Select Page
Foto bersama setelah menghias kelas dengan perca batik

Foto bersama setelah menghias kelas dengan perca batik

Bulan Oktober telah berlalu. Adik-adik mengikuti kegiatan dengan penuh semangat di bulan ini dengan kegiatan bertemakan keberagaman budaya. Tema tersebut diambil karena di bulan ini terdapat peringatan hari besar yaitu hari Batik Nasional yang jatuh di tanggal 2 Oktober dan hari Sumpah Pemuda yang diperingati setiap tanggal 28 Oktober.

Kegiatan bertemakan Keberagaman Budaya ini diawali dengan kerja sama menghias kelas dengan kain batik. Setiap adik Merkurius Jingga mengkolase huruf dari nama “MERKURIUS JINGGA” dengan perca batik dan membentuk perca-perca tersebut menjadi segi tiga kemudian di tempel pada tali. Adik-adik sangat antusias menghias kelas mereka. “Wah kaya bendera pesta ulang tahun ya Kak…” sahut seorang adik saat menempel perca berbentuk segi tiga. Mereka menikmati kegiatan menghias kelas hingga semua hiasannya selesai di tempel.

Tidak hanya menghias kelas dengan batik akan tetapi di kegiatan SBK Adik-adik juga diperkenalkan dengan ragam batik sederhana, ada yang berbentuk garis lurus, gelombang, titik dan tiba-tiba saat melihat gambar ragam batik sederhananya ada yang berkata “Ih itu bentuknya seperti lollipop ya lingkarannya”. Adik-adik terlihat senang mengenal bentuk batik sederhana. Selain mengenal ragam batik sederhana Adik-adik juga mengenal lagu daerah yang biasa dinyanyikan sambil bertepuk yaitu lagu Ampar-Ampar Pisang pada kegiatan PKn.

Menggambar batik sederhana

Menggambar batik sederhana

Di kegiatan IPS Adik-adik membuat pohon keluarga. Di kegiatan ini adik-adik mengenal keberagaman pada keluarganya karena tentunya dalam keluargapun kita menemukan hal yang berbeda seperti kesukaan, minat dan banyak hal lainnya. Kita belajar menghargai setiap perbedaan tersebut. Pada kegiatan Agama Adik-adik mengenal sifat yang baik atau terpuji dengan mendengarkan kisah Nabi Muhammad SAW.

 

img_3811

Membuat pohon keluarga

Selain bertepatan dengan hari batik Nasional bulan Oktober ini juga dikenal sebagai Bulan Bahasa dan terkait dengan itu di kegiatan Bahasa Indonesia Adik-adik belajar menyimak sebuah cerita dan menyebutkan tokoh-tokoh dalam cerita tersebut. Adik-adik terlihat serius mendengarkan cerita yang dibacakan dan berlomba-lomba menyebutkan tokoh dalam cerita saat Kakak menanyakan tentang apa yang mereka dengar. Untuk kegiatan menulisnya Adik-adik masih berlatih menulis di kertas bergaris dua dan di kegiatan mambaca Adik-adik belajar membaca suku kata. Sedangkan di kegiatan pengembangan diri Adik-adik diajak berkunjung ke Perpustakaan untuk belajar cara merawat buku bersama Kak Dewi dan Kak Citra. Setiap Adik mempraktikkan bagaimana caranya merawat buku.

Belajar membaca suku kata

Belajar membaca

Kegiatan Matematika di bulan ini Adik-adik mulai mengenal penjumlahan. Kakak memperkenalkan lambang penjumlahan terlebih dahulu dan kita bersama-sama melakukan penjumlahan benda dengan menggunakan biji karet. “Oh penjumlahan itu tambah-tambahan” kata salah satu Adik saat di lingkaran. Ya, yang mereka tahu namanya bukan penjumlahan tapi tambahan. Di kegiatan Pramuka Adik-adik juga berkreasi dengan barang bagus membuat tanda-tanda di atas tanah. Mereka diperkenalkan dengan beberapa bentuk tanda-tanda di atas tanah yang biasa digunakan pada kegiatan pramuka, kemudian mereka memilih salah satu bentuk tersebut dan kemudian membuatnya.

Belajar penjumlahan

Penjumlahan Benda

Pada kegiatan IPA di bulan ini, Adik-adik mengenal benda dengan berbagai ciri-cirinya mulai dari rasa, warna, bentuk dan ukuran. Kegiatan IPA diakhiri dengan mengenal perubahan bentuk pada benda dengan membuat play dough. Horeeeee!!!! Sorak Adik-adik merkurius Jingga saat tahu kegiatan bulan ini diakhiri dengan membuat play dough. Kakak membagi Adik-adik menjadi 5 kelompok dan mereka dengan sangat antusias bekerja sama membuat adonan play dough hingga selesai dan hasilnya dibawa pulang.

Membuat play dough

Membuat play dough

Selain itu keseruan bulan ini juga ditambah dengan adanya kegiatan Parent of The Week dari beberapa orang tua murid. Adik-adik senang sekali dan selalu antusias mengikutinya.

POW membuat tempat pensil

POW membuat tempat pensil

POW berkreasi dengan sapu tangan

POW berkreasi dengan sapu tangan

Di bulan ini juga SD Tetum Bunaya mengadakan kegiatan Bulan Bahasa yang dilaksanakan pada tanggal 26 Oktober sebagai exit point dari seluruh kegiatan di bulan ini. Adik-adik Merkurius ikut serta memeriahkan acara tersebut dengan tampil membawakan lagu Ampar-Ampar Pisang. Dalam pementasan Adik-adik tidak hanya bernyanyi saja namun ada pula beberapa Adik yang bernyanyi sambil melakukan tepukan permainannya. Sebelum kegiatan ini dilaksanakan Adik-adik Merkurius berlatih dengan semangat agar terlihat kompak saat pementasan.

"Ampar-Ampar Pisang" Kelas Merkurius

“Ampar-Ampar Pisang” Kelas Merkurius di kegiatan Bulan Bahasa

Wah mereka hebat sekali dengan percaya diri naik ke atas panggung dan mereka tampil dengan maksimal. Kereeeeeeennnnn!!!!

 

Ditulis oleh Kak Indri/Indriani

Share This