Kelas Merkurius (Kelas 1 SD) dan Kelas Venus (Kelas 2 SD) mengikuti Workshop Fotografi di sekolah pada hari Sabtu 24 Februari 2011. Workshop dipandu oleh Pak Dachri Megantara (ayah Mayra – Merkurius) yang berprofesi sebagai fotografer di suatu media.

Kegiatan ini merupakan bagian dari kesertaan International Photo Contest yang diselenggarakan oleh majalah National Geographic. Jadi sebelum membuat foto untuk diikutsertakan di lomba, peserta mendapat panduan tentang apa itu kamera dan bagaimana memotret.

Setelah pemaparan, mereka pun praktik di halaman sekolah dengan memakai kamera yang dibawa dari rumah. Ayah Mayra memandu bagaimana memotret manusia seluruh tubuh, bagaimana memotret ekspresi wajah, dan bagaimana memotret objek bergerak dan tidak bergerak yang ada di sekitar.

Hasil foto akan dikirim kepada juri internal, terdiri dari orang tua yang putra/putrinya tidak ada di Kelas Merkurius dan Venus, untuk dipilih foto mana yang layak untuk dikirim ke lomba.

Foto-foto juga akan dimuat di FaceBook Sekolah Tetum untuk mendapatkan jempol. Identitas pembuat foto tidak akan dicantumkan untuk menjaga objektivitas.

Semoga kegiatan ini menjadi inspirasi bagi anak-anak. Terima kasih Ayah Mayra yang bersedia menjadi narasumber workshop; terima kasih juga untuk para juri –saat ini nama-nama masih dirahasiakan:)–; terima kasih juga untuk ayah bunda yang telah menyertakan putra-putrinya dalam workshop.

Sehari sebelum acara, Ayah Mayra membuat foto untuk dipresentasikan pada hari Sabtu.


Mendaftar workshop.

Mengumpulkan kamera dan kabel data di meja kelompok.


Ayah Mayra menjelaskan tentang kamera.

Peserta workshop tekun menyimak.

Ayah Mayra menjelaskan, Lukman memotret.

Begini cara memegang kamera.

Memotret juga bisa sambil telungkup.


Kelompok Kak Ita siap hunting.

Fotografer Tiaz beraksi:)

Kakak-Kakak dengan senang hati jadi model.

Percaya diri memotret, sekalipun bersama fotografer.

Mayra sebagai model.

Ramai-ramai memotret Mayra.

Ayah Mayra membimbing Sari.

Model pun ingin memotret:)

 



Open chat