2017 pukul 12.00-13.00 di aula mengisi jadwal Adik-adik SD yang libur ekskul.

Pengajar di kegiatan tari ini sudah tidak asing lagi loh…. yaitu Kak Rani. Lulusan dari UNJ jurusan seni tari, Kakak ini sudah punya banyak sekali pengalaman menari sampai ke negeri Korea loh. sebelumnya Kak Rani pernah mengajar di SD Tetum Bunaya dari kelas 1-6, karena kondisi Kak Rani yang saat ini sedang hamil jadi belum bisa mengajar tari untuk Adik-adik. Semoga Kak Rani dan adik bayi selalu diberi kesehatan yah… amin.

Pada kegiatan menari tradisional ini Kak Rani mengajak Kakak-Kakak menari Ronggeng Demplon yang berasal dari Jakarta, tarian ini juga menjadi bahan ajar di ekskul mataya kelas Bumi dan Mars, tarian ini berdurasi 5 menit. Tarian ini merupakan tarian bercerita tentang persahabatan gadis-gadis betawi. Kegiatan dimulai dari sesi pengenalan Kak Rani dan dilanjutkan membuat barisan dengan meregangkan tangan agar mendapat jarak untuk menari. Saat mengajar Kak Rani diibaratkan menjadi cermin, jika Kak Rani meminta Kakak-Kakak menggerakkan tangan kanan maka Kak Rani menggerakkan tangan kiri dan sebaliknya. Melihat Adik-adik menari ternyata tidak semudah yang mereka lakukan, ternyata cukup sulit mengkoordinasikan gerakan tangan, kaki, dan kepala. Mulai dari gerakan duduk sila, sujud, berdiri dan lompat. Namun Kakak-Kakak tetap semangat melakukan gerakan tahap demi tahap.

d2

 

 

Setelah 30 menit berlatih Kakak-Kakak diberi waktu istirahat dan minum selama 5 menit. Mereka sudah mulai terlihat keluar keringat… hehehe semangat Kakak-Kakak….baiklah kita mulai lagi untuk melancarkan tariannya. Kakak-Kakak mulai mahir menarinya dengan iringan lagu Ronggeng Demplon.

d3

Tarian ini diakhiri dengan manari sambil berpegangan, berputar dan membuat 2 barisan berbanjar tetap saling berpegangan tangan. Alhamdulillah tarian terakhir dilakukan dengan lancar dan gembira. Kak Rani meyudahi kegiatan dan Kakak-Kakak langsung berisitirahat setelah menari dan berlompat-lompat. Sayangnya tidak sempat foto bersama karena sudah lelah dan lapar, waktupun juga sudah menunjukkan pukul 13.00.

 

Terima kasih Kak Rani untuk kesempatan yang diberikan untuk Kakak-Kakak, semoga bermanfaat dan Kakak-Kakak menjadi pandai menari.

 

Ditulis oleh Kak Nita/Akhlisi Niata