Select Page

Ayo, bersiap!

Bertepatan dengan tema bulan ini yaitu “Komunikasi” dan subtema “Aku Pandai Bercerita dan Mengenal Profesi”, Adik-adik mengikuti kegiatan puncak tema. Hari Selasa tanggal 27 Februari 2018, Adik-adik TK kelas Langit dan Antariksa bersiap-siap mengikuti karnaval profesi. Sebelumnya, Adik-adik bersama Ayah/Bunda membuat atribut yang dipakainya.

Yo, ayo kita jalan!

Setelah siap, Adik-adik mengambil sandal dan berbaris di halaman sekolah. Di depan Sudah ramai Ayah/Bunda yang menyambut dan mengabadikan momen kegiatan. Adik-adik berjalan pelan sesuai barisan. Adik kelas Langit Putih Biru berjalan memimpin barisan diikuti dengan kelas Langit Jingga Hijau, Antariksa Jingga Hijau, dan Antariksa Putih Biru. “Kak, pesawat aku ketinggalan,” ucap salah satu Adik yang menjadi pilot.  

Yee berkeliling..

Adik-adik pun berkeliling di sekitar sekolah. “Aduh, berat banget,” ucap salah satu Adik yang membawa mobil. “Tin, tin mobil polisi mau lewat,” ucap Adik. Setelah sampai, Adik-adik bergantian duduk diatas tikar yang sudah disiapkan. Akhirnya acara pun dibuka oleh Kak Irma dan Kak Ana. “Tepuk semangat, yess yess, yess yess, yess,” Adik-adik bersama Ayah/Bunda bersemangat memulai kegiatan.

Ada Pak Polisi...

Kak Irma memperkenalkan Ayah Aqila (Bapak Sigit) dan mempersilakan untuk bercerita. “Pak Polisi rumahnya mana?” tanya salah satu Adik. “Rumahnya dekat sekolah, tinggal jalan lurus, belok kanan nyampe,” jawab Ayah Aqila. “Iya aku tau yang komplek 99 itu,” ucap salah satu Adik. Adik-adik pun bertanya lagi tempat bekerja dan tugas-tugas Pak Polisi. “Ayah bekerja di daerah Jakarta Selatan, jauh sekali dari sini. Ayah bekerja di Polda Metro Jaya. Tugas seorang polisi adalah menangkap pencuri dan menolong Adik-adik menyebrang,” ucap Ayah Aqila. “Apa tugasnya mengatur lalu lintas?” ucap Kakak. “Tidak, tugasnya berbeda. Kalau pengatur lalu lintas itu namanya polisi lalu lintas (Polantas),” jelas Ayah Aqila. Setelah Ayah berbagi pengalamannya, Adik-adik bersiap menunjukkan penampilannya.

Action!!

Penampilan pertama dari kelas Langit Jingga Hijau. Adik-adik menampilkan mini drama profesi. Salah satu Adik menjadi sutradara yang mengatur alur ceritanya. Ada yang menjadi dokter, pilot, pramugari, tentara, pemadam kebakaran, pemain bola, dokter gigi, suster anak, koki, dan barista. Adik-adik menunjukkan aksinya di depan teman-teman dan Ayah/Bunda.

Antariksa Jingga Hijau, Maju!!

Selanjutnya penampilan dari kelas Antariksa Jingga Hijau. Adik-adik bergantian tampil ke depan dengan memakai atribut. Dimulai dari drama kebakaran, koki yang mengenalkan masakannya. Ada juga tentara, pilot, astronot, musisi, dokter, pemadam kebakaran, dan pengebor minyak. “Halo, Pak ada kebakaran disini Pak,” ucap kakak. “Iya,” ucap  adik yang berperan jadi petugas pemadam kebakaran.

Tin,, tin.. Langit Putih Biru mau nyebrang...

Penampilan ketiga diisi oleh kelas Langit Putih Biru. Dengan mobil dan atribut yang lengkap, Bapak Polisi dan Ibu Polwan  menyebrangkan Kakak. Ada beberapa profesi lain yang diperagakan Adik-adik, seperti dokter, dokter hewan, fotografer, ahli computer, koki, penyelam, pilot, pemadam kebakaran, dan astronot.

Sekarang giliran Antariksa Putih Biru...

Tiba saatnya penampilan kelas Antariksa Putih Biru. Adik-adik memperkenalkan profesi yang ia pilih dan lakukan. Mulai dari penampilan para koki yang memperkenalkan makanan buatannya. Selain itu, ada juga pemadam kebakaran, tentara, dokter, arsitek, dan astronot.

Terima kasih....

Akhirnya kegiatan puncak tema selesai. “Seru,” ucap Adik-adik dengan semangat. Terima kasih Ayah/ Bunda untuk partisipasinya dari persiapan atribut hingga kegiatan “Puncak Tema Bulan Februari”.