Kelompok Bermain

Tetum Bunaya

Selama hampir 20 tahun kami mengelola pendidikan anak batita dengan memadukan kurikulum nasional dan pendekatan Montessori.

Bukan PAUD biasaSabahat keluarga di masa pandemi

Kurikulum Kelompok Bermain

Keunggulan:

  • Kemandirian
  • Program Makan Bersama

 

Pengembangan kami bagi dalam area-area ini:

  1. Pengenalan agama (Islam)
  2. Latihan Aktivitas Sehari-Hari
  3. Pengembangan Bahasa
  4. Fisik
  5. Kognitif
  6. Estetika
  7. Sosial Emosi
  8. Sensori
Program Belajar

Ingin melihat apa yang diberikan di kelas? Silakan klik tombol di bawah untuk melihat program belajar Kelas Darat dan Kelas Laut.

Program Kelas DaratProgram Kelas Laut
 

Siapa Kami

Nurul Laily Al Arsyadhi

Nurul Laily Al Arsyadhi

Koordinator Kelompok Bermain

Kak Lely memulai karir nya di Tetum Bunaya sejak tahun 2011. Beliau mengikuti beragam pelatihan, diantaranya Filosofi Montessori, Kurikulum Internasional Pendidikan Dasar, dan Penanganan Anak Berkebutuhan Khusus Untuk Usia Dini. Dengan dasar pengetahuan yang Kak Lely pelajari di Tetum Bunaya, beliau dapat mengembangkan dan menyusun program belajar sesuai tahap perkembangan anak.

Asenih Arsyad

Asenih Arsyad

Guru Kelas Kelompok Bermain

Kak Aas sudah berada di Tetum sejak 2001. Kak Aas, nenek dari dua cucu balita, adalah figur yang sayang anak, tekun, bekerja keras dan bekerja dari hati. Kak Aas pernah mengikuti pelatihan Montessori dan Manajemen Penanganan Anak Berkebutuhan Khusus untuk Usia Dini. Dengan pengalaman yang kuat, Kak Aas melatih murid-muridnya untuk mandiri dan nyaman di sekolah dengan tahapan yang sangat halus.

Sri Ratna Sugiarti

Sri Ratna Sugiarti

Guru Kelas kelompok Bermain

Kak Ratna berada di Sekolah Tetum Bunaya sejak tahun 2015. Sejak saat itu Kak Ratna jatuh cinta pada dunia anak usia dini. Di Unit Kelompok Bermain, selain menjadi guru Kelas Laut, Kak Ratna bertanggung jawab untuk display dan art & craft, yang dilakukannya dengan tekun dan dari hati. Mulai tahun pelajaran 2019/2020 Kak Ratna kuliah lagi di jurusan PAUD dengan beasiswa dari Yayasan. Dayabunaya.

Yayasan Dayabunaya

Di Balik Keunggulan Kelompok Bermain

Secara hukum Yayasan Dayabunaya berdiri 10 tahun lalu, namun dalam pengalaman kami sudah menangani anak usia dini sejak sembilan tahun sebelumnya, saat manajemen masih di bawah naungan payung berbeda. Kelompok Bermain adalah cikal bakal Sekolah Tetum, di saat pemerintah belum mengelola PAUD berbasis komunitas. Berbeda dengan PAUD, kami tidak hanya memberi kegiatan, tetapi mengembangkan kemahiran anak, khususnya dalam hal kemandirian. Dengan bekal kemahiran kemandirian itu anak menjadi percaya diri. Dengan metode Montessori, kami melatih anak untuk punya kepekaan terhadap dirinya (sense of self). Selama belasan tahun menangani anak batita, kami pun mengembangkan metode yang khas Tetum: kepekaan diri, sensori, pengembangan pra-menulis, sosial. Guru-guru dikirim ke berbagai pelatihan agar terampil menangani anak. 

Dukungan untuk Tumbuh Kembang Optimal

Fasilitas Kami

 

Gedung Sekolah

Gedung Sekolah

Kelompok Bermain berada di dalam gedung sekolah yang kokoh, aman, dan terpisah dari unit TK dan SD. Usia batita membutuhkan waktu untuk berinteraksi dengan orang-orang baru, sehingga lingkungan yang privat dapat mendukung rasa nyaman untuk berkegiatan.  

Pagar dan Keamanan

Pagar dan Keamanan

Gedung Kelompok Bermain dikelilingi pagar yang masiv dan tidak memungkinkan orang tak dikenal akan masuk. Pengantaran dan penjemputan dilakukan di pagar, dan kami hanya memberikan anak kepada orang yang kami kenal. 

Sensory Path

Sensory Path

Di Kelompok Bermain ada sensory path, yaitu area dengan tekstur berbeda untuk melatih anak mengembangkan taktil pada area kaki. Sensori merupakan area belajar yang ada dalam kurikulum Kelompok Bermain Tetum Bunaya.

Sarana sensori

Sarana sensori

Kami memiliki bak basir dengan dingklik dan mainan-mainan untuk membuat bentuk-bentuk tertentu.  Anak-anak senang berkreasi mengisi wadah dengan pasir, dan tanpa sadar belajar merasakan tekstur pasir. Kebersihan dan keamanan pasir kami jaga.

Sarana motorik kasar

Sarana motorik kasar

Ada dua jenis perosotan di Kelompok Bermain. Perosotan pendek untuk yang ingin mencoba ketinggian, dan tangga pelangi tinggi untuk yang sudah memiliki kemampuan untuk naik tangga dan meluncur. Kedua mainan ini pastinya menyenangkan!

Sarana Motorik Indoor

Sarana Motorik Indoor

Kami juga memiliki sarana pengembangan motorik kasar di dalam ruangan, yaitu terowongan dan trampolin. Keduanya dengan tantangan berbeda dibanding mainan di halaman. Perlu berlatih dan bimbingan untuk mencoba, tapi biasanya anak-anak senang. 

Rak sepatu

Rak sepatu

Hanya rak sepatu? Untuk kami benda sederhana dari bambu sekolah ini bukan “hanya”. Benda ini berfungsi untuk membentuk kemandirian anak dalam menata sepatu. Dengan benda ini perilaku berulang membentuk kemahiran self-care.

Kursi

Kursi

Kelompok Tetum Bunaya memiliki kursi dengan ketinggian sesuai dengan tinggi tubuh anak, ringan untuk diangkat anak, tetapi cukup kokoh untuk diduduki. Meja yang dipakai pun memungkinkan anak melakukan kegiatan dengan nyaman.

Murid: Guru Kelas Darat

Pengalaman

Murid: Guru Kelas Laut

Alumni

Berminat?

Alamat:  Jalan Timbul IVB/1, Cipedak, Jagakarsa, Jakarta 12630

Telepon: (021) 7866365

Email: kbtetum@sekolahtetum.org

Open chat