Lomba Permainan Besar Siaga Pramuka 2019

by | Sep 21, 2019 | Event, Pramuka | 0 comments

Pada hari Sabtu (21/9), kelas Bumi mengikuti kegiatan Permainan Besar Siaga (PBS) Pramuka 2019 di SDN 02 Jagakarsa. Acara ini diselenggarakan oleh Kwartir Ranting Jagakarsa dan diikuti oleh sekitar 500 peserta dari berbagai sekolah di Kecamatan Jagakarsa. Adapun lomba yang diadakan pada Permainan Besar Siaga (PBS) Pramuka 2019 Jagakarsa antara lain: Pengetahuan Umum, Pengetahuan Pramuka dan Keagamaan (PUPK), Ketangkasan, Kemampuan Indra Manusia (KIM) Penglihatan dan Penciuman, dan Seni Budaya.

Dalam perlombaan ini, Adik-adik memiliki peran penuh dalam menentukan pilihan lomba. Hal ini didasarkan untuk melatih Adik-Adik bertanggung jawab dan menyelesaikan lomba dengan penuh percaya diri. Sebagaimana tertuang dalam Dwi Darma, yaitu: Siaga itu berani dan tidak putus asa.
Setelah melakukan upacara pembukaan, peserta berjalan beriringan sesuai dengan barung masing-masing menuju SDN Jagakarsa 02 Pagi dengan berjalan pelan dan memegang bahu temannya. Di SDN Jagakarsa 02 Pagi, Adik-adik sudah tidak lagi didampingi orang dewasa, baik itu orang tua maupun guru pendamping, terkecuali pada saat kegiatan Seni Budaya. Pendamping diizinkan untuk mendokumentasikan kegiatan dengan menggunakan tanda pengenal khusus. Pada mata lomba Seni Budaya, seluruh peserta menarikan lagu Kicir-kicir dengan variasi gerak yang berbeda.

Hari semakin siang. Pada pukul 11.00, Adik-adik mulai menikmati makanan yang diantar oleh satu orang kakak. Setelah selesai makan siang, ada beberapa Adik masih bersemangat untuk bermain di bawah teriknya matahari dan ada beberapa Adik yang berteduh di panggung untuk duduk-duduk santai dan bercanda. Setelah itu, Adik-Adik diarahkan untuk memindahkan tas yang berada di bawah ke atas pendopo agar tidak tercampur dengan tas dari sekolah lain.

Pada pukul 12.00 lomba Seni Budaya dihentikan sementara untuk istirahat, sholat dan makan. Pendamping serta orang tua yang ingin melihat putra putrinya diperbolehkan masuk. Secara bergantian, Adik-adik menuju mushola dengan pendampingan Kakak. Setelah semua selesai melaksanakan sholat zuhur, Adik-adik diarahkan untuk beristirahat di pendopo guna menyiapkan energi untuk penampilan tari yang akan dilakukan setelah waktu istirahat usai.Saat beristirahat, nampak tumpukan sampah yang berserakan. Kakak mulai berinisiatif untuk merapikan sampah berdasarkan jenisnya. Melihat hal tersebut, Adik-adik termotivasi untuk membantu merapikan dan mengumpulkan sampah yang berserakan di area lomba. Adik-adik terlihat senang dan antusias dalam menjaga kebersihan lingkungan.

Lomba sesi dua dimulai pada pukul 13.00 hingga 14.00. Adik laki-laki dengan nomor urut 43 menari terlebih dahulu dengan penuh percaya diri dan senyum yang menghiasi wajah mereka. Lalu dilanjutkan dengan Adik perempuan dengan nomor urut 54. Semua Adik menikmati proses perlombaan dan sesekali melemparkan tebak-tebakan kepada Kakak Pendamping yang menemani sejak makan siang.

Setelah selesai mengikuti lomba Seni Budaya, seluruh Adik kelas Bumi diarahkan kembali ke Kantor Kecamatan Jagakarsa dan Kakak pendamping mulai menginformasikan Ayah Bunda bahwa perlombaan telah selesai.Sebelum Adik-adik pulang bersama Ayah Bundanya, Kak Dwi menutup kegiatan dengan mengucapkan terima kasih atas kerjasama Adik-adik dan semangatnya dalam mengikuti lomba hingga akhir acara. Kegiatan ditutup dengan doa bersama.

Gallery

Klik kanan dan kiri gambar untuk melihat gambar lainnya. Tahan atau klik kanan, save image pada gambar untuk menyimpan gambar.

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *