Select Page

Dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Adha 1438 H, Adik-adik kelas Langit dan Antariksa Sekolah Tetum Bunaya berkegiatan mengenal, membeli dan memberi makan hewan kurban. Sebelumnya Kakak menggali pengetahuan Adik tentang Hari Raya Idul Adha. “Aku liat di pinggir jalan ada banyak kambing ada sapi juga.” ucap salah satu Adik. “Idul Adha itu ada kambing di potong.” ucap Adik menimpali jawaban temannya. Kakak mengajak Adik-adik mengenal hewan kurban melalui kartu bergambar. “Itu Kambing…”ucap Adik-adik ketika Kakak menunjukan gambar kambing. “Mbeeeeek…” ucap Adik-adik saat menirukan suara kambing mengembik. Kakak menunjukan gambar selanjutnya yaitu sapi. “Sapi kan makannya rumput.” ucap salah satu Adik. Adik-adik juga menirukan suara sapi. “Mooooo….” ucap Adik-adik menirukan. Adik-adik juga mengenal hewan kurban lainnya seperti domba, kerbau dan unta.

mengenal hewan kurban

Hari Selasa 29 Oktober 2017 Adik-adik berkegiatan membeli dan memberi makan hewan kurban. Adik-adik berbaris di depan gerbang untuk membeli hewan kurban, lalu berjalan menuju tempat penjualan hewan kurban. Sesampainya di tempat penjualan Adik-adik berbaris dan berkenalan dengan Bapak penjual hewan kurban. “Halooo bapak.” ucap Adik-adik menyapa. Kakak mengajak Adik-adik untuk bersama-sama menanyakan harga seekor kambing. “Bapak, harga kambingnya berapa.” tanya Adik-adik. “Harga kambingnya tiga juta.” jawab Bapak penjual kambing. Adik-adik lalu memilih kambing, “Aku mau yang item.” ucap beberapa Adik, “Aku mau yang putih.” ucap beberapa Adik menimpali. Adik-adik lalu membayar kambing yang telah mereka sepakati, Adik-adik berbaris menyerahkan selembar uang seratus ribuan kepada Bapak penjual kambing. Setelah membayar, Bapak penjual kambing menyerahkan kambingnya. Adik-adik kemudian berjalan membawa kambing ke Kelompok Bermain. “Aku mauuu pegang kambingnya, Aku mauuu bawa.” ucap salah satu Adik. Sesampainya di Kelompok Bermain Adik-adik kemudian berjalan menuju kebun samping untuk memberi makan kambing dan domba. Semua Adik mencari daun untuk memberi makan kambing juga domba. “Kak, embeknya mau makan.” ucap Adik sambil menyodorkan daun miliknya. “Iiiih kambingnya galak, Kak.” seru salah satu Adik. “Kakak, liat itu kambingnya berantem. Main sundul-sundulan.” ucap beberapa Adik. Adik-adik sangat antusias memberi makan kambing dan domba yang ada di Kelompok Bermain. Adik- adik kemudian kembali ke sekolah.

Aku memilih hewan kurban

siap-siap membayar

kurbannya sudah dibeli

Adik-adik yang berkurban di sekolah hadir saat pemotongan. Dengan di damping Ayah dan Bunda, Sebelumnya Adik-adik menyerahkan hewan kurban ke panitia masjid At Taubah dekat sekolah Tetum Bunaya. Adik-adik yang berkurban menyaksikan hewan kurban miliknya disembelih. Keesokan harinya Adik-adik memasak dan mencicipi masakan pangsit goreng dan sate.

menyerahkan hewan kurban ke Masjid At Taubah

memasak pangsit

mencicipi  sate