Kegiatan Kurban Kelas Venus Nova

Kelas Venus Nova membeli kambing

Pada 12 September 2016 bertepatan dengan perayaan hari raya Idul Adha/Qurban 1347 Hijriah. Seperti namanya, hari raya ini merupakan hari raya berkurban bagi seluruh umat muslim di dunia. Tidak mau ketinggalan, Sekolah Tetum Bunaya pun ikut memeriahkan perayaan qurban dengan menerima dan menyalurkan hewan qurban dari para orang tua, guru, dan karyawan. Sekolah Tetum Bunaya bekerja sama dengan Masjid At- Taubah dalam penerimaan dan penyaluran hewan kurban.

Di sekolah Tetum Bunaya, perayaan Idul Adha bukan hanya sekedar menerima dan menyalurkan hewan qurban dari orang tua ke Masjid At-Taubah. Orang tua diajak menyalurkan sejumlah uang untuk membeli hewan dan pihak sekolah dan adik-adik yang akan membeli hewan qurban di tempat penjualan hewan qurban. Membeli hewan qurban bersama-sama merupakan tradisi yang sangat menyenangkan bagi adik-adik setiap tahunnya. Mereka sangat bersemangat berjalan menuju tempat penjualan hewan qurban, membayar hewan qurban, dan membawa hewan qurban bersama-sama hingga ke sekolah.

Membeli kambing

Membeli kambing

Pada tahun ini adik-adik kelas Venus Nova tidak ada yang berqurban. Akan tetapi semangat mereka untuk berqurban tetap menggebu-gebu. Pada Kamis, 8 September pukul 09.30 adik-adik kelas Venus Nova mendapatkan kesempatan membeli hewan qurban untuk kelas Merkurius dan Mars. Mereka sangat gembira mendapatkan kesempatan membeli hewan qurban. Mereka berjalan bersama menuju tempat penjualan dan berkesempatan bertanya kepada penjual tentang keadaan hewan qurban yang mereka beli. Pertanyaan seputar umur, jenis kelamin, harga, dan jenis makanan mereka tanyakan. Setelah puas bertanya, masing-masing adik diberikan uang sebesar Rp.100000 untuk diberikan ke penjual. Hewan qurban yang mereka beli berjenis domba warna putih dan hitam. Setelah sampai di halaman Kelompok Bermain mereka membatu mengikat domba di pohon dan memberikan makan daun bambu cina yang telah tersedia. Mereka merasa sangat gembira.

Transaksi membeli kambing

Transaksi membeli kambing

Keesokan harinya adik-adik masih bersemangat memberikan makan hewan-hewan qurban yang ada di halaman Kelompok Bermain di pagi hari. Mereka selalu meminta tambahan waktu untuk berlama-lama merawat hewan yang ada. Siang harinya adik-adik Kelas Venus Nova bersama-sama dengan kelas Merkurius mengantarkan hewan qurban mereka ke masjid At-Taubah untuk di qurbannkan dan di salurkan ke warga sekitar. Mereka bersama-sama mengantar hewan qurban dan melakukan serah terima hewan qurban ke panitian qurban Masjid At-Taubah.

Memberi makan kambing

Memberi makan kambing

Masih dalam rangkaian perayaan Idul Adha 1437 H. Sekolah Tetum Bunaya melakukan kegiatan memasak daging qurban. Kelas Venus Nova mendapatkan kesempatan memasak hari Rabu, 14 September 2016 saat pelajaran IPA dengan menu pangsit goreng isi daging sapi. Adik-adik sangat bersemangat berkegiatan memasak di aula bersama kelas Venus Farra. Setiap kelas dibagi 3 kelompok masing-masing kelompok terdiri dari 5 orang adik. Setiap kelompok mendapat 10 lembar kulit pangsit, satu mangkok daging sapi giling, satu buah bawang putih dan bawang merah, satu batang daun bawang. Adonan daging sapi dicampur dengan bawang putih, bawang merah, dan daun bawang yang telah mereka potong-potong. Setelah adonan tercampur rata, barulah kulit pangsit di isi dengan 1 sdt adonan isian.

Membuat adonan isi pangsit

Membuat adonan isi pangsit

Pangsit mereka buat sesuai selera. Ada yang segitiga, ada pula yang berbentuk persegi panjang. Mereka berkreasi sesuai keinginan mereka. Selesai mengisi pangsit dengan daging, setiap kelompok bergantian untuk menggoreng pangsit mereka secara bergantian. Setiap adik mendapatkan 2 buah pangsit untuk dimakan dan di bawa pulang untuk dinikmati bersama keluarga di rumah.

Menggoreng pangsit

Menggoreng pangsit

Kegiatan qurban yang sangat menyenangkan di kelas Venus Nova. Semoga tahun depan bisa tetap berkurban dan merayakan bersama hari raya Idul Qurban di sekolah.

 

Ditulis oleh Kak Pipit/Fitri Alawiyah

Open chat