Dari pengalaman di kelas, kami melihat bahwa seorang anak yang memiliki banyak kosa kata akan lebih mudah memahami apa yang dia dengar dan baca di sekolah, di samping juga lebih mudah berkomunikasi dengan orang lain. Karena itu, kami menganggap perlu untuk memperkaya kosa kata anak. Riset pun menunjukkan adanya korelasi antara kosa kata yang kaya dengan keberhasilan di sekolah.

Untuk menambah kosa kata anak, maka di liburan ini kami memberi pekerjaan rumah membaca buku kepada siswa Kelas Bumi (Kelas 3 SD). Buku yang mereka baca harus buku teks, apakah itu dengan genre fiksi atau nonfiksi. Jumlah buku yang mereka baca berkisar antara 1-3 buah.

Agar PR ini tidak terasa menjadi beban, buku yang dibaca merupakan pilihan sendiri. Kalau memilih sendiri, tentunya mereka akan mendapatkan buku yang sesuai dengan selera, bukan?

Karena itu, mereka pun diajak ke toko buku Mizan di dekat sekolah. Mereka boleh memilih 1-3 buku fiksi atau nonfiksi, asalkan bukan komik. Alhasil hari itu mereka memborong 24 buku.

Buku-buku itu menjadi koleksi perpustakaan kelas, dan nama mereka sebagai pemilih buku dicantumkan di dalam buku. Kelak mereka akan saling bertukar buku.

Di kelas, mereka membuat kantong dan kartu perpustakaan pada buku yang mereka pilih. Mereka melakukannya dengan semangat!

 

 

 

 

Open chat