Select Page
Merkurius 2016-2017

Merkurius 2016-2017

Pada hari Rabu, 29 Maret 2017 pukul 09.30 Adik-adik Merkurius berkegiatan “Eksplorasi Air”. Sejak hari Senin Adik-adik sangat antusias bertanya kapan dan kegiatan seru apa yang akan dilakukan. Adik-adik terlihat sudah tidak sabar untuk berkegiatan.

“Horeeeee” mereka bersorak ketika mengetahui akan berkegiatan dengan air. Seru sekali melihat Adik-adik berkegiatan air bersama teman-teman. Sayangnya, salah satu adik berhalangan hadir dihari tersebut karena sakit, sehingga ada 29 adik yang ikut berkegiatan air.

Setelah snack time selesai, Kakak pendamping mengajak Adik-adik menuju amphiteather. Tak lupa Adik-adik membawa botol minum dan menggunakan sandal. Adik-adik berbaris dengan rapih kemudian dipersilahkan duduk menghadap amphiteather.

Kegiatan eksplorasi air yang pertama yaitu absorpsi menggunakan gelas, air dan kertas. Gelas diisi setengan air dan ditutup dengan kertas, setelah hitungan ketiga Adik-adik secara bersamaan membalik gelas dan melihat apakah kertas akan langsung terjatuh atau menempel pada gelas. Adik-adik terlihat antusias dan siap untuk mencoba.

“Yeayyyy… lihat aku berhasil” sorak suara adik yang berhasil melakukakan kegiatan absorpsi. Adik yang belum berhasil merasa penasaran dan mengulang kembali percobaan tersebut.

Aku bisa!!

Aku bisa!!

Horeee berhasil!!

Horeee berhasil!!

Kegiatan selanjutnya yaitu kericik air. Sebelumnya, Kakak pendamping sedikit menjelaskan tentang aliran air yang mengalir dari tempat tinggi ke tempat yang rendah dan menjelaskan aturan permainan. Adik-adik memegang pelepah pisang yang telah dipotong dua bagian dan bekerjasama untuk memasukkan air kedalam ember yang telah disediakan menggunakan pelapah pisang tersebut. “Ayoo… ayoo… ayoo…” Sorak sorai suara Adik-adik yang memberi semangat menambah keseruan kegiatan. Matahari yang terik disiang tidak menyurutkan semangat Adik-adik untuk bereksplorasi dengan air.

Serunya bermain kricik-kricik

Serunya bermain kricik-kricik

Kericik air selesai, Adik-adik diajak untuk bermain estafet air dengan menggunakkan botol yang telah dilubangi. Estafet air kali ini bukan estafet biasa, Adik-adik harus melewati halang rintang dari tali pramuka yang telah dibuat oleh Kakak. Tali pramuka dibentuk menyilang lebar dan telah dipatok ke tanah membuat Adik-adik harus lebih fokus melewatinya.

Estafet air seru bangeet!!

Estafet air seru bangeet!!

“Wah…. seru banget” kata salah satu Adik. Keseruan dirasakan Kakak-kakak dan Adik-adik sejak awal kegiatan. Tak terlihat sedikitpun kecemasan pada Adik-adik tentang baju yang basah dan tanah yang mulai becek untuk meneruskan permainan air. Sesekali beberapa Adik bermain air yang telah jatuh ke tanah, mereka terlihat riang dan ceria.

t6

Terdengar gelak tawa Adik-adik saat mereka bermain air. Keseruan ditambah ketika permainan tangkap air menggunakan gelas. Adik-adik terlihat kompak dalam bekerjasama untuk membuat air tetap utuh dan tidak tumpah.

Kegiatan eksplorasi air selesai. Adik-adik diajak untuk membersihkan kaki, tangan dan sandal yang telah terkena tanah. Kemudian Adik-adik berganti baju dan makan siang bersama. Adik-adik menikmati makan siang, tak ada yang memperlihatkan wajah lesu dan tidak ada pula yang mengeluh lelah.

t7

Adik-adik pun pulang dengan wajah yang ceria. Semoga dikegiatan berikutnya Adik-adik selalu semangat dan ceria dengan eksplorasi seru di kelas Merkurius.

 

Ditulis oleh Kak Piyu