Select Page

Dalam rangka memperingati Hari Gizi Nasional yang jatuh pada bulan Januari, Sekolah TK Tetum Bunaya mengadakan kegiatan Kunjungan Ibu Inul (Mama Bumi), Beliau adalah seorang Sarjana Boga yang menyediakan katering sehat saat Program Makan Bersama untuk Adik-adik, beliau juga memberikan makanan yang variatif dan disukai Adik-Adik.

Hari ini Kamis 26 Januari 2017 Adik-adik Langit dan AIMG_4527ntariksa antusias untuk mengikuti kegiatan memasak bersama Ibu Inul. Adik-adik Antariksa yang sedang menyimpan botol minum mereka penasaran ketika melihat bahan-bahan dan peralatan masak yang sudah tertata di kelas Antariksa. “Waaah….ada sayur-sayuran, ada kompor juga!”  “Kak Ana, kita hari ini mau masak sayur sop ya?”.Begitu pula Adik yang baru tiba dan langsung masuk ke dalam kelas Ia langsung berucap “Oh My God…banyak sayuuur!” Ia kemudian menghampiri meja dan memegang sayur satu persatu, “Ini tempe!” menurut salah satu Adik Antariksa.

Sebelum kegiatan bersama Ibu Inul Adik-adik melakukan brain gym di kelas masing-masing. Setelah brain gym, kalender danIMG_4538 absen Adik-adik memakai celemek dan berbaris. Langit Jingga Hijau menuju ke kelas Antariksa kemudian disusul oleh Langit Putih Biru. Adik-adik Langit duduk berbaris di bagian kelas Antariksa Jingga Hijau dan Adik-adik Antariksa duduk berbaris di bagian kelas Antariksa Putih Biru. Setelah semua Adik-adik berkumpul Kakak mengajak Bumi untuk turun ke bawah memanggil Ibu Inul.

Ibu Inul sudah berada di kelas Antariksa bersama semua Adik, Kak Gina membuka acara dan mIMG_4524engenalkan  Ibu Inul kepada semua Adik, “Adik-adik ada yang tahu ini siapa ?” tanya Kak Gina. “Ibu Inuuuul…” seru Adik-adik. “Itu Mamanya Bumi”. Menimpali jawaban Adik-adik yang lain. “Iya betul, ini Ibu Inul yang biasa memasak catering Program Makan Bersama untuk Adik-adik”. Ibu Inul kemudian menanyakan kepada Adik-adik menu makanan catering yang paling disukai Adik-adik. “Aku suka soto Bandung!” “Kalau Aku sukanya spaghetti!” jawab Fatih pelan, “Hmm…kalo  sukanya Bakso komplit!”.

Setelah Adik-adik berkenalan Ibu Inul memulai masak, Ibu Inul juga tidak lupa memakai celemek seperti Adik-adik.  Sebelum memulai Kakak menanyakan kepada Adik-adik “Adik-adik hari ini kita mau masak apa ya ? ada yang tahu ?” tanya Kak “Sop Igaaaaaa….” jawab Adik-adik serempak, “Sop Iga sama apa lagi ?”. “Hmmmm…..tempe IMG_4533goreng”. Ibu Inul kemudian memerkenalkan bahan-bahan yang aka digunakan untuk memasak sop iga dan tempe goreng. “Adik-adik ada yang tahu kalo kita mau masak sayur sop pake sayuran apa saja ?” tanya Ibu Inul. menjawab “Pake bahan-bahan terus dinyalain apinya!”, “Kentang sama daun bawang!” “Kentang itu dimakan supaya sakit panasnya hilang!” seru Bumi, “Worteeel..” jawab Adik Langit,“Kak kalo aku makan sayur sop ada Tomatnya!”. Ibu Inul kemudian memerkenalkan semua bahan dan bumbu masakan, “Nah… ini lada, kalau lada itu rasanya apa ya ?” tanya Ibu Inul kepada Adik-adik. “Pedeess…” Kemudian Ibu Inul mempersilahkan kepada Adik-adik untuk membantu memotoIMG_4625ng wortel dan kentang. Adik-adik bergantian memotong wortel dan kentang  bersama Kakak-Kakak.  Setelah semua bahan dipotong pertama-tama Ibu Inul memasukkan iga sapi ke dalam panci lalu disusul memasukkan kentang kedalam rebusan  air , “Kak..itu kentangnya kok dimasukkin ke air!” tanya salah satu Adik, “Iya kentangnya dimasak duluan supaya nanti kalau dimakan tidak keras!” jawab Kakak menjelaskan. “Tapi tadi aku potong kentangnya gak keras tuh Kak!” Ibu Inul kemudian memasukkan wortel dan daun bawang. Setelah membuat sop iga Ibu Inul melanjutkan membuat tempe goreng, Ibu Inul memotong tempe lalu membumbuinya dengan air garam, setelah dibumbui Ibu Inul memasukkan tempe ke dalam wajan yang sudah dipanaskan. “Waaaah….” Seru Adik-adik serempak ketika mendengar suara gemericikIMG_4617 tempe yang meluncur di minyak panas, “Hmmm…. bau tempe goreng!” Ibu Inul mengangkat tempe goreng dari wajan lalu Ibu Inul berkeliling untuk memberi kesempatan kepada Adik-adik mencium bau tempe goreng, semua Adik penasaran dengan bau tempe goreng, “Baunya enaaaaak…!” “Aku,aku belum cium tempe goreng yang mateng!” Kakak kemudian menyajikan sop iga dan tempe goreng yang sudah dimasak oleh Ibu Inul, Adik-adik rupanya sangat tidak sabar untuk mencicipi “Aduuuh mau makan sekarang jadinya!” dan Kakak memberi pengertian kepada Adik-adik bahwa sop iganya akan dimakan setelah kegiatan selesai. Acara dengan Ibu Inul selesai, Adik-adik mengucapkan terimakasih kepada Ibu Inul dan satu persatu Adik menyalami Ibu Inul.