Select Page

Sabtu, 2 April 2016 Sekolah Dasar Tetum Bunaya mengadakan acara Orientasi kelas Bumi dan kelas Mars. Orientasi merupakan bentuk kegiatan pertemuan orang tua siswa dengan sekolah sebagai mitra. Pukul 08.00 beberapa orang tua mulai berdatangan dan mengisi buku tamu, para orang tua disambut hangat oleh kakak-kakak. Tepat pukul 08.30 acara orientasi kelas Bumi dan Mars di mulai.

Image and video hosting by TinyPic

Acara diawali dengan kegiatan olahraga (Brain Gym) tujuan kegiatan olahraga  tersebut untuk mengajak orang tua agar fokus kedalam acara orientasi. Selanjutnya orang tua diajak menyaksikan video kegiatan adik-adik selama di sekolah dari mereka datang hingga mereka pulang sekolah. Kak Ami dan Kak Titis bercerita mengenai keadaan kelas Bumi dan kelas Mars. Kak Ami bercerita selain menjadi guru di kelas, Kak Ami juga sebagai teman adik-adik tetapi tetap menekankan peraturan kepada adik-adik. Selain itu Kak Titis juga bercerita bahwa ia mendampingi kelas Mars, Kak Titis selalu ada jika adik-adik kelas Mars membutuhkan.

Image and video hosting by TinyPic

Beralih ke materi selanjutnya yang dibawakan oleh Kak Lely, materi mengenai mendampingi anak di masa transisi. Masa transisi merupakan salah satu masa penting bagi anak. Mereka membutuhkan pendampingan. Pendampingan di Tetum adalah selalu ada ketika dibutuhkan. Saat kelas Bumi dan Kelas Mars merupakan masa transisi contohnya meteri belajar di kelas sudah memasuki materi yang lebih abstrak dan lebih kompleks.

Image and video hosting by TinyPic

Melihat masa transisi tersebut, sekolah mencangkan program literasi. Program literiasi bertujuan agar adik-adik lebih siap memasuki materi yang lebih kompleks. Bentuk kegiatannya seperti mengirimkan buku-buku bacaan kepada sekolah yang nantinya akan di baca adik-adik semua dan direncanakan setiap kelas memiliki perpustakaan dari buku-buku yang dikirimkan tersebut.

Image and video hosting by TinyPic

Persiapan-persiapan itu semua diharapkan adik-adik semua agar siap menghadapi ujian nasional (UN). Karena proses transisi ini akan berujung kepada ujian nasional. Selain dari hal akademik yang disiapkan sejak awal, perlu dibentuk pula kesiapan dari karakter anak. Mempersiapkan karekater anak bisa dimulai dari mengenal karakter diri, mengatur stress, dan disiplin diri.