Select Page
Adaptasi di kelas baru

Adaptasi di kelas baru

Hari Rabu 20 Juli 2016 Adik-adik mulai memasuki kelas Saturnus tahun ajaran baru 2016-2017. Pada minggu pertama ini, Adik-adik memasuki masa adaptasi sampai tanggal 31 Juli. Kegiatan ini bertujuan untuk membantu Adik-adik dalam masa transisi dan mengingatkan kembali dengan kegiatan serta aturan disekolah. Jadwal masuk dilakukan bertahap, 4 adik pada hari pertama, 9 adik dihari kedua dan 14 adik pada hari ketiga. Selama masa adaptasi, terdapat perbedaan jam belajar, contohnya jam pulang kelas Saturnus lebih awal yaitu pukul 11.30.

Hari pertama sekolah

Hari pertama sekolah

Minggu pertama keadaan di kelas masih terasa sepi, karena baru 4 adik yang hadir sesuai dengan jadwal yang tertulis pada website sekolah. Kegiatan diawali dengan Halal bi Halal bersama  teman dan Kakak-kakak. Masih ada beberapa adik yang merasa mengantuk saat mengikuti kegiatan Halal bi Halal.  Saat waktu lingkaran Adik-adik diberi kesempatan untuk saling bercerita tentang liburannya. Dilanjutkan dengan beberapa kegiatan, seperti membuat tulisan untuk penanda kelas, membuat daftar perlengkapan pribadi yang ditinggal di sekolah, menulis nama loker, serta menulis perasaan yang dirasakann pada hari pertama masuk sekolah. Kegiatan semakin seru pada hari kedua dan ketiga karena Adik-adik kelas Saturnus sudah lengkap.

Membuat hiasan kelas

Membuat hiasan kelas

Selama masa adaptasi Adik-adik mengingat kembali kegiatan Latihan Aktivitas Sehari-hari (LAS) seperti berjalan pelan, memindahkan kursi dan naik turun tangga. Kegiatan belajar mengajar  belum dilakukan di masa adaptasi. Sehingga kegiatan Adik-adik diisi dengan berdiskusi dan bekerja sama untuk membuat hiasan kelas, Birthday chart dan kalender. Selain hiasan kelas tersebut, Adik-adik juga berdiskusi mengenai peraturan kelas. Peraturan kelas dibuat dengan kesepakatan bersama, masing-masing Adik menuliskan satu peraturan dan setelah selesai mereka menuliskan nama sebagai tanda kesepakatan.

 

Makan bekal

Makan bekal

Kegiatan makan bersama akan dimulai pada bulan Agustus, untuk mempersiapakan kegiatan makan bersama tersebut. Adik-adik membuat alas makan yang baru.  Pada pembuatan alas makan, Adik-adik bebas mengekspresikan keinginannya melalui gambar. Kegiatan selanjutnya adalah Adik-adik menuliskan harapannya selama di kelas Saturnus. Kegiatan ini diharapkan dapat memotivasi Adik-adik dalam mengikuti kegiatan selama di kelas.

Tulisan tentang harapan

Tulisan tentang harapan

Tak hanya berkegiatan di dalam kelas Adik-adik diberi kesempatan untuk bergerak di luar kelas dengan melakukan permainan tradisonal seperti Jihong dan Petak Umpet. Kegiatan tersebut  dilakukan di bukit, amphiteater dan halaman di depan sekolah. Adik-adik terlihat menunjukkan semangatnya saat beraktivitas fisik di luar kelas.
Semoga setelah masa adaptasi ini Adik-adik semakin nyaman dan bersemangat mengikuti kegiatan baru di kelas Saturnus.

Ditulis Oleh : Kak Titis