Taman Kanak-Kanak

Tetum Bunaya
Membuat cerdas tanpa menggegas
Apa yang kami ajarkan

Kurikulum

TK Tetum Bunaya menggunakan kuriulum Nasional dengan berpedoman pada PERMENDIKBUD 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini dan PERMENDIKBUD 146 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini.

Kami memperkaya kurikulum kami dengan mengadopsi Kurikulum Montessori sehingga kami memiliki 8 Aspek Perkembangan Anak dalam proses pembelajaran kami yaitu:

  1. Agama
  2. Bahasa
  3. Kognitif
  4. Fisik Motorik
  5. Estetika
  6. Sosial Emosi
  7. Latihan Aktivitas Sehari-Hari
  8. Sensori

Program yang Kami Banggakan

  1. Pembelajaran berbasis Montessori
  2. Program Makan Bersama
  3. Program Makan Buah
  4. Bimbingan Baca Alquran (BIBAQU)
  5. Brain Gym
  6. PHBS
  7. Ekstrakurikuler
  8. Karyawisata
  9. Puncak Tema
  10. Welcoming Lines
  11. Pemeriksaan Kesehatan Anak
  12. Children of The Week
  13. Kegiatan Parents of The Week
  14. Syukuran Ulang Tahun Anak

Program Unggulan 

  1. Program Makan Bersama
  2. Welcoming Lines
  3. Literasi/Perpustakaan 
  4. Kemandirian

 

Program Kelas Langit

Klik untuk mendapatkan contoh kegiatan Kelas Langit (TK A).

Kelas Antariksa

Klik untuk mendapatkan contoh kegiatan Kelas Antariksa (TK B).

Ingin bertanya?

Klik untuk mendapatkan info lebih lanjut. Kami akan menjawab selekas mungkin.

Fasiltas

Untuk Tumbuh Kembang Optimal

A. Umum

  1. Gedung yang terpisah dari unit KB dan SD
  2. 4 ruang kelas dan 1 ruang Kepala Sekolah

B. Kesehatan dan Kebersihan

  1. Ruang Usaha Kesehatan Sekolah 
  2. Wastafel di setiap kelas dan gerbang masuk
  3. 2 Toilet di setiap lantai

C. Alat Bermain

  1. Playground yang aman

D. Sarana Keagamaan

  1. Musala

E. Lingkungan Hidup

  1. Kebun toga dengan 60 jenis tanaman
  2. Kolam ikan
  3. Sumur resapan dan biopori

F. Pengayaan Akademik

  1. Bahan dan alat belajar
  2. Sudut membaca di setiap kelas

G.Non Fisik

  1. Antar jemput
  2. Sistem untuk menjamin keamanan 

Gedung

TK Tetum Bunaya mempunyai gedung khusus, terpisah dari Kelompok Bermain dan Sekolah Dasar. Hal ini memungkinkan terjaminnya kenyamanan belajar dan keamanan. 

Kelas

Ada 4 ruang kelas yang cukup luas.

Ruang Kepala Sekolah

Kepala Sekolah mempunyai ruangan khusus.

Ruang Usaha kesehatan Sekolah

Ruang UKS yang nyaman, terpisah untuk laki-laki dan perempuan. Ruang UKS pernah dilombakan dalam Lomba Sekolah Sehat mewakili Kecamatan Jagakarsa, dan meraih Juara III.

Wastafel

Di setiap kelas terdapat wastafel. Begitu juga di pintu masuk.

Toilet

Ada lima toilet di sekolah. Dua toilet di masing-masing lantai, dan satu toilet di luar.

Playground

Playground dibuat untuk memberi stimulasi pada motorik kasar anak. Ada playset, tangga pelangi dan panjat tali untuk memenuhi kebutuhan  memanjat, naik turun, membungkuk, meluncur. Kondisi peralatan dalam pengawasan dan diremajakan dari waktu ke waktu. 

Musala

Di TK Tetun Bunaya ada musala yang digunakan untuk kegiatan salat dan mengaji. Kami secara rutin memberikan kegiatan mengaji yang disebut dengan BiBaQu, Bimbingan Baca Quran.

Kebun Toga

Ada 60 jenis tanaman toga yang dirawat dengan baik di TK Tetum Bunaya. Tanaman ini mulai ada sejak TK Tetum Bunaya mengikuti Lomba Sekolah Sehat.

Kolam ikan

Kolam ikan merupakan salah satu fasilitas dalam mengikuti Lomba Sekolah Sehat. Selain itu dengan adanya kolam ikan ini menjadikan media pembelajaran Adik untuk menyayangi hewan.

Sudut Baca

Tiap kelas mempunyai sudut baca dengan buku yang diganti sesuai teman.

