Sebagai upaya menghijaukan sekolah, kami menanam beberapa pohon pelindung.  Jenis-jenis tanaman pelindung adalah:

1. Pelindung dari angin, yaitu tanaman yang mempunyai perakaran yang kuat untuk menahan terpaan angin.

2. Pelindung dari radiasi langsung sinar matahari, yaitu pohon yang mempunyai kanopi yang rindang, sehingga dapat             menaungi tanaman di bawahnya.

3. Pelindung tanah dari erosi , yaitu pohon yang perakaran yang kuat dan tersebar jauh dalam tanah.

4. Pelindung kelembaban tanah dan gulma, yaitu tanaman yang sebagai penutup tanah sehingga kelembapan tanah dapat di pertahankan dan gulma terhalang untuk tumbuh. (Sumber: http://garden-addict.com/index.php?option=com_virtuemart&Itemid=56).

Pohon pelindung yang ada di sekolah adalah

1.  Beringin

Pohon ini kami tanam di depan amfiteater. Tingginya sekarang 2 meter, dan menjadi peneduh ketika kita duduk di kursi menghadap amfiteater.


Beringin

2. Waru

Pohon waru kami telah tumbuh lebat. Ditanam sebelum amfiteater dibuat, dan kini menjadi peneduh pada saat kita menghadap amfiteater. Pohon ini merupakan hadiah dari Gubah Laras.

Pohon ini serba guna. Batang pohonnya biasa dijadikan penyeimbang perahu, daunnya untuk pembungkus, dan pucuk daunnya sebagai sayuran.  Kulit kayunya berserat, dan bagi masyarakat pantai, biasanya digunakan untuk membuat tali.

Mudah-mudahan kami dapat memperbanyak dengan menanam biji dan stek batang. Batang yang sudah di potong,  ditancapkan ke tanah, dan ditunggu tumbuhnya tunas muda.

Waru

3. Kamboja Bali

Tanaman ini bisa dikatakan sebagai tanaman pelindung, juga sebagai tanaman hias.  Kami memiliki dua pohon kamboja Bali berdaun kuning. Keduanya merupakan hadiah dari Gubah Laras.

Open chat