Select Page
Merkurius Abu-abu memperingati hari Batik Nasional

Merkurius Abu-abu memperingati hari Batik Nasional

Pada bulan Oktober, kelas Merkurius mengambil tema Bulan Bahasa sebagai tema belajar dengan sub tema Karyaku. Tema tersebut diambil bertepatan dengan bulan bahasa dan hari Sumpah Pemuda yang diperingati juga sebagai hari lahirnya bahasa Indonesia sehingga diharapkan Adik-adik dapat menciptakan karya dan bangga menggunakan bahasa Indonesia.

Alhamdulillah Adik-adik telah melewati kegiatan di bulan Oktober dengan senang dan gembira. Saat tema batik, Adik-adik dan Kakak-kakak memakai baju batik, selain itu mereka menghias kelas dengan suasana batik. Kegiatan SBK mengenal tentang batik sederhana, seperti garis, titik, gelombang, dan lingkaran. Kemudian mereka membuat buklet tentang batik sederhana.

Dalam memperingati bulan Bahasa Adik-adik belajar bernyanyo dan bermain permainan tradisional yaitu “Ampar-ampar pisang” pada pelajaran PKn. Lalu permainan ini ditampilkan pada peringatan bulan bahasa pada hari Rabu 26 Oktober 2016. Adik- adik dengan semangat dan gembira melakukan permainan Ampar – ampar Pisang di depan teman-teman dan Kakak kelasnya.

"Ampar-Ampar Pisang" Kelas Merkurius

Kelas Merkurius di kegiatan Bulan Bahasa

Dalam kegiatan IPA Adik-adik belajar mengenal ciri-ciri benda dan mengenal benda yang dapat berubah bentuk. Benda mempunyai ciri menurut warna rasa, dari rasa ini Adik-adik mencicipi berbagai makanan dengan rasa asam, asin, manis dan pahit. Makanan dengan rasa asam yaitu buah belimbing, asin mencicipi keju, manis mencicipi pisang dan pahit merasakan pare. Ekspresi mereka sangat beragam saat mencicipi rasa-rasa makanan.

Mengenal rasa benda

Mengenal rasa benda

Untuk mengenal benda yang dapat berubah bentuk Adik – adik membuat playdough dari tepung, Adik – adik sangat senang dan gembira saat membuat playdough, Adik – adik merasakan mengaduk campuran tepung, garam, minyak goreng, air, dan pewarna makanan, ada yang merasa geli, lengket, senang, asik, dan gembira. Mereka belajar hal baru seperti melihat air yang tidak bisa menyatu dengan minyak saat dicampur dan perubahan benda cari ke padat.

Membuat play dough

Membuat play dough

Pada kegiatan matematika Adik-adik belajar mengenal tentang penjumlahan angka dengan menggunakan biji karet, Adik – adik mengenal penjumlahan dengan melihat biji karet sebagai bahan untuk menghitung angka. Adik – adik sangat antusias mendengarkan penjelasan dari kakak dan Adik – adik saling dengan semangat menjawab pertanyaan penjumlahan dari biji karet.

a3

Pada kegiatan olahraga Adik – adik belajar tentang keseimbangan statis tanpa alat dan keseimbangan dinamis tanpa alat, Adik – adik belajar dengan mengangkat satu kaki menyerupai pesawat terbang dan Adik – adik berjalan di atas bangku tanpa beban dan dengan membawa benda. Adik – adik juga belajar permainan “Lari Mentari” yaitu lari mengikuti posisi matahari pagi, siang, dan sore.

Lari mentari

Lari mentari

Pelajaran yang paling disukai Adik-adik di bulan Oktober ini yaitu Pendidikan Lingkungan dan Budaya Jakarta (PLBJ) karena mereka dapat bermain permainan tradisional. Seperti di bulan ini mereka mengenal permainan “Ular Naga”, yang paling disenangi saat menangkap kelompok (ular) yang jumlahnya lebih sedikit. Kelompok satu berusaha menjaga agar kelompoknya tidak tertangkap sambil berbaris seperti ular memegang bahu teman, sedangkan kelompok yang lain berusaha menangkap temannya.

 

Ditulis oleh Kak Nita dan Kak Wicak/Akhlisi Niata dan Ary Wicaksono