Select Page
Foto bersama ayah bunda

Orientasi kelas Saturnus

Pada hari Sabtu, 12 November 2016 pukul 08.00 orang tua murid kelas Saturnus mulai berdatangan memasuki gerbang sekolah dasar Tetum Bunaya. Sampai dibukit disambut oleh Kakak-kakak dan tulisan “Selamat Datang Orang tua Murid kelas Saturnus”. Setelah mengisi daftar hadir Aayah/Bunda menuju aula sekolah yang digunakan sebagai tempat pertemuan. Di aula terlihat display timeline kegiatan kelas Saturnus selama satu tahun yang ditempel di dinding serta hasil karya Adik-adik.

Brain gym

Brain gym

Tepat pukul 08.30 Kak Wiwik menyapa Ayah/Bunda sebagai ucapan pembuka pertemuan hari ini. Kak Wiwik mengajak Ayah/Bunda untuk berdiri dan mengikuti Brain Gym terlebih dahulu sebelum kegiatan dimulai. Musik dari tape yang diputar  mulai terdengar, Ayah/Bunda mulai mengikuti gerakan demi gerakan hingga selesai. Acara dilanjutkan  dengan pembacaan doa yang dipimpin oleh Kak Samsul.

Kegatan dilanjutkan dengan pemutaran video yang berisi kegiatan saat Adik-adik di kelas Yupiter  serta foto-foto kegiatan saat Adik-adik di kelas Saturnus. Foto yang ditampilkan mewakili kegiatan yang diikuti setiap hari oleh Adik-adik, mulai dari kegiatan pagi hingga pulang kembali dijemput oleh Ayah/Bunda. Dari video dan foto tersebut terlihat persiapan yang telah dilakukan untuk mempersiapkan Adik-adik dalam memasuki jenjang pendidikan berikutnya.

Pembahasan perkembangan psikologi

Pembahasan perkembangan psikologi

Acara selanjutnya adalah membahas mengenai perkembangan psikologis adik-adik kelas Saturnus bersama dengan Kak Endah. Kak Endah menyapa Ayah/Bunda  kemudian mulai menampilkan  foto kelas Darat yang mini, mengajak Ayah/Bunda mengingat kembali saat Adik-adik mulai masuk di sekolah Tetum Bunaya. Terlihat foto Adik-adik yang menggemaskan, membuat Ayah/Bunda mulai menebakan senyum mengingat putra/putrinya yang telah beranjak remaja saat ini. Kak Endah menceritakan persiapan kemandirian yang telah dilakukan sejak Adik-adik masih di Kelompok Bermain maupun Taman Kanak-kanak.

Tanya jawab

Tanya jawab

Pukul 09.15 sharing kegiatan di kelas Saturnus yang akan datang bersama dengan Kak Winni. Di awali dengan penjelasan tentang timeline yang telah di tempel pada dinding aula, yaitu pertemuan orang tua murid, try out, pendalaman materi, karyawisata, ujian, pelepasan kelas Saturnus serta pengambilan ijazah. Ayah/Bunda menyampaikan beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan pelaksanaan try out mingguan yang akan dikirimkan melalui web setiap hari minggu sore. Selanjutnya secara bersama-sama Ayah/Bunda mencoba membuka web sekolah.

Membuka web sekolah

Membuka web sekolah

Selanjutnya Kak Lely  dan Kak Winni juga menyampaikan tentang pelaksanaan ujian pada angkatan 2015/2016. Ditampilkan pula contoh ijazah yang diterima oleh Adik-adik yaitu ijazah, SKHUN dan ijazah yang dikeluarkan oleh sekolah Tetum Bunaya.

Bercengkrama sambil menikmati hidangan

Bercengkrama sambil menikmati hidangan

Selanjutnya Ayah/Bunda menuju bukit untuk menikmati hidangan yang telah disediakan.  Setelah mengambil hidangan Ayah/Bunda duduk di bukit sambil bercengkerama. Waktu istirahat kurang lebih selama 15 menit, kemudian Ayah/Bunda kembali menuju aula untuk mengikuti kegiatan selanjutnya.

Pemilihan ketua PokJa

Pemilihan ketua PokJa

Kegiatan selanjutnya adalah pemilihan ketua Program Kerja (PokJa) kelas Saturnus. Ayah/Bunda dibagiakan satu lembar kertas dan pensil untuk menuliskan calon ketua PokJa. Setelah semua menulis dan dikumpulkan kembali, mulailah dibacakan hasil perolehan suara. Di awal pembacaan suara perolehan setiap calon ketua PokJa terbagi rata, di akhir perhitungan mulai terlihat perubahan perolehan suara. Setelah semua kertas dibacakan terpilih Papa Raffi sebagai ketua PokJa kelas Saturnus untuk melakukan komunikasi bersama sekolah dan Ayah/Bunda dalam mempersiapkan kegiatan  kelas Saturnus. Papa Raffi menyampaikan sambutannya setelah terpilih sebagai ketua PokJa dan mendapatkan topi Tetum Bunaya. Pesan Papa Raffi adalah “ Kita semua harus berada dalam satu perahu yang sama”.

Foto bersama ayah bunda

Foto bersama ayah bunda

Pukul 11.00 seluruh rangkaian acara telah selesai, sebagai penutup Ayah/Bunda berfoto bersama dengan Kakak-kakak.

 

Ditulis Oleh : Kak Titis /Titis Nur Widiawati