Select Page

Pada tanggal 2 Oktober 2016  adalah Hari Batik Nasional, untuk memeriahkan Hari Batik Nasional tersebut maka Adik-adik kelas Laut Pari dan Laut Penyu  hari Senin, tanggal  3 Oktober 2016 di sarankan  memakai baju batik. Bukan hanya Adik-adik saja yang memakai baju batik, tapi  buat pengantar juga… hehehe seru kaaan…. Kakak-kakak  pastinya pakai  juga  dong???  Tentu saja.

Dalam rangka  memperingati  Hari Batik ini, Kakak-kakak telah menghias kelasnya dengan berbagai  jenis  batik yang di pasang  dekat pintu  gerbang,  untuk kelas nya sendiri di hias dengan berbagai  kain  batik  warna-warni… seru deh.

Adik Mahira saat datang bersama Bunda yang juga memakai jilbab batik (Laut Penyu)

Adik Mahira saat datang bersama Bunda yang juga memakai jilbab batik (Laut Penyu)

Adik Sherine saat datang bersama Bunda yang juga memakai baju batik (Laut Penyu)

Adik Sherine saat datang bersama Bunda yang juga memakai baju batik (Laut Penyu)

Di depan  Kakak memasang  bermacam-macam  jenis atau contoh  batik beserta  nama dan asal  batik tersebut. Agar saat orang tua mengantar,  dapat  melihat  kalau batik itu ada bermacam-macam corak  dan dari berbagai daerah  di Indonesia.

Adik-adik yang  memakai baju batik juga  bermacam-macam corak dan warna nya, mereka terlihat tambah cantik dan  ganteng  saat  memakai  baju  batik, baju  tradisional  Indonesia. Ada  Adik yang  memakai baju batiknya  masih bau  toko , saat di tanya mereka bilang  baru  beli  kemarin sama mama …. hehehe….

Hasil  karya mencap motif  batik Adik-adik kelas Laut Pari dan Laut Penyu

Hasil karya mencap motif batik Adik-adik kelas Laut Pari dan Laut Penyu

Adik Jani sedang mencap motif  Batik (Laut Pari)

Adik Jani sedang mencap motif batik (Laut Pari)

Adik-adik di beritahu kenapa Kakak-kakak dan Adik-adik  memakai baju batik semua,. Kakak  menjelaskan  kalau kemarin hari minggu adalah  Hari  Batik. Maka untuk memeriahkan Hari  Batik ini, kegiatan Adik-adik juga sangat spesial yaitu  mengecap  motif batik. Cap motif  batik ini  di buat  Kakak  sendiri menggunakan busa dan barang bagus (barang bekas menjadi barang yang dapat di manfaatkan menjadi barang bagus) dan  motif  batik yang kakak buat adalah batik truntum.

Pada saat kakak menjelaskan dan memperlihatkan cap yang akan di pakai , ada satu adik yang berkata itu dari botol susu. Betul Adik-adik ini  Kakak buat dari botol susu kecil sebagai pegangan  saat  mencap. Kemudian Kakak memberi contoh bagaimana cara mencap di kertas  yang sudah di sediakan.  Adik-adik mulai kegiatan  mencap nya, karena cap batik ada  3 , Adik-adik dapat bersabar menunggu giliran  sampai  namanya di panggil dan mereka cukup bersabar.

Dari  hasil mencap tadi  kemudian  di beri nama  dan  Adik-adik berlatih menjepit sendiri  untuk di anginkan agar cepat kering.

Berpose setelah mencap (Laut Penyu)

Berpose setelah mencap (Laut Penyu)

 

Berpose setelah mencap (laut Pari)

Berpose setelah mencap (laut Pari)

Ditulis oleh Kak Diyah