Visi kami

Menciptakan pemimpin yang cerdas dan arif

  • Usia 4 tahun pada bulan Juli tahun berjalan.
  • Jam belajar: Senin-Jumat, 7.30-11.00
  • Rasio guru: murid = 1:10 
  • Usia 5 tahun pada bulan Juli tahun berjalan
  • Jam belajar: Senin-Jumat, 7.30-11.00
  • Rasio guru: murid = 1: 10
 

Prestasi

  • Sekolah

    • Maret 2018
      • Lomba Paduan Suara Hardiknas IGTKI Jagakarsa
        • Juara Harapan 1
    • Maret 2019
      • Lomba Paduan Suara dan Menari Hardiknas IGTKI Jagakarsa
        • Nominasi
    • April 2019
      • Lomba Sekolah Sehat Taman Kanak-Kanak Tingkat Jakarta Selatan 1
        • Juara III
  • Kepala Sekolah

    • Maret 2019
      • Kajian Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Kemendikbud
        • Narasumber
v

Siapa Kami?

Tenaga Pendidik

TK dan KB Tetum Bunaya memberikan perhatian besar dalam pengembangan kemandirian dan pendidikan karakter anak didik. Saya  yakin apabila dua komponen ini sudah siap, insyallah perkembangan akademik akan lebih siap. Karena itulah saya dan tim menstimulasi anak didik sesuai dengan tahapan perkembangan dan berproses.

Saya pun berproses. Saya berkenalan dengan dunia anak usia dini di suatu lembaga pendidikan berlisensi internasional, sebelum pindah ke Sekolah Tetum Bunaya pada tahun 2013. Sepanjang perjalanan karier saya banyak hal yang telah saya lalui. Mulai dari asisten guru, guru kelas, koordinator, wakil kepsek, hingga saat ini saya mendapatkan amanah menjadi Kepala Sekolah. Banyak pembelajaran yang saya dapatkan untuk dapat terus bertumbuh.

Kebanggaan pula bagi saya bersama tim saat TK Tetum Bunaya meraih prestasi menjadi Juara 3 Lomba Sekolah Sehat Tingkat Wilayah Jakarta Selatan 1, dan mendapat akreditasi B.

Semoga kami dapat terus ambil bagian di dunia pendidikan anak usia dini melalui program-program yang kami berikan.

Dian Yulianti (Kak Dian)

Kepala Sekolah

Saya bergabung bersama TK Tetum Bunaya sejak 3 Oktober 2016. Saya lulus dari Univeritas Pendidikan Indonesia jurusan PGSD. Mengapa saya sekarang berada di Taman Kanak-Kanak? Secara umum latar belakang pendidikan saya terlihat tidak sejalan dengan bidang pekerjaan yang saya tekuni saat ini. Akan tetapi, secara khusus saya belajar tentang perkembangan anak di salah satu perkuliahan. Ilmu itu bertambah lagi karena saya juga dibekali dengan berbagai ilmu yang diberikan oleh Yayasan Daya Bunaya dalam rangka mengembangkan diri. Saya telah mengikuti seminar mendongeng dan pelatihan Montessori. Tak kalah penting saya dan beberapa Kakak yang lain mengikuti Diklat yang dikhususkan untuk para guru TK. Berkembang dan bertumbuh tidak hanya didapat oleh Adik-Adik, kami guru-guru senantiasa memperkaya diri untuk meningkatkan kualitas diri sebagai pendidik, agar dapat menjadi mitra terbaik bagi Ayah dan Bunda serta dalam bermitra dengan anak.

Hemas Indah Pakarti (Kak Hemas)

Kakak Pendamping Kelas Antariksa Jingga Hijau

Saya bergabung di TK Tetum Bunaya sejak september 2016. Di awal, saya takjub dengan suasana sekolah dan proses yang saya ikuti untuk menjadi bagian dari Tetum Bunaya. Setelah saya jalani, ternyata tidak mudah. Begitu diterima di TK Tetum Bunaya, saya langsung mempelajari banyak hal mengenai pendidikan anak usia dini, dari  A sampai Z dan seringkali Z kembali lagi ke A. Saya bertumbuh di sini.

Latar belakang saya Linguistik, dan salah satu aspek yang saya pelajari dalam bahasa adalah keteraturan atau pola. Keteraturan adalah hal yang saya temukan di dunia pendidikan anak usia dini, dan dengan pengetahuan yang saya peroleh di masa kuliah, saya dapat lebih mudah memahami isu ini.

Saat ini, menjadi guru menjadi passion saya. Saya menikmati bertemu dengan Adik-Adik dan bercengkerama dengan mereka. Setiap hari bukan hanya pengalaman dan semangat yang saya dapatkan, tapi proses belajar, berkegiatan, dan bermain juga menjadi pembelajaran untuk saya.

Utami Mardiah Dinanti (Kak Tami)

Kakak Pendamping Kelas Antariksa Putih Biru

Saya lulusan PAUD dari keluarga pembuat tas. Saya tidak pernah langsung membantu ayah saya di pekerjaannya, tetapi nuansa rumah membentuk saya menjadi suka menjahit dan mengolah karya dari barang tak terpakai. Saat saya terjun menjadi guru di Tetum Bunaya, ternyata banyak proyek art & craft di sekolah, baik untuk display, pembelajaran, maupun acara. Saya berterima kasih kepada keluarga saya yang memberi pembekalan yang bermanfaat untuk profesi saya sebagai guru. 

Mengapa saya tidak melanjutkan bisnis ayah saya? Menjadi guru adalah panggilan, dan saat ini saya ingin mengikuti panggilan hati saya. Saya menyukai dunia anak, dan ingin menyelami dunia pendidikan anak usia dini lebih dalam di Tetum.

Saya bergabung di Tetum Bunaya sejak September 2019, dan saya bahagia mendapat bimbingan dari kakak-kakak guru yang hebat. Semoga saya bisa semakin bertumbuh bersama Tetum.

Nidia Ulandari (Kak Nidia)

Asisten Guru Kelas Antariksa

Di awal bulan Februari 2019 saya mulai bergabung dengan TK Tetum Bunaya. Saya lulusan Pendidikan Agama Islam, dan di saat kuliah saya belajar untuk menanamkan nilai-nilai agama kepada anak sejak dini. Di Tetum, sekalipun ini sekolah umum, saya dapat memanfaatkan ilmu saya dalam hal menanamkan sikap baik dan terpuji, yaitu menghargai diri sendiri, orang lain dan lingkungan sekitar sebagai rasa syukur kepada Tuhan.

Saya memilih menjadi guru TK karena saya sangat menyukai anak. Di mata saya, mereka adalah makhluk yang lucu imut dan menggemaskan. Setelah mengajar, saya merasa adanya perkembangan dalam diri saya, terutama dalam kemahiran berkomunikasi dengan anak.

Dengan mengajar saya juga dapat berekspresi seni. Sejak kecil saya memiliki hobi menggambar, dan di tahun 2018 setelah wisuda, saya mengisi waktu luang dengan belajar menulis Lettering. Alhamdulillah banyak yang menyukai tulisan saya. Saat menjadi guru TK saya dapat menyalurkan hobi menggambar dan menulis lettering saya. Karya saya saya menghiasi dekor acara, dan saya bangga.

Devi Oktaviani Rizky (Kak Devi)

Kakak Pendamping Kelas Langit Jingga Hijau

Saya bergabung di TK Tetum Bunaya sejak Oktober 2016. Saya adalah seorang sarjana Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Ketika saya memutuskan menjadi guru TK, ada sedikit kekahawatiran apakah saya bisa mengajar murid TK.

Saya tertarik dengan Sekolah Tetum Bunaya karena visi misi sekolah, ditambah poin plus bahwa Tetum merupakan sekolah inklusi. Kebetulan pula ketika di perguruan tinggi saya belajar mengenai Bimbingan Anak Berkepribadian Khusus, sehingga saya bisa menerapkan apa yang telah saya pelajari.

Di Tetum ilmu saya semakin bertambah. Di samping mendapat bimbingan dari Kak Endah dan kakak senior, saya mendapat kesempatan mengikuti beberapa pelatihan. Saya telah mengikuti  diklat pendidik PAUD, Metode Bermain untuk Anak PAUD dan Workshop Pola Makan Sehat Eating Clean. Saya semakin menikmati profesi saya sebagai guru Taman Kanak-Kanak dan saya bangga menjadi bagian Sekolah Tetum Bunaya.

Indah Pirana (Kak Ana)

Kakak Pendamping Kelas Langit Putih Biru

Saya bergabung di TK Tetum Bunaya di bulan November 2019. Senang rasanya dapat terjun langsung untuk membimbing Adik-Adik di Kelas Langit. Hal yang saya sukai di Tetum adalah memberikan kesempatan kepada Adik agar dapat mengeksplorasi diri sesuai keinginan mereka,  sesuai dengan metode Montessori yang digunakan oleh sekolah. Selain itu, saat pertama kali masuk di Tetum Bunaya dan mendengar di sini ada program variasi buah dan sayur. Saya langsung senang, karena saya dapat menyalurkan hobi memasak saya di sini.

Latar belakang saya Ilmu Psikologi. Sewaktu kuliah pun saya menyukai kegiatan mengajar untuk anak yang membutuhkan. Saya jadi merasa yakin untuk menjadi guru TK. Jika kita melakukan sesuatu sesuai minat, kita akan senang menjalaninya.

Semoga saya dapat menanamkan ilmu perkembangan anak yang sudah saya pelajari, dan dapat bertumbuh bersama kakak lain di Tetum Bunaya.

Beauty Prajna Widya Fitriana (Kak Beauty)

Asisten Guru Kelas Langit

Guru: Siswa

SDM

Jenis Tanaman

Siswa

Hubungi Kami

Jl. Timbul IVB/1, Cipedak, Jagakarsa, Jakarta 12630

Telepon: 021-7866365

Email: dian.yulianti@sekolahtetum.org

 

Prinsip

Membuat cerdas tanpa menggegas

 

Open chat